Unduh Aplikasi Guru Binar
Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

Ketahui Pengertian Guru Kreatif & Ciri-Cirinya

Untuk menjadi guru kreatif tentu merupakan impian dari semua guru. Namun dalam mewujudkan guru kreatif tidaklah mudah karena tidak semua guru memiliki kemauan dan kemampuan untuk berpikir kreatif dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik atau pengajar. 

Banyak orang yang mampu berpikir kreatif namun tidak semua mampu mengeluarkan dan mengekspresikan kreativitas mereka. Padahal kreativitas tersebut sangatlah mahal dan memiliki nilai jual yang tinggi apabila mampu mengembangkan dengan baik. 

Apa Itu Guru Kreatif & Inovatif? 

Kreatif sendiri merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang atau kelompok orang yang memungkinkan mereka menemukan pendekatan atau terobosan baru. Pendekatan tersebut berguna dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara baru atau unik. 

Sedangkan pengertian guru inovatif ialah guru yang mampu menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda untuk kemajuan diri dan peserta didiknya. Guru kreatif sangat diperlukan untuk mengantarkan peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik. 

Jika kita lihat, banyak siswa siswi yang saat ini mulai merasa jenuh dengan cara mengajar guru yang konvensional. Mereka membutuhkan guru yang lebih energik dan kreatif yang mampu membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. 

Saat ini banyak guru yang belum mampu menggunakan peralatan teknologi dengan baik. contohnya penggunaan komputer, laptop, maupun pemanfaatan internet. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja karena di luar sana banyak peserta didik yang sudah lebih pandai menggunakan teknologi. 

Contoh guru kreatif dan inovatif ialah seorang guru yang mampu mengkreasikan pengajaran dengan mencoba berbagi hal baru. Selain itu juga meneliti, bahkan sampai berkarya untuk membuat berbagai model atau media pembelajaran untuk kepentingan pembelajaran dan untuk memenuhi kebutuhan siswanya. 

Ciri-Ciri Guru Kreatif 

Untuk mengetahui guru kreatif dan inovatif terdapat beberapa ciri yang bisa menentukan kriteria tersebut. Berikut beberapa ciri-cirinya, antara lain: 

1. Mampu Menciptakan Ide Baru 

Seperti yang sudah disebutkan, kreatif identik dengan sebuah penemuan ide baru. Oleh karena itulah, guru kreatif merupakan guru yang bisa menemukan sebuah ide baru yang bermanfaat. Ide tersebut bisa muncul dengan sendirinya atau melalui perencanaan. 

Namun para guru perlu mengetahui untuk bisa menciptakan ide yang baru. Kalau hanya statis yang penting mengajar, maka akan sulit bagi guru untuk bisa menciptakan ide-ide yang fresh. 

2. Tampil Beda 

Guru kreatif biasanya akan tampil beda dibandingkan dengan guru yang lainnya. Mereka cenderung memiliki ciri khas tersendiri karena mereka penuh dengan sesuatu yang baru dan terkadang tidak terpikirkan oleh guru-guru lain. Selain itu, mereka juga biasanya lebih disukai oleh para siswa. 

3. Fleksibel 

Ciri berikutnya yaitu fleksibel, tidak kaku, namun tetap memiliki prinsip. Mereka memiliki kemampuan untuk memahami para siswa dengan lebih baik, memahami karakter siswa, gaya belajar, dan apa yang diharapkan oleh siswa. Namun, mereka tetap tegas dalam mengambil keputusan dan menjalankannya. 

4. Mudah Bergaul 

Setiap guru yang memiliki kreativitas tinggi biasanya akan mudah bergaul dengan para siswa. Hal ini harus ditunjukkan dengan sikap profesional guru saat berada di kelas dan di luar kelas. Guru tidak boleh terlalu menjaga gengsi karena akan membuat siswa enggan dekat dengan guru. 

Sebaliknya, guru sebaiknya bersikap biasa-biasa saja, tidak terlalu menjaga gengsi dan tidak terlalu bebas. Sebisa mungkin tempatkan siswa di hati sebagai teman dan sahabat sehingga mereka merasa bahwa guru lebih bersahabat. 

5. Menyenangkan 

Setiap orang tentu menyukai orang yang menyenangkan, termasuk siswa pasif sekalipun. Guru kreatif memiliki kepribadian yang menyenangkan dan ceria sehingga membuat siswa merasa nyaman jika berada di dekatnya. 

Guru yang menyenangkan ditunjukkan dengan sikap dan selera humor yang baik. Biasanya mereka akan menggunakan humornya secara proporsi tidak berlebihan dan tidak kurang. Pembelajaran yang terlalu tegang tentu tidak akan menyenangkan. Namun terlalu banyak humornya juga tidak akan efektif sehingga haruslah seimbang. 

6. Suka Melakukan Eksperimen 

Guru dengan kreativitas yang tinggi selalu menyukai melakukan eksperimen maupun uji coba. Entah itu uji coba terkait metode pembelajaran maupun uji coba yang lainnya. Uji coba ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya sebagai seorang guru. 

Guru yang kreatif tidak akan pernah jenuh untuk mencoba melakukan sesuatu yang baru, yang belum pernah dilakukan. Apabila berhasil maka akan diteruskan, namun jika gagal tidak akan dievaluasi untuk dijadikan bahan pembelajaran untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. 

7. Cekatan 

Seorang guru yang kreatif dan inovatif juga mampu bekerja dengan cekatan agar bisa menangani berbagai masalah dengan cepat dan baik. Ia tidak akan suka untuk menunda-nunda suatu pekerjaan. Setiap masalah yang dihadapi akan diselesaikan secepatnya dengan baik. guru cekatan biasanya ringan tangan dan akan membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan. 

Guru kreatif sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan siswa yang cerdas dan inovatif. Terdapat berbagai karakteristik atau ciri yang menentukan seseorang merupakan guru yang memiliki kreativitas yang tinggi yaitu mulai dari mampu menciptakan ide baru hingga cekatan. 

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.