Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Kurikulum Merdeka Beasiswa Guru Binar
Author : Zemy Nur Putri
Editor :

Sukses Program untuk Guru, Kini Pemkot Batu dan PSF Laksanakan Program Kepemimpinan Transformasional Berbasis Data

Jakarta – Setelah sebelumnya sukses untuk laksanakan program untuk guru, kini Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pendidikan Kota Batu kembali berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation melalui Guru Binar untuk melaksanakan Program Kepemimpinan Transformasional Berbasis Data.

Berbeda dengan sebelumnya, program ini diikuti oleh 50 kepala sekolah, calon kepala sekolah, dan calon pengawas jenjang SD dan SMP di Kota Batu, dan akan dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2024.

Program dibuka melalui Sesi Pembekalan Program yang dihadiri oleh Kasi PTK SD Dinas Pendidikan Kota Batu Leendy Herdipuma Endro, Head of Guru Binar Juliana, dan peserta program.

Program ini adalah program yang didukung langsung oleh PJ Walikota Batu, Aries Agung Paewai, dalam komitmennya untuk mengembangkan kompetensi para pendidik di Kota Batu. “Jika sebelumnya sudah untuk guru, sekarang untuk kepala sekolah, calon kepala sekolah, dan (calon) pengawas,” ujar Leendy.

Program yang dilaksanakan secara daring ini berfokus untuk meningkatkan keterampilan kepala sekolah, calon kepala sekolah, dan calon pengawas pada jenjang SD dan SMP dalam memaknai data pada rapor pendidikan dan mengembangkan tindak lanjut untuk perbaikan kualitas pembelajaran dalam kerangka Kurikulum Merdeka yang diintegrasikan dengan pemanfaatan teknologi.

Di awal program, para peserta akan mengikuti Tes Diagnostik untuk memetakan kompetensi awal. Tes diagnostik ini akan memotret hard skill dan soft skill peserta dalam perannya sebagai manajer pada satuan pendidikan yang dikelola.

Selanjutnya, peserta program akan mengikuti kelas pelatihan mengenai Analisis Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data. Para peserta pun diberikan pendampingan oleh tim fasilitator melalui live coaching dan diskusi pada fitur Hubungi Fasilitator di pelantar Guru Binar.

Setelah mendapatkan ilmu dari kelas pelatihan, selanjutnya para peserta harus mengimplementasikan secara mandiri berdasarkan rencana tindak lanjut yang sudah disusun untuk sekolah masing-masing.

“Implementasi mandiri menjadi bagian penting dalam program ini, karena peserta program akan mempraktekan secara langsung rencana tindak lanjut yang telah disusun pada pelatihan. Ini termasuk bagian yang menentukan apakah peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik atau masih perlu diberikan pendampingan oleh kami (tim fasilitator Guru Binar),” tambah Juliana.

Di akhir, akan dilaksanakan Inaugurasi Program sebagai acara apresiasi kepada para peserta sekaligus menutup program.

Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme berkualitas yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada para kepala sekolah, calon kepala sekolah, dan calon pengawas di Kota Batu dalam meningkatkan kompetensi terutama pada implementasi Kurikulum Merdeka.

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.