Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi
Author : Fajar Tri
Editor : Zemy Nur Putri

E-learning Guru, Solusi Sistem Pembelajaran yang Canggih dan Praktis

Elearning guru hadir sebagai wadah berkumpulnya para guru dari berbagai bidang di seluruh Indonesia. Tujuannya yaitu agar bisa mengikuti beragam seri belajar dan berbagai bentuk pembelajaran. 

Elearning sendiri sudah dimulai pada tahun 1970-an dan kini semakin dikenal sebagai salah satu cara mengatasi masalah pendidikan, baik di negara maju maupun berkembang. 

Meskipun banyak istilah yang digunakan, namun pada prinsipnya, elearning menggunakan media elektronik dalam proses pembelajarannya. 

Karakteristik Elearning Guru 

Dalam pelaksanaan elearning guru penggerak, terdapat beberapa hal yang menjadi karakteristik utama dari elearning. Berikut beberapa karakteristiknya, antara lain: 

1. Pembelajaran Online 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika merujuk dari segi epistimologi atau bahasa secara harfiah, elearning guru berarti pembelajaran elektronik. Oleh karena itulah, pembelajaran ini memanfaatkan jasa teknologi elektronik dan digital

2. Bahan Ajar Yang Digunakan 

Bahan ajar dalam elearning biasanya bersifat mandiri dalam bentuk digital. Bahan tersebut kemudian disimpan dalam sebuah sistem komputasi. Artinya, bisa diakses oleh guru maupun peserta didik pelatihan di mana saja dan kapan saja. 

Manfaat Elearning Guru 

Pembelajaran secara online tentu memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Bagi siswa tentunya akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan materi yang optimal. Sedangkan untuk guru, bisa memantau perkembangan siswa dengan mudah dan cepat. Berikut informasi lengkapnya. 

1. Menunjang Proses Pembelajaran 

Elearning web guru memungkinkan peserta untuk mengakses materi dengan mudah karena materi yang dibagikan berbentuk digital. Ini memberikan dampak yang sangat positif bagi para peserta karena bisa mengakses kapan saja dan di mana saja serta memilih materi yang sesuai dengan kebutuhan. 

2. Waktu Belajar Yang Lebih Fleksibel 

Dengan adanya elearning, peserta bisa lebih fleksibel untuk menentukan waktu belajar yang tepat. Ini karena metode elearning dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah proses belajar. 

Di samping itu, para pengajar maupun siswa bisa berinteraksi secara intens kapan pun dan di mana pun. Siswa juga dengan mudah mengulang materi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi tersebut. 

3. Bisa Memonitor Performa 

Bagi para pengajar, keberadaan elearning bisa digunakan untuk melacak atau memonitor perkembangan peserta pelatihan. Terutama dalam pencapaian terhadap materi yang disampaikan. Baik pihak pengajar maupun pengelola pembelajaran bisa menemukan solusi bersama apabila terjadi masalah dalam proses belajar mengajar. 

Contohnya, ketika siswa tidak berhasil dalam ujian maka pengajar bisa menawarkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta tersebut. menariknya, elearning juga menyediakan fitur pelaporan dan analisa mengenai kesulitan yang dihadapi peserta. Dengan demikian, guru bisa mengevaluasi pembelajaran yang sudah diterapkan. 

4. Menghemat Biaya Pembelajaran 

Manfaat berikutnya yang akan diperoleh dengan adanya lms guru penggerak ialah menghemat biaya pembelajaran. Tentu saja karena semuanya dilakukan secara online sehingga bisa meminimalisir biaya tambahan lainnya yang diperlukan. 

Contohnya seperti biaya sewa ruang kelas, akomodasi, maupun cetak materi pembelajaran. Dengan demikian, biaya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting dan bersifat urgent. 

5. Jangkauannya Lebih Luas

Fleksibilitas elearning dalam segi waktu dan tempat memungkinkan untuk menjangkau peserta didik lebih banyak dan lebih luas. Dalam elearning, ruang dan waktu tidak lagi menjadi penghalang karena segala interaksi dengan sumber pembelajaran dilakukan secara online melalui internet. 

6. Penyimpanan Materi Pembelajaran Menjadi Lebih Mudah 

Elearning guru menyediakan fitur canggih dan menarik di dalamnya. Dengan demikian memungkinkan pendidik dan para peserta didik untuk menyimpan, mengubah, hingga menyempurnakan materi pembelajaran secara mudah dan cepat. 

7. Menambah Jaringan 

Seperti yang sudah dijelaskan, jangkauan elearning sangat luas sehingga pengguna bisa menemui banyak orang dari berbagai daerah bahkan negara. Hal tersebut karena elearning berbasis internet dan melalui situs website yang bisa diakses secara mendunia. 

Oleh karena itulah, bagi yang memanfaatkan metode ini maka bisa bertemu dan menambah koneksi dengan berkenalan dengan sesama peserta didik dari lintas daerah atau negara. Kadang kala juga terdapat kelompok atau komunitas tertentu yang bisa diikuti untuk mencari dan berbagi informasi. 

Kendala Penerapan Elearning 

Banyaknya manfaat yang ditawarkan baik bagi tenaga pendidik maupun peserta didik, ternyata terdapat kendala dalam penerapannya. Berikut beberapa diantaranya: 

  • Biaya investasi untuk infrastruktur tergolong besar: banyak instansi penyelenggara pelatihan belum bisa menggunakan sistem ini karena biaya yang dibutuhkan cukup besar. 

  • Jaringan internet yang belum merata: tidak semua daerah memiliki jaringan internet yang sama, bahkan ada beberapa daerah yang belum terkoneksi dengan jaringan internet. 

  • Sumber daya manusia: dalam hal ini meliputi penyelenggara, pengajar, dan pembelajar yang belum mengenal atau terbiasa dengan sistem pembelajaran elearning.

Elearning guru menjadi salah satu sistem pembelajaran yang sangat bermanfaat. Selain praktis dan fleksibel, elearning juga mampu menjangkau peserta didik dari berbagai daerah bahkan negara. Namun meskipun demikian, terdapat kendala dalam sistem penerapannya sehingga membuat banyak instansi penyelenggara pelatihan belum menerapkan sistem pembelajaran ini. 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.