Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

Jurusan Pendidikan Guru yang Paling Dibutuhkan


Menjadi guru merupakan pekerjaan yang mulia. Setiap tahunnya selalu dibutuhkan tenaga pengajar yang profesional dan mampu menyampaikan pelajaran dengan baik kepada para peserta didik. Oleh karena itu di kampus-kampus tersedia berbagai macam jurusan pendidikan guru yang bisa dipilih sesuai dengan minat Anda. 


Berikut ini akan kami rekomendasikan untuk Anda beberapa jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan sehingga memiliki peluang kerja yang cukup bagus setelah lulus nanti. Meskipun memiliki peluang kerja yang bagus namun tentu saja Anda harus melewati serangkaian tes CPNS untuk bisa menjadi guru di sekolah negeri maupun sekolah swasta supaya bisa mendapat gaji yang layak. 


  1. Jurusan Pendidikan Guru MI

Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah atau guru MI merupakan jenjang pendidikan dasar formal yang ada di Indonesia yang setara dengan sekolah dasar. Dalam pengelolaannya ada di bawah naungan Kementerian Agama atau Kemenag. Perbedaan paling dasar dari madrasah ibtidaiyah dengan sekolah dasar adalah siswa akan jauh lebih banyak belajar tentang ilmu agama Islam. 


Alasan mengapa jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah memiliki peluang yang bagus kedepannya yaitu di tahun 2022 lalu tercatat ada sebanyak 26.129 unit sekolah madrasah ibtidaiyah di Indonesia. Dengan melihat jumlah tersebut maka Anda memiliki peluang yang besar untuk menjadi guru MI. 


Selain harus menguasai konsep mapel secara umum dan ilmu agama, Anda juga akan mendapat pelajaran cara mengajar di kelas. Mata kuliah yang ada di dalam jurusan PGMI antara lain adalah konsep dasar IPA, bahasa Indonesia, matematika dasar, konsep dasar PKN, pendidikan olahraga, dan masih banyak lagi lainnya. 


Sedangkan mata kuliah yang membahas ilmu agama antara lain adalah ulumul quran, ulumul hadits, aqidah akhlak, praktik ibadah, tahsin alquran dan lainnya. Selain bisa berprofesi sebagai guru kelas, lulusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah juga memiliki kesempatan untuk mengajar sebagai guru Pendidikan Agama Islam, menjadi guru mengaji atau menjadi seorang pemuka agama. 


  1. Jurusan Pendidikan Guru PAUD

Kuliah di jurusan pendidikan guru untuk anak usia dini sangat cocok bagi Anda yang menyukai anak-anak karena setelah lulus nanti pekerjaan yang menanti adalah memberikan pendidikan pada anak usia dini. Meskipun banyak orang yang meremehkan jurusan ini karena terlihat mudah akan tetapi sebenarnya kuliah di jurusan PAUD tidaklah mudah. 


Anda akan dituntut untuk menguasai berbagai macam bidang ilmu seperti bahasa, olahraga, filsafat, seni, ilmu gizi, sampai dengan psikologi anak. Setelah mempelajari berbagai macam mata kuliah lintas disiplin maka lulusan guru PAUD diharap mampu menjadi pengajar khusus untuk anak usia dini yang profesional. 

Untuk peluang kerjanya cukup bagus karena saat ini banyak sekali lembaga PAUD di Indonesia yang kekurangan tenaga pendidik sesuai dengan kualifikasi. Di lapangan banyak sekali ditemukan guru PAUD yang tidak menempuh pendidikan guru yang sesuai dengan kualifikasi, terutama untuk sekolah-sekolah di pedesaan hingga kota-kota kecil yang kebanyakan adalahi hanya bergelar sarjana. 


Selain bermanfaat bagi anak-anak di Indonesia, dengan menempuh kuliah di jurusan guru PAUD juga bermanfaat untuk kehidupan pribadi Anda kelak setelah memiliki keturunan. Selain itu peluang menjadi pegawai negeri sipil juga masih terbuka lebar khususnya untuk guru PAUD karena pemerintah sudah mulai memperhatikan guru-guru anak usia dini sehingga membuka peluang bagi mereka untuk menjadi ASN. 


  1. Jurusan Pendidikan Guru TK

Ada satu lagi profesi yang cocok bagi Anda yang menyukai dunia anak-anak yaitu dengan menempuh pendidikan guru TK. Sama seperti guru PAUD, guru TK juga memiliki tanggung jawab yang besar dan tidak mudah karena seorang guru taman kanak-kanak bertanggung jawab terhadap kemampuan dasar anak di dunia pendidikan. 


Selain mengajarkan tentang pendidikan, guru taman kanak-kanak juga harus mengenalkan anak mengenai perilaku dalam kehidupan sehari-hari karena pada periode ini merupakan periode awal untuk mempersiapkan sebelum anak tersebut masuk ke jenjang sekolah dasar. 


Guru taman kanak-kanak harus mampu berperan seperti orang tua karena sifat anak yang masih sangat bergantung terhadap orang dewasa. Namun perbedaan guru TK dengan orang tua tentu saja terletak pada perannya karena selain perlu menyampaikan materi dengan penuh kelembutan, juga harus bisa berpikir kreatif supaya anak tidak jenuh dengan pelajaran yang disampaikan. 


Apabila Anda mengambil jurusan pendidikan guru taman kanak-kanak maka memiliki peluang yang sama bagusnya dengan guru PAUD. Hal ini karena kebanyakan lembaga sekolah taman kanak-kanak masih diisi oleh lulusan sarjana yang tidak sesuai dengan kualifikasi, terutama untuk sekolah-sekolah yang ada di kota-kota kecil maupun pedesaan. 


Itulah beberapa jurusan pendidikan guru dengan peluang kerja yang bagus. Setelah menempuh pendidikan tersebut dan Anda berhasil menjadi guru maka bisa mendaftar sebagai kepala sekolah. Apabila Anda berkeinginan menjadi kepala sekolah maka harus mengikuti pendidikan guru penggerak untuk mendapat sertifikat pendidikan dan piagam guru penggerak

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.