Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi TUTORIAL
Author : Fajar Tri
Editor :

Pengertian, Tujuan dan Aplikasi Program Merdeka Belajar


Program merdeka belajar adalah kebijakan paling baru yang ada di dunia pendidikan Indonesia. Konsep utama dari merdeka belajar yaitu terletak pada materi yang lebih fleksibel dan esensial supaya bisa sesuai dengan bakat, minat serta kebutuhan masing-masing peserta didik. Pada tingkat sekolah, program ini memberikan fleksibilitas dan otoritas untuk melakukan pengelolaan pendidikan. 


Hal tersebut perlu banyak dukungan kontribusi positif supaya tujuan pendidikan bisa tercapai melalui inovasi dan kreativitas yang tinggi. Supaya bisa melakukannya tentu saja harus memahami dulu empat konsep merdeka belajar serta bagaimana strategi supaya program tersebut sukses. 

Apa itu Program Merdeka Belajar? 

Program merdeka belajar merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh menteri pendidikan nasional dengan tujuan untuk mengembalikan otoritas pengelolaan pendidikan pada pemerintah daerah dan sekolah-sekolah. 


Otoritas dalam mengelola bidang pendidikan diberikan untuk memberikan fleksibilitas kepada sekolah-sekolah dan Pemda untuk merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program pendidikan yang akan dilaksanakan. 


Dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program-program pendidikan tersebut tentu saja harus berdasar pada prinsip-prinsip kebijakan yang terdapat dalam program merdeka belajar oleh pemerintah pusat supaya tujuan nasional pendidikan bisa tercapai. 


Apa Saja Tujuan Program Merdeka Belajar? 

Tentu saja pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dengan tujuan yang bagus. Tujuan dari program mereka belajar yang utama yaitu Kemendikbud ingin menciptakan budaya pendidikan yang tidak birokratis dan sistem pembelajaran yang jauh lebih kreatif dan inovatif berdasarkan minat dan tuntutan dunia modern. 


Kemendikbud juga ingin menciptakan siswa yang memiliki kemerdekaan dan tidak tergantung oleh ketentuan dan juga peraturan dalam dunia pembelajaran sehingga siswa-siswi bisa menemukan potensi dan kemampuan diri dengan caranya masing-masing. 


Program merdeka belajar dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan nasional di dunia pendidikan yaitu meningkatnya kualitas SDM yang ada di Indonesia karena memiliki keunggulan dan daya saing dengan negara-negara lain. 


Kualitas sumber daya manusia yang jauh lebih unggul dan berdaya saing diwujudkan lewat peserta didik yang memiliki karakter mulia dan juga memiliki tingkat penalaran yang tinggi, khususnya dalam bidang numerasi dan literasi. 

Aplikasi Merdeka Belajar

Aplikasi ini diluncurkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru-guru dalam mengajar, mengembangkan kompetensinya, hingga supaya guru bisa berkarya jauh lebih baik. 


Aplikasi merdeka ini bisa Anda unduh melalui Google Play Store untuk penggunaan Android atau melalui PC untuk pengguna windows. Saat ini menurut data yang dilansir dari harian kompas.com terdapat lebih dari 2000 referensi perangkat ajar yang memiliki basis kurikulum merdeka belajar. 

Platform merdeka belajar diluncurkan untuk membantu guru-guru dalam mengajar supaya sesuai dengan kemampuan murid, menyediakan berbagai macam latihan yang berguna untuk peningkatan kompetensi peserta didik, menginspirasi rekan sejawat hingga sebagai wadah untuk berkarya. 


Supaya program merdeka belajar bisa berjalan sukses, guru harus mampu secara efektif memberikan pembelajaran yang bermakna, menyenangkan dan memiliki daya serap tinggi untuk anak-anak. Salah satu cara yang ditempuh pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan menghadirkan kemerdekaan mengajar. 


Menggunakan platform ini maka memungkinkan guru-guru untuk mendapat referensi yang jauh lebih banyak dari guru-guru lain dan bisa mengambil aksi nyata dari berbagai modul ajar yang telah tersedia sampai melakukan asesmen. 



Selain itu terdapat juga fitur belajar  mandiri yang memiliki manfaat yang sangat besar. Menggunakan fitur tersebut guru-guru bisa belajar dari manapun dan kapanpun tanpa harus terganjal oleh masalah ruang dan waktu. 


Pelatihan Mandiri Merdeka Belajar

Latihan mandiri merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam program merdeka mengajar yang diluncurkan untuk mempermudah pendidik dalam mempelajari berbagai macam materi supaya kompetensinya bisa meningkat. 


Pelatihan-pelatihan yang tersedia di dalam platform tersebut disusun oleh para ahli supaya pelatihan-pelatihan bisa relevan dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.


Masing-masing topik yang ada di dalam pelatihan memiliki jumlah dan tipe modul yang tidak sama sehingga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan latihan juga sangat bervariasi. Meskipun demikian tiap-tiap modul dan materi yang dirancang bisa dengan mudah dipelajari secara singkat. 


Tentu saja hal tersebut dibuat agar program merdeka belajar bisa berjalan lancar dan sukses. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilewati untuk ikut latihan mandiri:

  1. Pertama-tama pendidik harus memilih topik pelatihan mandiri yang diinginkan

  2. Selanjutnya pendidik harus mempelajari materi-materi yang ada dalam aktivitas pelatihan mandiri

  3. Setelah materi-materi dikuasai selanjutnya pendidik bisa mulai mengerjakan latihan pemahaman

  4. Jangan lupa juga pada tahap keempat pendidik harus mengisi cerita reflektif

  5. Kelima, apabila terdapat materi selanjutnya bisa langsung dipelajari dengan langkah yang sama seperti pada tahap sebelumnya

  6. Apabila semua materi telah dikerjakan maka Anda bisa langsung mulai mengerjakan post test

  7. Pada tahap berikutnya pendidik bisa mulai mempelajari modul selanjutnya menggunakan langkah-langkah yang sama

  8. Lalu kerjakan dan upload aksi nyata apabila semua modul telah dipelajari dan juga dikerjakan sampai dengan tahap post test

Itulah penjelasan lengkap mengenai program merdeka belajar yang digagas oleh pemerintah melalui Kemendikbud untuk memajukan dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Supaya program bisa berjalan sukses, program tersebut harus mendapat dukungan dari berbagai pihak baik itu siswa, orang tua atau wali siswa dan tentu saja guru atau tenaga pendidik. 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.