Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Beasiswa Guru Binar
Author : Zemy Nur Putri
Editor :

Maknai Keberhasilan Peserta Program, Guru Binar dan Pemkab Tana Toraja adakan Inaugurasi Program Guru Inovatif

Jakarta – Guru Binar dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mengadakan acara inaugurasi kelulusan peserta program pada Selasa (02/04). Acara inaugurasi ini merupakan puncak acara dari serangkaian Program Guru Inovatif.

Pada acara ini dihadiri oleh Head of Guru Binar Juliana, serta 40 peserta program yang merupakan guru jenjang SD di Kabupaten Tana Toraja.

Program Guru Inovatif merupakan program peningkatan keterampilan guru melalui beragam pelatihan pada platform Guru Binar mengenai berbagai metode mengajar melalui beragam media digital guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang maksimal sesuai prinsip Kurikulum Merdeka.

“Selain itu, 40 peserta program ini juga dipersiapkan untuk menjadi guru tutor Kabupaten Tana Toraja sehingga semakin banyak guru-guru berkualitas di wilayah ini” tambah Juliana (02/04).

Program yang dilaksanakan sejak bulan Februari hingga April 2024 ini memiliki 40 peserta yang merupakan guru jenjang SD yang berhasil menyelesaikan serangkaian pelatihan di Guru Binar dengan baik dan mengembangkan portofolio masing-masing di Guru Binar.

Juliana menjelaskan jika seluruh guru sangat antusias mengikuti program ini, “ditambah metode pelatihan pada program ini merupakan hal baru bagi mereka, sehingga mereka mengikuti pelatihan ini dengan bersungguh-sungguh”.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama program berlangsung yakni diawali dengan sesi pembekalan secara daring, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan kelas mengenai Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi dan Media Pembelajaran dengan Papan Permainan Daring serta keterampilan lain yang relevan bagi peningkatan kualitas guru secara keseluruhan.

Yusri Bangun, salah satu peserta program yang berasal dari SDN 13 Rembon berkata jika metode pelatihan yang dilaksanakan sangat fleksibel, “meskipun terkadang saya merasa kesulitan, di Guru Binar ini ada fasilitator yang standby untuk membantu saya” tambahnya.

Selain mengikuti kelas pelatihan, para peserta juga mengikuti sesi pendampingan bersama para fasilitator Guru Binar guna mendapatkan pendalaman materi secara komprehensif.

“Saya merasa senang telah menjadi bagian dari peserta pelatihan ini. Selain mendapatkan ilmu, saya juga mendapatkan pengalaman-pengalaman menarik karena pada kelas yang saya pilih tugas yang diberikan betul-betul merupakan hasil implementasi yang harus saya lakukan di kelas saya. Jadi terasa lebih nyata” ujar Halimah, guru SDN 5 Mengkendek, salah satu peserta Program Guru Inovatif (02/04).

Dengan terlaksananya acara inaugrasi ini bukan merupakan akhir dari suatu upaya dalam pengembangan kompetensi guru melainkan sebuah awal dari upaya pemerataan kualitas guru di Indonesia.

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.