Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi
Author : Fajar Tri
Editor : Fajar Tri

Mengenal Pembelajaran Daring, Alternatif Belajar Di Masa Pandemi

Sejak pandemi melanda, Indonesia telah mengambil berbagai kebijakan terutama dalam hal pendidikan. Pemerintah menetapkan pelaksanaan pembelajaran daring dari rumah untuk menekan angka penularan virus yang terus bertambah dari waktu ke waktu. 

Belajar daring adalah sistem belajar yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital seperti zoom, aplikasi lms, hingga video call. Proses belajar ini tentu membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil. Ini menjadi kendala belajar daring terutama bagi siswa yang berada di daerah tertinggal. 

Kelebihan Pembelajaran Daring 

Pembelajaran daring dianggap mampu mengurangi risiko penularan virus covid-19 di lingkungan sekolah. Namun tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan belajar daring yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Berikut beberapa kelebihan dari penerapan belajar online, antara lain: 

1. Akses Lebih Mudah 

Adanya teknologi sangat membantu dalam berbagai hal termasuk penyampaian materi untuk pembelajaran siswa. Siswa bisa memilih dan mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. Tidak hanya dari buku, namun juga bisa dilakukan menggunakan internet. 

2. Biaya Terjangkau 

Selain akses yang lebih mudah, pembelajaran ini juga lebih menghemat pengeluaran. Orang tua hanya perlu memberikan kuota internet sesuai dengan kebutuhan siswa. Biaya ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mengikuti les atau bimbel. 

3. Fleksibel 

Pengalaman belajar daring bagi siswa tentu saja dari segi waktu yang dinilai lebih fleksibel. Siswa bisa dengan mudah mengulang pelajaran kapanpun tanpa dibatasi dengan jam sekolah. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi siswa. 

4. Memperluas Wawasan 

Siswa dituntut untuk mencari tahu terkait materi pembelajaran melalui internet. Secara tidak langsung ini akan menambah wawasan bagi siswa. Siswa akan mendapatkan materi yang lebih luas melalui internet dibandingkan hanya membaca buku cetak seperti biasanya.