Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

6 Aplikasi Guru yang Membantu Proses Pembelajaran


Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tentu saja hal ini memberi dampak yang sangat positif terhadap pendidikan di Indonesia. Beberapa aplikasi guru tersedia untuk memudahkan pendidik dalam menjalankan proses mengajar. Tentu saja seorang guru harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan tidak boleh gagap teknologi. 

Berikut ini adalah aplikasi guru yang bisa dimanfaatkan agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan lancar. 


  1. Google Keep

Google keep merupakan aplikasi guru belajar yang memungkinkan guru untuk melakukan pencatatan ide-ide, jadwal, maupun catatan penting lainnya secara cepat. Anda bisa membagikan catatan tersebut pada orang lain termasuk bentuk peserta didik dan kolega apabila guru tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mencatat seperti saat dalam perjalanan.


Ketika tidak sempat mencatat, maka kegiatan tersebut tetap bisa dilakukan yaitu dengan cara melakukan perekaman suara dan nantinya google akan mengubah data tersebut menjadi tulisan. Proses mentranskrip bisa dilakukan setelah Anda memiliki cukup waktu luang. 


Bahkan aplikasi guru yang satu ini memungkinkan Anda untuk memberi kode warna atau label khusus dalam mengelola aktivitas sehingga semakin memudahkan saat akan melakukan pengecekan kembali. Keuntungan yang bisa didapat menggunakan aplikasi google keep yaitu bebas biaya (gratis), mudah digunakan dan fleksibel karena dapat dipakai pada perangkat smartphone, tablet atau laptop. 

  1. Aplikasi Merdeka Mengajar

Merdeka mengajar merupakan aplikasi guru penggerak yang digagas oleh Kemendikbudristek untuk memudahkan para guru supaya lebih mudah mengajar yang sesuai dengan kemampuan siswa. Aplikasi merdeka mengajar juga menyediakan pelatihan-pelatihan untuk berbagai tingkatan kompetensi


Di dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa pilihan menu yang telah dikelompokkan sesuai dengan manfaatnya seperti menu kegiatan belajar mengajar, belajar kurikulum merdeka, pengembangan diri dan berbagai inspirasi. 


Pada menu tentang kurikulum merdeka Anda akan menemukan informasi tentang pengenalan prinsip dasar hingga konsep pembelajaran paradigma baru yang terpusat pada peserta didik. 

Aplikasi guru yang satu ini juga menyediakan kumpulan materi kurikulum merdeka yang dapat dipelajari secara mandiri sehingga Anda bisa belajar dari manapun dan kapanpun. Di bagian kegiatan belajar mengajar guru bisa mendapatkan menu asesmen murid dan perangkat ajar. Sedangkan pada bagian pengembangan diri terdapat menu pelatihan mandiri dan komunitas. 


  1. Canva

Canva merupakan aplikasi guru yang tersedia untuk membuat desain grafis seperti presentasi, poster, konten untuk media sosial dan dokumen-dokumen lain. Canva juga menyediakan berbagai macam contoh template yang bisa dimanfaatkan secara gratis maupun berbayar. 


Anda bisa membuat berbagai macam materi maupun kegiatan pembelajaran dalam waktu cepat dengan tampilan yang menarik menggunakan canva. Fitur khusus untuk pendidikan apabila dimanfaatkan secara optimal maka Anda bisa menggunakan grafik, font, animasi, maupun video yang mampu menunjang kegiatan belajar mengajar supaya jauh lebih menarik. 

  1. Google Classroom

Google classroom adalah aplikasi guru dan murid yang sudah tidak asing di telinga karena selama pandemi sering digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara online. Aplikasi yang dikembangkan oleh google ini mampu membantu aktivitas guru dan murid dalam proses pembelajaran secara tidak langsung. 


Selain untuk menunjang proses kegiatan belajar daring, google classroom juga merupakan aplikasi guru yang bisa dimanfaatkan untuk memantau perkembangan peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Selain memudahkan guru untuk memberikan tugas, di sini guru juga bisa langsung memberi penilaian dan masukan secara real time


  1. Zoom

Selain Google classroom ada juga aplikasi guru online yang tak kalah populer sejak pandemi covid 19 yaitu aplikasi zoom. Dengan zoom maka kegiatan belajar mengajar tidak harus dilakukan secara tatap muka akan tetapi bisa dilaksanakan dari jarak jauh dengan guru sebagai pemateri dan siswa sebagai penerima materi. 


Proses pembelajaran dua arah yang dilakukan secara online menggunakan zoom tersedia juga fitur screen record yang bisa dimanfaatkan untuk merekam materi. Jadi bagi Anda yang tertinggal tidak perlu merasa khawatir karena bisa mengakses video rekaman yang telah disimpan sebelumnya. 


  1. Guru binar

Dengan memanfaatkan aplikasi resmi Guru binar guru bisa meningkatkan kompetensi kegiatan belajar yang jauh lebih efisien, efektif dan menyenangkan karena dalam aplikasi tersebut tersedia berbagai macam fitur menarik yang mendukung presentasi interaktif, kuis, manajemen, sampai dengan kegiatan belajar sambil bermain yang dapat dilakukan secara daring


Selain itu guru juga bisa melihat pelatihan-pelatihan maupun berita yang dilakukan secara live sehingga akan selalu update tentang perkembangan informasi terbaru. Aplikasi guru yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengelolaan kompetensi secara lebih mudah, efisien dan efektif karena aplikasi guru binar didukung oleh layanan learning management system


Beberapa fitur unggulan yang terdapat dalam aplikasi guru binar yaitu webinar, pelatihan guru, sampai dengan fitur untuk melakukan tracking penugasan. 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.