Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi
Author : Fajar Tri
Editor : Fajar Tri

Mengenal Pembelajaran Daring, Alternatif Belajar Di Masa Pandemi

Sejak pandemi melanda, Indonesia telah mengambil berbagai kebijakan terutama dalam hal pendidikan. Pemerintah menetapkan pelaksanaan pembelajaran daring dari rumah untuk menekan angka penularan virus yang terus bertambah dari waktu ke waktu. 

Belajar daring adalah sistem belajar yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital seperti zoom, aplikasi lms, hingga video call. Proses belajar ini tentu membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil. Ini menjadi kendala belajar daring terutama bagi siswa yang berada di daerah tertinggal. 

Kelebihan Pembelajaran Daring 

Pembelajaran daring dianggap mampu mengurangi risiko penularan virus covid-19 di lingkungan sekolah. Namun tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan belajar daring yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Berikut beberapa kelebihan dari penerapan belajar online, antara lain: 

1. Akses Lebih Mudah 

Adanya teknologi sangat membantu dalam berbagai hal termasuk penyampaian materi untuk pembelajaran siswa. Siswa bisa memilih dan mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. Tidak hanya dari buku, namun juga bisa dilakukan menggunakan internet. 

2. Biaya Terjangkau 

Selain akses yang lebih mudah, pembelajaran ini juga lebih menghemat pengeluaran. Orang tua hanya perlu memberikan kuota internet sesuai dengan kebutuhan siswa. Biaya ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mengikuti les atau bimbel. 

3. Fleksibel 

Pengalaman belajar daring bagi siswa tentu saja dari segi waktu yang dinilai lebih fleksibel. Siswa bisa dengan mudah mengulang pelajaran kapanpun tanpa dibatasi dengan jam sekolah. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi siswa. 

4. Memperluas Wawasan 

Siswa dituntut untuk mencari tahu terkait materi pembelajaran melalui internet. Secara tidak langsung ini akan menambah wawasan bagi siswa. Siswa akan mendapatkan materi yang lebih luas melalui internet dibandingkan hanya membaca buku cetak seperti biasanya. 



Kekurangan Belajar Daring 

Selain kelebihan, pembelajaran daring juga memiliki kekurangan yang seringkali menjadi kendala dalam prosesnya. Berikut beberapa kekurangan dari penerapan belajar secara online, antara lain: 

1. Terbatasnya Koneksi Internet 

Bagi siswa yang tinggal di area perkotaan, mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, lain halnya dengan siswa yang tinggal di pedesaan dengan jaringan internet yang masih sangat terbatas. Kondisi ini tentu sangat menghambat proses pembelajaran secara online. 

2. Kurangnya Sosialisasi Dan Interaksi 

Berbeda dengan datang langsung ke sekolah, di mana siswa akan bertemu dengan teman maupun guru, pada belajar online tentu tidak akan terjadi kebiasaan tersebut. Secara tidak langsung ini akan menghambat dalam upaya pembentukan karakter siswa. 

3. Kesulitan Dalam Memahami Materi 

Tidak semua siswa mampu mengikuti materi pelajaran yang diberikan oleh guru melalui pembelajaran daring. Ini karena dipengaruhi oleh tipe belajar yang tidak selalu sama antar siswa satu dengan yang lainnya. 

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Daring 

Dari kelebihan dan kekurangan belajar daring yang sudah disampaikan, setidaknya terdapat tips atau motivasi belajar daring agar lebih mudah dan menyenangkan. Beberapa tips tersebut antara lain: 

1. Tentukan Gaya Belajar Yang Sesuai 

Bagi siswa yang sedang menjalani kegiatan pembelajaran secara online, maka perlu menentukan terlebih dahulu gaya belajar yang tepat dan sesuai. Setiap orang tentu  memiliki gaya belajar yang berbeda-beda untuk bisa memahami materi yang diberikan. 

Selain itu, setiap metode juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. siswa harus menentukan tipe belajar yang tepat, yaitu visual, auditori, maupun kinestetik. Dengan begitu, siswa akan dengan mudah menyesuaikan diri terhadap materi yang dipelajari. 

2. Buat Agenda Belajar 

Motivasi belajar daring juga bisa ditingkatkan dengan membuat agenda belajar yang jelas. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah untuk mengatur waktu dan materi yang harus dipelajari. Siswa juga akan lebih konsentrasi dan fokus dalam proses belajar maupun mengerjakan tugas. Ini akan membantu waktu belajar menjadi lebih efektif dan efisien. 

3. Hindari Gangguan Dalam Proses Belajar 

Agar proses belajar lebih efektif, maka siswa harus menghindari hal yang akan mengganggu dalam belajar. Sebagai siswa yang menjalani pembelajaran daring maka harus pintar mengatur waktu antara belajar dan bermain gadget. 

Ini akan menghindarkan siswa untuk menghindari hal-hal yang mengganggu waktu belajar. Selain itu, usahakan untuk tidak berada di kerumunan ketika sedang menghadiri kelas dari agar fokus belajar tidak teralihkan. Dengan begitu, siswa akan mendapatkan suasana belajar yang nyaman dan meningkatkan motivasi. 

4. Mencari Sumber Belajar Dari Berbagai Tempat 

Untuk meningkatkan motivasi belajar daring, maka bisa dilakukan dengan mencari sumber informasi maupun belajar dari tempat lain. Contohnya yaitu perpustakaan online maupun sumber online lain yang direkomendasikan. 

Semakin banyak referensi yang didapatkan maka semakin banyak pula ilmu yang diperoleh. Siswa juga bisa membangkitkan motivasi belajar karena banyak hal yang tidak dipelajari di sekolah. Belajar secara online memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperluas pengetahuan dari berbagai hal. Tidak hanya terbatas pada buku cetak saja seperti yang selama ini digunakan di sekolah. 

Pembelajaran daring menjadi cara yang efektif sekaligus sulit untuk diterapkan. Efektif apabila untuk siswa yang ada di daerah dengan koneksi internet yang mendukung serta tipe siswa yang mudah beradaptasi. Namun ini akan terasa sulit bagi siswa yang hidup di pedesaan dan sulit untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.