Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Kurikulum Merdeka Beasiswa Guru Binar
Author : Zemy Nur Putri
Editor :

60 Guru di Kota Palu Terpilih Ikuti Program Beasiswa Guru Media Pembelajaran Animasi

Jakarta – Dinas Pendidikan Provinsi Palu dan Pemerintah Kota Palu berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation menyelenggarakan Program Beasiswa Guru: Media Pembelajaran Animasi. Program ini dilaksanakan secara daring melalui platform Guru Binar.

Program Beasiswa Guru: Media Pembelajaran Animasi merupakan program pelatihan guru secara daring yang berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital dalam bentuk animasi sebagai upaya dalam peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran di kelas.

Terdapat 60 peserta program terpilih yang merupakan guru berbagai mata pelajaran dari 10 sekolah jenjang SMA di Kota Palu, yang sebelumnya sudah diseleksi pada bulan September 2024 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Palu bersama Putera Sampoerna Foundation.

Program diawali dengan sesi Pembelakan Program. Pada sesi ini, peserta diberikan penjelasan tentang program dan panduan untuk mengerjakan kelas pelatihan di pelantar Guru Binar.

“Di era digitalisasi ini, para guru perlu tanggap dan tidak kalah saing dengan para siswa, terutama dalam melibatkan mereka dalam belajar. Salah satunya adalah melalui media belajar animasi. Pada program ini, guru diharapkan dapat mengembangkan media belajar animasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan rasa penasaran siswa dalam belajar, “ ucap Juliana.

Selanjutnya, peserta mengerjakan kelas pelatihan dengan topik Media Pembelajaran Berbasis Animasi yang membahas mengenai pembuatan animasi dalam pembelajaran dengan berbagai macam aplikasi yang mudah dipahami dan diterapkan oleh para peserta program.

Selain itu, peserta program juga mendapatkan pendampingan intensif bersama tim fasilitator Guru Binar melalui live coaching dan diskusi melalui fitur Hubungi Fasilitator di pelantar Guru Binar.

Salah satu peserta guru mengatakan jika meskipun kegiatan pelatihan dilaksanakan secara singkat, tapi Ia sangat menikmati setiap sesinya. “Saya senang saya bisa lebih fokus pada mengembangakn kemampuan saya dalam membuat animasi ini, padahal saya bukan guru muda lagi dan saya juga bukan guru IT atau TIK, tapi saya bisa,” ucapnya.

Di akhir program nanti, akan dilaksanakan inaugurasi program sebagai acara apresiasi kepada peserta program yang telah berkomitmen dalam menyelesaikan seluruh rangkaian program dengan baik.

“Adapun nantinya kami berikan apresiasi kepada peserta program yang memiliki portolofio belajar yang baik, aktif berdiskusi dan mengikuti setiap sesi pelatihan” ucap Juliana.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu para guru dalam memanfaatkan media digital di kelas sehingga menjadi sosok guru yang kreatif dan inovatif untuk para siswanya dan dapat menjadi local champion di Kota Palu dan sekitarnya.

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.