Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Beasiswa Guru Binar
Author : Zemy Nur Putri
Editor :

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru

Guna terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Guru Binar bersama PT Sampoerna Land selenggarakan Program Beasiswa Pelatihan Guru Daring. Program ini kini menyasar 5 wilayah yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Surabaya, Provinsi DI Yogyakarta, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Gowa.

Terdapat 932 guru yang terdaftar dalam program ini, dan sebanyak 350 guru berhasil menyelesaikan serangkaian pelatihan di Guru Binar dengan baik dan mengembangkan portofolio masing-masing di Guru Binar.

“Program yang dilaksanakan kali ini memiliki proses yang sangat ketat. Dan para peserta yang berhasil menyelesaikan program sudah membuktikan bahwa selain membutuhkan semangat dan motivasi, tapi juga butuh komitmen untuk belajar” jelas Juliana, Head of Guru Binar.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama program berlangsung yakni diawali dengan sesi pembekalan secara daring, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan kelas pelatihan dengan berbagai topik yang disesuaikan dengan para pendidik seperti Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, Pengembangan Media Pembelajaran Digital, serta keterampilan lain yang relevan bagi peningkatan kualitas guru secara keseluruhan.

Selain mengikuti kelas pelatihan secara swapacu di Guru Binar, para guru peserta juga mengikuti sesi pendampingan pendalaman materi bersama para fasilitator yang kompeten di mana fasilitator juga mengonfirmasi pemahaman serta penerapan dari materi yang telah mereka terima. Tidak hanya itu, peserta juga berkesempatan mengikuti beragam webinar yang secara rutin dilaksanakan oleh Guru Binar setiap bulannya.

“Saya merasa senang telah menjadi bagian dari peserta pelatihan para program beasiswa ini. Selain mendapatkan ilmu, saya juga mendapatkan pengalaman-pengalaman menarik karena pada kelas yang saya pilih tugas yang diberikan betul-betul merupakan hasil implementasi yang harus saya lakukan di kelas saya. Jadi terasa lebih nyata” ujar Vivi Wulandari, salah satu peserta terbaik berasal dari Kota Padang Panjang.

Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon terhadap pandemi Covid 19 dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan terlaksananya acara inaugrasi ini bukan merupakan akhir dari suatu upaya dalam pengembangan kompetensi guru melainkan sebuah awal dari upaya pemerataan kualitas guru di Indonesia.

Sumber dan referensi :

-

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.