Unduh Aplikasi Guru Binar

Pick Your Own, Fitur untuk Gabungkan Sertifikat per 32 Jam Pelajaran.

Author : Zemy Nur Putri
Editor : Zemy Nur Putri


Sertifikat merupakan tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang kemudian dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian. Karena sebagai tanda bukti, maka sertifikat menjadi hal penting untuk semua orang salah satunya bagi para guru.

Guru membutuhkan sertifikat untuk syarat dalam meningkatkan karirnya sebagai guru, maka Guru Binar yang merupakan pelatar pengembangan karir guru menyadari hal tersebut dengan menerbitkan sertifikat bagi penggunanya.

Sertifikat ini dapat digunakan oleh pengguna baik yang telah menyelesaikan kelas maupun mengikuti rangkaian kegiatan dari Guru Binar sebagai bentuk apresiasi atas keikutsertaanya.

Untuk mempermudah dalam menggabungkan sertifikat, Guru Binar menghadirkan fitur Pick Your Own. Sistem pada fitur ini yaitu pengguna dapat mengumpulkan angka jam pelajaran yang pernah diikuti di Guru Binar terhitung sejak Januari 2021.

Fitur ini memberikan flexibilitas kepada pengguna untuk memilih tipe sertifikat yang akan diunduh, yaitu:

  1. Sertifikat satuan, tipe sertifikat ini dapat langsung diunduh per kegiatan yang diikuti oleh pengguna,
  2. Sertifikat Kumulatif, tipe sertifikat ini mencakup beberapa kegiatan yang telah dilakukan di Guru Binar dan diunduh dalam satu sertifikat dengan total angka jam pelajaran yang tertera pada sertifikat sebesar 32 JP

Jika pengguna memilih untuk mengunduh sertifikat kumulatif, sertifikat satuan yang telah didapatkan dari keikutsertaan program Guru Binar akan masuk di portofolio yang dapat dilihat pada halaman profile Guru Binar masing-masing. Selanjutnya, jika sudah terkumpul 32 JP, maka Guru Binar dapat mengunduh sertifikatnya lalu sertifikat satuan yang sebelumnya sudah tersimpan di portofolio tidak akan berlaku lagi.

Berikut adalah tata cara dalam menggunakan fitur PYO, simak yaa

  1. Diawali dengan masuk ke akun Anda masing-masing. Anda akan langsung diarahkan ke halaman “Dashboard”. Pada “Dashboard” ini Anda akan memilih kolom “Pick Your Own”.
  2. Setelah diklik, maka akan tampil seluruh sertifikat dari kegiatan yang telah diikuti, mulai dari webinar hingga pelatihan.
  3. Lalu Anda dapat memilih sertifikat yang akan digabungkan menjadi 32 JP dengan klik kotak putih yang akan berubah menjadi centang biru di sebelah kiri setiap nama kegiatan.
  4. Jika sudah terkumpul 32 JP, maka akan muncul notifikasi peringatan bahwa sertifikat yang telah Anda pilih sudah mencapai 32 JP.
  5. Lalu Anda dapat melanjutkan dengan klik tombol “Proses Pick Your Own” di bawah tabel sertifikat Anda.
  6. Selamat! Anda berhasil menggabungkan sertifikat Anda hingga 32 JP. Daftar sertifikat yang telah diakumulasi menjadi 32 JP akan muncul secara otomatis di atas tabel sertifikat Anda.
  7. Cek sekali lagi sertifikat akumulasi 32 JP Anda dengan klik nama sertifikat, lalu Anda dapat scroll ke bawah dengan melihat “Struktur Pelatihan Guru Binar” yang terlampir.
  8. Sertifikat yang telah diakumulasi menjadi 32 JP ini juga dapat Anda cek di “Portofolio” lalu klik kolom “Akumulasi JP (Angka Kredit)”.
  9. Seluruh aktivitas Anda akan terekam juga di Portofolio ini.

Dengan fitur ini, kini Guru Binar dapat dengan mudah mengumpulkan jumlah jam pelajaran yang diperlukan untuk berbagai tujuan khususnya untuk mengakomodir keperluan kenaikan pangkat.

Terus tingkatkan kompetensi diri Anda bersama Guru Binar!

Sumber dan referensi :


-

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.