Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi
Author : Fajar Tri
Editor : Fajar Tri

Mengenal Pendidikan Guru Sekolah Dasar & Prospek Kerjanya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan salah satu jurusan yang disediakan oleh beberapa kampus di Indonesia. PGSD sendiri mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar. Program studi ini merupakan salah satu prodi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun ke dunia pendidikan. 

Apa Itu Pendidikan Guru Sekolah Dasar?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jurusan atau prodi ini diperuntukkan bagi siswa SMA yang ingin menjadi guru SD. Di jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya paham secara akademis, namun mahasiswa juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti disiplin, berjiwa sosial, maupun sikap santun. Guru SD bertanggung jawab untuk membangun kepribadian siswa sejak dini dan memberikan pondasi ilmu yang berguna untuk jenjang pendidikan berikutnya. 

Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ketika pada akhirnya memutuskan untuk mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, tentu terdapat alasan yang menjadi pertimbangan. Berikut beberapa alasan memilih jurusan ini, antara lain: 

1. Dididik Agar Menjadi Multitalenta 

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar tidak hanya dituntut menguasai berbagai mata pelajaran, namun juga akan diajarkan berbagai jenis keterampilan tangan. Contohnya membentuk plastisin, membuat bunga dari plastik, dan masih banyak lagi. Jika berminat untuk menekuninya tentu akan bisa menjadi pekerjaan sampingan di kemudian hari. 

2. Belajar Psikologi 

Karena karakter setiap itu berbeda-beda sehingga calon guru SD harus belajar psikologi anak. Dengan demikian maka akan lebih terbantu dalam memahami setiap anak sehingga lebih mudah untuk mendidiknya. 

3. Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat Untuk Sesama 

Setiap guru pasti akan menjadi sosok yang memberi manfaat untuk sesama terutama anak didiknya. Dengan menjadi guru maka bisa berbagi pengetahuan dan membantu siswa untuk menemukan mimpi atau cita-citanya. 

4. Peluang Kerja Lebih Besar Ketimbang Jurusan Guru Lainnya 

Terdapat banyak jurusan keguruan namun tidak semua memiliki peluang kerja yang luas. Prospek kerja Pendidikan Guru Sekolah Dasar dinilai lebih besar karena kebutuhan guru SD selalu besar tentunya jika dibandingkan dengan jurusan keguruan lainnya. 


Selain itu, program pemerintah yang berhubungan dengan pendidikan dan kebutuhan guru selalu menempatkan kebutuhan guru SD sebagai kebutuhan yang paling banyak dicari. Inilah yang menjadikan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki prospek kerja yang cukup cerah. 

5. Berpeluang Besar Menjadi PNS 

Alumni PGSD memiliki peluang menjadi PNS karena setiap tahunnya terdapat ratusan bahkan ribuan guru yang pensiun sehingga dibutuhkan tenaga baru untuk mengisi formasi tersebut. kuota penerimaan PNS bagi alumni PGSD selalu lebih besar dari kuota jurusan keguruan lainnya. 

Dengan fakta tersebut maka peluang untuk lulus menjadi PNS menjadi lebih besar. Meskipun untuk bisa lulus selalu ada kompetisi yang harus dilewati terlebih dahulu.

Prospek Kerja Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Setelah menyusun dan menyelesaikan jurnal Pendidikan Guru Sekolah  Dasar dan skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, tentu sudah mulai memikirkan jenis pekerjaan yang ingin digeluti. Tidak perlu khawatir karena jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan, antara lain:

1. Guru SD 

Prospek kerja Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang utama ialah menjadi guru SD. Peluang kerja di profesi ini sangat luas karena pendidikan dasar merupakan hal wajib. Jenis sekolah yang bisa dipilih juga sangat beragam mulai dari SD Negeri, SD Swasta, bahkan sekolah di luar negeri. 

2. Membuka Les Privat 

Selain menjadi guru SD, alumni jurusan ini juga bisa membuka les privat secara mandiri di rumah untuk siswa tingkat SD. Pelaksanaan pembelajarannya sendiri bisa dilakukan di rumah guru atau siswa. Pekerjaan ini cukup menguntungkan karena banyak orangtua yang membutuhkan untuk meningkatkan prestasi anak di sekolah. 

3. Menjadi Tutor Di Bimbingan Belajar 

Lulusan Pendidikan Guru Sekolah  Dasar juga bisa bekerja di sebuah lembaga bimbingan belajar. Sebagai tutor di sebuah lembaga, tidak perlu lagi khawatir karena bahan ajar dan materi yang disampaikan sudah disiapkan oleh pihak bimbel. 

4. Pengembang Media Belajar 

Ketika menempuh pendidikan di jurusan ini, salah satu hal yang sering dilakukan oleh mahasiswa ialah membuat media belajar. Pembuatan media ini bertujuan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lain serta mampu menambah pemahaman mengenai materi yang dipelajari. Dengan bekal tersebut, maka lulusan PGSD bisa bekerja dalam bisa pengembangan media belajar. 

5. Content Creator 

Dengan perkembangan teknologi, maka alumni Pendidikan Guru Sekolah  Dasar bisa menjadi seorang content creator. Saat ini tersedia banyak platform yang digunakan untuk media pendidikan. Oleh karena itu, seorang alumni jurusan ini bisa membuat video belajar khusus materi anak SD dan mengunggahnya melalui media online yang tersedia. 

6. Konsultan Pendidikan Dasar

Prospek kerja Pendidikan Guru Sekolah Dasar berikutnya yaitu menjadi konsultan di tingkat pendidikan dasar. Seorang konsultan akan memberikan perencanaan pendidikan baik untuk siswa, orang tua, maupun lembaga kependidikan. 

Pendidikan Guru Sekolah  Dasar menjadi salah satu jurusan favorit terutama bagi seseorang yang bercita-cita sebagai guru SD. Namun selain menjadi guru ternyata prospek kerja Pendidikan Guru Sekolah Dasar sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan minat setiap orang.

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.