Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Kurikulum Merdeka Pendidikan
Author : Bambang Fadian
Editor : Zemy Nur Putri

Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar

Penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar merupakan kebutuhan yang idealnya dimiliki oleh seorang guru. Hal ini karena proses belajar yang dialami peserta didik adalah berbagai kegiatan menambah pengetahuan untuk bekal hidup di masa depan. Dalam hal ini, media merupakan salah satu pendukung yang membantu efektifnya proses belajar. Dalam menunjang pembelajaran di kelas diperlukan sarana dan prasarana pendukung yaitu media. Melalui penggunaan alat bantu berupa media ini memberi tujuan meningkatnya interaksi sehingga proses pembelajaran bisa berjalan lancar dan dengan hasil yang optimal.

Fungsi media cukup penting dalam proses pembelajaran karena membantu peserta didik dalam mempermudah pemahaman tentang ilmu yang diajarkan. Pemanfaatan teknologi dan komunikasi sebagai media yang mendukung proses pembelajaran juga membantu pendidikan untuk lebih mudah dalam menyampaikan dan memberi evaluasi pembelajaran secara optimal, sehingga capaian pembelajaran dari peserta didik dapat mencapai nilai minimal yang ditentukan. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang berfungsi untuk menjelaskan sebagian program pembelajaran dengan bahasa yang lebih sederhana. Materi pembelajaran akan lebih mudah diterima oleh peserta didik jika dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran.

Dalam tahapan awal proses pembelajaran merupakan kunci bagi seorang guru apakah pembelajaran itu menarik atau tidak. Setelah menyampaikan tujuan pembelajaran, maka idealnya guru menyampaikan apersepi sehingga membuat peserta didik tertarik ataupun penasaran. Tidak sedikit guru yang melewatkan tahapan ini sehingga pembelajaran akan terasa datar. Untuk materi pembelajaran bidang kimia, tidak semua peserta didik tertarik. Bahkan terkesan merupakan pelajaran yang kurang dinantikan. Sehingga harus dicarikan solusi yang bisa dimulai dari awal pembelajaran. Beragam opsi bisa diterapkan dalam pembelajaran yaitu diantaranya dengan menampilkan video singkat ataupun kalimat tanya singkat. Akan tetapi ada cara tersendiri untuk mengawali proses pembelajaran atau menyampaikan apersepsi yaitu menampilkan infografis sambil bercerita singkat terutama mengaitkan materi yang akan disampaikan dengan kehidupan sehari-hari atau kontekstual, sehingga siswa akan tertarik. Penyampaian ini terasa datar jika tidak menggunakan media. Sehingga peran media dibutuhkan sejak mengawali pembelajaran.

Bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah infografis. Infografis merupakan visualisasi ide atau data yang dimanfaatkan dalam menyampaikan informasi yang kompleks melalui cara yang mudah ditangkap dan dipahami dalam kurun waktu singkat dengan memanfaatkan alat-alat visual. Dalam dunia pendidikan terkini, infografis dapat menjadi pilihan baru untuk guru dalam menyampaikan materi kepada siswanya. Dengan menggunakan infografis sebagai alat bantu proses belajar mengajar, seakan-akan guru bercerita secara visual kepada peserta didik. Infografis membutuhkan sejumlah informasi dalam bentuk tulisan atau angka dan kemudian diubah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu kombinasi gambar dan teks yang memungkinkan peserta didik untuk cepat memahami gambar yang disampaikan. Selain itu, bentuk diagram atau peta akan membantu lebih mudah bagi peserta didik karena otak manusia cenderung lebih mudah menyimpan data berupa gambar dibandingkan tulisan karena sangat menjenuhkan. Selain itu, penggunaan bahasa ataupun kalimat yang disertai gambar yang lebih menarik juga sangat berpengaruh, sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan.

Tak mudah tentunya mempelajari infografis yang merupakan media pendukung terkini dalam pembelajaran. Belajar tentang infografis bisa saya dapatkan melalui platform Guru Binar.

Terpilih bersama 200 Guru Jawa Timur sebagai penerima beasiswa Guru Binar adalah bagian dari kisah sebagai seorang guru untuk dapat mengembangkan diri. Putera Sampoerna Foundation melalui Guru Binar telah berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memberikan program Beasiswa Guru Binar yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Jawa Timur melalui program peningkatan kompetensi guru. Program ini untuk guru-guru yang berdedikasi tinggi untuk pendidikan di Indonesia.

Tak kurang dari 3000 guru yang berasal dari berbagai jenjang mendaftar program ini. Mulai dari guru SD hingga SMA/SMK, bahkan ada yang berasal dari MA atau MAN. Tentunya untuk mencapai guru yang terpilih harus melewati tahapan seleksi yang bertujuan nantinya guru yang menerima beasiswa adalah guru yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap pendidikan di provinsi Jawa Timur

Ketika menggunakan platform Guru Binar peserta akan mendapatkan pilihan beragam pelatihan yang tentunya jumlah jamnya disesuaikan dengan kuota beasiswa yang disediakan. Di dalam aplikasinya ada beragam menu seperti dashboard, blog, kalender, portofolio, kelas saya, dan jelajahi pelatihan. Di sini pembelajaran dan pelatihan dilaksanakan secara asinkron. Materi disajikan dengan berupa file dokumen atau bahkan ada berupa video. Tugas juga diberikan untuk mengaplikasikan topik pelatihan yang dipilih sehingga peserta bisa mencoba mengimplementasikannya. Menariknya lagi bahwa tugas yang dikerjakan, direview oleh fasilitator. Sehingga kita bisa memperbaiki lagi apa yang perlu dikembangkan atau dirasa kurang maksimal. Keseruan tak berhenti sampai di situ, program ini juga memiliki batas waktu yaitu durasi jam. Sehingga peserta harus belajar manajemen waktu untuk bisa mempelajari ilmu dari pelatihan itu dan juga mengerjakan tugas untuk diupload.

Ketika memilih infografis sebagai topik pelatihan tentunya memilki tujuan yaitu untuk memperkaya media pembelajaran sehingga pembelajaran bisa menarik dan bermanfaat bagi peserta didik. Setelah mengikuti pelatihan tentang infografis ini beragam manfaat yang saya peroleh yaitu dapat meringkas informasi yang disusun dengan tepat dan menunjukan hubungan antar konsep, metode penyajiannya lebih menarik, menyenangkan dan membantu untuk mudah diingat, memungkinkan peserta didik untuk memicu berpikir kritis, menambah kesempatan untuk memunculkan interaksi dengan peserta didik mulai dari awal hingga penutupan. Tentunya dengan infografis ini memiliki beragam manfaat untuk membantu mempermudah pemahaman kepada peserta didik berkaitan dengan konten pembelajaran yang disampaikan oleh setiap guru.

Dan ini benar terbukti ketika media infografis ini diimplementasikan di pembelajaran baik itu secara daring maupun tatap muka. Daya pikat peserta didik mulai ditarik secara visual. Dengan tampilan yang menarik dan kontekstual, maka peserta didik akan berfokus kepada apa yang disampaikan oleh guru. Tak mudah tentunya membuat infografis membutuhkan kegigihan, keuletan dan nilai seni.

Ternyata jenis infografis ini bermacam-macam yaitu infografis timeline. Infografis timeline ini  berguna untuk memberikan informasi yang memiliki rentan waktu tertentu. Melalui jenis infografis ini, pastinya informasi yang rumit seperti tanggal bersejarah akan lebih mudah disampaikan secara sederhana.

Berikutnya yaitu infografis perbandingan. infografis ini berguna untuk menampilkan informasi yang bertujuan membandingkan minimal 2 hal maupun lebih. Infografis proses yaitu infografis yang lebih mengutamakan teks untuk memaparkan aktivitas langkah demi langkah. Infografis geografis yaitu infografis yang menggunakan bagan peta sebagai fokus visualnya. Infografis berbasis daftar atau informasi yaitu mengikuti struktur standar berupa informasi dalam teks. Teks tersebut bisa dalam kalimat pendek atau sebagai paragraf sepenuhnya. Infografis statistik yaitu infografis yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan hasil survei dan menyajikan data dari berbagai sumber. Infografis hierarki yaitu menampilkan suatu informasi berdasarkan level atau tingkatannya yang tetap menunjukkan hubungan dari semua tingkatan itu.

Di platform Guru Binar melalui pelatihan Infografis ini juga mempelajari jenis font terbaik untuk digunakan. Selain itu juga berbagi tips untuk menguasai warna sebagai elemen penting desain. Sangat menarik dan luar biasa. Platform ini benar-benar bermanfaat untuk pengembangan diri seorang guru sehingga bisa diimplementasikan di proses pembelajaran.

Setelah mengimplementasikan infografis di proses pembelajaran, maka pemanfaatan media ini tidak hanya untuk peserta didik tapi bisa juga untuk lainnya. Ketika mengikuti rapat dengan yayasan, pihak yayasan menginstruksikan bahwa materi presentasi baiknya dalam bentuk infografis. Kepala Sekolah memberikan kepercayaan untuk mengolah bahan rapat dijadikan infografis dan hasilnya pun berkenan. Sehingga manfaat yang dirasakan begitu luar biasa. Saya pun berbagi praktik baik dimulai dengan pimpinan saya untuk menyelesaikan beberapa bahan rapat untuk dipresentasikan ke yayasan. Sebuah kepercayaan, tantangan dan kehormatan untuk bisa berdampak bagi sekolah. Setelah beberapa kali membantu dan berbagi ilmu, selanjutnya Kepala Sekolah secara mandiri telah mampu mengerjakan bahan rapat dan membuatnya secara infografis.

Infografis ini juga bisa digunakan untuk memaparkan materi rapat ke rekan sejawat. Pernah ketika memimpin rapat untuk evaluasi soal AKM dan juga rapat sebagai ketua PPDB menggunakan media infografis, maka komunikasi dan penyampaian akan lebih terbantu dengan tampilan data dalam infografis. Sehingga proses rapat berjalan lebih efisien.

Tidak sulit untuk mendesiminasikan pelatihan infografis ini ke rekan sejawat, Dimulai dari rekan sebidang hingga lintas mapel. Strategi yang dilaksanakan adalah dengan audiens terbatas dengan menggunakan metode coaching. Sehingga rasa minder rekan sejawat bisa diminimalkan, dan hasil pembelajaran bisa optimal. Setiap kesulitan bisa dikomunikasikan tanpa adanya rasa takut ataupun malu karena sama-sama berproses dengan yang lainnya.

Tentunya infografis ini sebenarnya bukan hal baru. Jika melihat media cetak atau elektronik sering dijumpai berita nasional umumnya berupa infografis. Sehingga pesan yang disampaikan akan lebih mudah untuk dipahami dan tentunya lebih komunikatif dalam penyampaian.

Asesmen Nasional yang diluncurkan pemerintah melalui Kemendikbudristek diantaranya berisi soal literasi dan numerasi. Dengan makin terbiasanya peserta didik memperoleh materi melalui infografis, maka secara tidak langsung kemampuan literasi akan terasah. Kemampuan membaca data atau teks singkat, hingga mampu untuk menganalisis dan menyimpulkan berdasarkan infografis bukan hal yang mudah. Akan tetapi memerlukan pembelajaran dan pembiasaan oleh masing-masing guru bidang studi. Ketika semakin banyak guru bidang studi mengimplementasikan infografis dalam pembelajaran, maka peserta didik akan makin berkembang kemampuan analisis dan berpikir kritisnya. Sehingga kemampuan literasi peserta didik akan semakin meningkat dan akan mewujudkan generasi berkompeten. Generasi yang berwawasan luas adalah generasi yang mampu memahami infografis. Sehingga kecepatan berfikirnya akan mampu menjadi solusi bagi diri dan sekitarnya.

Terima kasih Guru Binar yang mampu menyediakan beragam pelatihan yang memiliki manfaat untuk peningkatan mutu pendidikan dan mampu menjadikan guru memiliki peningkatan kompetensi sebagai garda depan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Negara yang maju adalah negara yang memperhatikan pendidikan bagi warganya. Pendidikan yang terus berkelanjutan bagi guru adalah investasi yang baik bagi negara. Makin banyak guru yang melakukan pengembangan diri, maka akan berdampak luas bagi peserta didik, hingga akhirnya serentak masyarakat meningkat pengetahuannya dan terbebaskan dari kebodohan dan kemisikinan.
Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.