Unduh Aplikasi Guru Binar
Kurikulum Merdeka
Author : Fajar Tri
Editor :

5 Produk dari Platform Guru Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi


Platform guru mengajar atau yang dikenal dengan aplikasi merdeka belajar. Platform yang satu ini merupakan salah satu jenis teknologi sekaligus akun pembelajaran yang dimiliki oleh pihak  Kemendikbud Ristek. Selain diperuntukkan untuk para peserta didik, aplikasi tersebut juga dibuat untuk para guru.


Guru sendiri menjadi teman penggerak untuk belajar serta berkarya agar bisa mewujudkan profil dari pelajar Pancasila. Platform Guru Mengajar diluncurkan oleh pihak Kemendikbud Ristek Merdeka Belajar pada episode kelima belas. 



Lewat platform tersebut diharapkan nantinya para guru yang ada di seluruh Indonesia dapat dengan mudah mengakses berbagai macam referensi untuk perangkat ajar. Bahkan untuk pelatihan secara mandiri bisa diakses dengan mudah kapan saja dan di mana saja untuk mengembangkan kompetensi diri sesuai kurikulum.


Demi mendukung tercapainya tujuan tersebut platform merdeka mengajar didukung dengan berbagai macam produk. Produk-produk yang ada nantinya dapat menjadi teman penggerak bagi guru untuk mencapai pembelajaran yang merdeka. Berikut ini beberapa produk yang ada di dalam platform guru belajar dan berbagai:



  1. Pelatihan Mandiri

Salah satu kelebihan yang bisa didapatkan dari platform atau aplikasi merdeka belajar adalah pelatihan secara mandiri. Melalui pelatihan tersebut para guru bisa mengakses kapan saja dan di manapun berada. Bahkan bahkan Anda juga bisa menyesuaikan kecepatan belajar berdasarkan pribadi masing-masing.


Dengan begitu nantinya Anda tidak akan terburu-buru untuk mengikuti pelatihan sehingga bisa menyesuaikan dengan diri sendiri. Selain itu ada kebebasan untuk memilih topik apa saja yang hendak dipelajari. Saja sebagai seorang pendidik nantinya anda akan dituntut untuk terus berkembang serta belajar meningkatkan kompetensi agar bisa menyesuaikan pembelajaran. 

Beberapa produk pelatihan Mandiri yang ada di dalam aplikasi nantinya dapat digunakan secara gratis oleh para pendidik atau guru. Hanya saja pastikan dulu bahwasanya koneksi internet sudah terhubung dengan baik. 


  1. Video Inspirasi

Selain pelatihan Mandiri ternyata dalam platform belajar guru tersebut juga sudah didukung dengan berbagai macam video inspirasi. Video inspirasi sendiri menjadi salah satu produk dari platform Merdeka mengajar. Buktinya sendiri merupakan berbagai macam kumpulan video inspirasi yang nantinya dapat digunakan oleh guru sebagai bahan referensi dalam mengembangkan kompetensi serta personalnya.


Kan anda dapat menggunakan video tersebut untuk media praktik pembelajaran serta materi ajar. Video inspirasi sendiri merupakan bukti kompetensi diri dari seorang guru agar bisa menginspirasi guru lain dengan berbagai macam karya yang telah dibuatnya.



  1. Asesmen Murid

Bulan lainnya adalah keberadaan asesmen murid sebagai produk yang isinya merupakan berbagai macam kumpulan asesmen. Secara otomatis produk ini nantinya dapat digunakan oleh guru untuk memperoleh informasi mengenai hasil pembelajaran murid lewat analisis diagnostik literasi serta numerasi. 


Salah satu tujuan pembuatan produk tersebut yakni agar para guru lebih mudah dalam menerapkan pembelajaran sesuai tahapan pencapaian maupun perkembangan dari setiap siswa. Assessment murid sendiri nantinya dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan maupun minat acuan fase. Baik itu secara daring maupun luring. Ternyata produk ini juga dilengkapi berbagai fitur lain seperti pemeriksaan otomatis serta analisis yang mendalam. 


  1. Perangkat Ajar

Selanjutnya ada fitur berupa perangkat ajar yang nantinya berisi lebih dari sekitar 2000 referensi. Isinya berupa bahan ajar modul serta berbagai macam basis kurikulum merdeka. Bahkan perangkat asal sendiri sudah diakurasi terlebih dahulu oleh tim ahli dari Kemendikbud Ristek. 

Produk ini nantinya dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran atau RPP serta berbagai macam hal lain. Beberapa diantaranya adalah memperoleh referensi buku serta eksplorasi untuk kegiatan belajar mengajar. Perangkat ajar nantinya dapat anda simpan serta diakses secara offline.


Dengan begitu nantinya Anda bisa lebih mudah memilih perangkat ajar yang sesuai dengan minat lalu diakses secara online. Hal ini Tentunya sesuai dengan visi dari platform Merdeka mengajar yakni untuk menciptakan ekosistem belajar yang kolaboratif sekaligus meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran.


  1. Bukti Karya Saya

Produk lain dari platform guru mengajar yakni wadah untuk berbagi praktik untuk mendorong guru agar selalu berkarya serta menginspirasi. Produk tersebut disebut dengan bukti karya saya. Melalui produk bukti karya saya nantinya para guru dapat melihat rekam jejak yang digunakan sebagai gambaran kinerja serta kompetensi.


Melalui gambaran kinerja tersebut nantinya para guru dapat menginspirasi guru lainnya. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk bertukar pikiran bersama guru lainnya yang ada di seluruh Indonesia melalui karya-karya tersebut. Bahkan apabila ada salah satu karya yang dirasa cukup baik maka Anda bisa meniru lalu mengaplikasikannya. 


Itu dia beberapa produk yang ada pada platform guru mengajar. Melalui platform tersebut diharapkan nantinya para guru bisa saling bertukar pikiran serta mengembangkan kompetensinya sesuai dengan kurikulum dari merdeka belajar. Sehingga nantinya bisa lebih mudah untuk memberikan pembelajaran di dalam kelas.

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.