Author : Fajar Tri
Editor :
Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Setiap guru pasti menginginkan anak didiknya berprestasi. Namun ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Hal ini memberi dampak yang begitu signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu diperlukan strategi guru yang cukup jitu untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Motivasi Belajar Siswa
Motivasi merupakan sebuah dorongan yang ada di dalam diri setiap manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkan sedangkan motivasi belajar tentu saja merupakan dorongan dari diri siswa itu sendiri untuk mencapai tujuan belajarnya seperti memahami materi yang disampaikan guru.
Meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa karena dengan adanya motivasi siswa akan senantiasa terus merasa semangat dalam belajar tanpa harus ada dorongan dari manapun.
Menumbuhkan motivasi belajar tentu saja bukan perkara mudah karena masing-masing siswa memiliki keinginan dan karakter yang tidak sama. Oleh karena itu hal tersebut bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab seorang guru saja akan tetapi orang tua siswa juga memiliki peran besar di dalamnya.
2 Jenis Motivasi Belajar Siswa
Sebelum menyusun strategi guru harus mengetahui dua jenis motivasi belajar siswa agar bisa ditemukan cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Motivasi Belajar Ekstrinsik
Jenis motivasi belajar yang pertama merupakan dorongan belajar yang berasal dari luar seperti lingkungan. Contohnya adalah guru bisa memberikan iming-iming hadiah apabila siswa mampu mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran tertentu.
Motivasi Belajar Intrinsik
Motivasi belajar intrinsik berasal dari diri masing-masing siswa. dua hal ini sangat dipengaruhi oleh keinginan siswa itu sendiri dalam mencapai sebuah tujuan tertentu misalnya seorang anak akan rajin belajar karena ingin masuk ke sekolah favorit, ingin membanggakan orang tua, ingin masuk ke perguruan tinggi favorit atau lainnya.
Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Strategi guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar memang harus dipersiapkan secara matang karena hal ini bukanlah perkara yang mudah. Meskipun demikian akan tetapi bukan berarti hal tersebut mustahil.
Berikut ini adalah beberapa strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang bisa Anda coba
Membuat Siswa Lebih Aktif
Salah satu strategi guru yang bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan membuatnya menjadi lebih aktif. Siswa yang aktif akan memiliki dorongan di dalam dirinya sendiri untuk selalu belajar dan merasa semangat ketika dihadapkan masalah karena memiliki keinginan untuk memecahkannya.
Metode Pembelajaran yang Beragam
Siswa akan jauh lebih termotivasi untuk belajar apabila guru menggunakan metode pembelajaran yang beragam dan tepat. Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa bosan para siswa ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.
Ketika Anda melihat para siswa sudah mulai merasa bosan dengan materi yang sedang disampaikan maka guru bisa mengubah metode pembelajaran menggunakan cara lain seperti membuka sesi tanya jawab, membuat diskusi kelompok, demonstrasi dan lain sebagainya.
Memaksimalkan Penggunaan Media Belajar
Strategi guru yang berikutnya bisa Anda coba yaitu dengan memanfaatkan berbagai macam media belajar, terutama media belajar yang belum pernah didapatkan sehingga siswa akan merasa termotivasi untuk belajar.
Salah satu contohnya yaitu memvisualisasikan materi pelajaran yang sedang diajarkan. Melalui teknik visualisasi maka siswa akan lebih mudah memahami apa yang ingin guru sampaikan. Ketika siswa merasa paham kemungkinan besar mereka akan lebih semangat dalam belajar dan termotivasi untuk mempelajarinya secara lebih lanjut.
Memanfaatkan media untuk menyampaikan materi pelajaran juga sering dijadikan strategi guru dalam pembelajaran daring agar siswa lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran dari rumah.
Menumbuhkan Kompetisi
Persaingan atau kompetisi selama proses pembelajaran sering dijadikan strategi guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa karena melalui kompetensi tersebut mereka akan berusaha untuk saling membuktikan bahwa merekalah yang paling baik.
Agar mencapai tujuan tersebut siswa harus terus belajar sehingga kondisi ini bisa meningkatkan motivasi belajarnya. Contohnya guru bisa membuat kompetisi cerdas cermat dengan tambahan nilai untuk kelompok yang menang maka bisa mendapat tambahan nilai dan hadiah tertentu. Sedangkan bagi kelompok yang kalah makanya akan mendapat nilai tambahan saja.
Sering Memberikan Pujian
Memberikan pujian pada siswa merupakan strategi guru yang paling ampuh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jangan pelit dengan pujian karena anak-anak akan merasa senang apabila hasil pekerjaannya diapresiasi, terutama oleh gurunya. Contohnya guru bisa memberi pujian saat siswa telah berhasil menyelesaikan tugasnya tepat waktu.
Walaupun terdengar sederhana akan tetapi dengan sering mendapat pujian maka siswa akan jauh lebih termotivasi untuk menjadi yang lebih baik, terutama saat di hadapan gurunya. Pada akhirnya kondisi tersebut akan membuat siswa menjadi menyukai pelajaran yang disampaikan oleh guru. Bagi siswa yang tidak suka dengan pujian maka guru bisa menyiasatinya dengan memberi penghargaan lain.
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Portal Guru Belajar, Langkah Ditjen GTK dan Kemendikbudristek Membenahi Pendidikan
PTK Guru: Pengertian, Tujuan, Dan Manfaatnya Bagi Siswa, Guru Hingga Sekolah
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.