Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum BAHASA
Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD

SILABUS TEMA 1 SUB 2

Tema 1                     : HIDUP RUKUN

Subtema 2              : HIDUP RUKUN DI TEMPAT BERMAIN

 

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Pendidikan Penguatan Karakter

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.1  Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1  Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1  Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-har

3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

·         Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

 

•   Mengurutkan kalimat berisi contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila sesuai gambar sehingga menjadi cerita yang runtut dengan percaya diri.

•   Mengamati gambar/video/film yang terkait dengan pengamalan sila-sila  Pancasila di tempat bermain dan menceritakan kembali isinya dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

•   Mengidentifikasi dan menceritakan  perilaku yang merupakan penerapan nilai sila-sila Pancasila di tempat bermain dengan percaya diri.

•   Melakukan permainan berlari berpasangan dengan rintangan sebagai contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila secara sportif.

· Religius

· Nasionalis

· Mandiri

· Gotong Royong

Integritas

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

 

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

 

• kalimat yang mengandung kata ajakan

• membandingkan dua bilangan cacah

• gerak kepala, tangan, kaki

• kalimat yang mengandung kata ajakan

• gerak dasar lokomotor

• pengamalan sila pertama dan sila kedua pada Pancasila

• kata ajakan dalam kalimat yang berkaitan dengan hidup rukun

• gerak koordinasi kepala, tangan, kaki, dalam tarian

• membandingkan bilangan

• membandingkan dua bilangan cacah

• gerak koordinasi dalam tarian dengan hitungan

• kalimat yang mengandung ajakan

• gerak dasar lokomotor

• penerapan sila keempat Pancasila

• kalimat yang mengandung kata ajakan

• penerapan sila kelima Pancasila

 

Keterampilan

 Praktik/Kinerja

 

• menyebutkan kembali kalimat yang mengandung kata ajakan

• melakukan gerak kepala, tangan, dan kaki

• mempraktikkan gerak dasar lokomotor

• menceritakan pengalaman penerapan sila pertama dan kedua Pancasila

• mempraktikkan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tarian

• mengurutkan dua bilangan cacah

• melakukan gerak koordinasi dengan hitungan

• menulis kalimat menggunakan kata ajakan

• melakukan gerak dasar lokomotor

• menceritakan penerapan sila kelima Pancasila

• menulis kalimat tentang hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan

• menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila

24 JP

·      Buku Guru

·      Buku Siswa

·      Internet

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

3.1.1  Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

4.1.1  Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.

·         Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

·         Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran  sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis

 

•   Menjelaskan arti pentingnya kerja sama untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

•   Membuat teks percakapan dengan menggunakan kata ajakan yang berkaitan dengan cerita hidup rukun dan toleransi dengan  rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

•   Berdiskusi mengenai kerukunan dan kekompakan yang harus dilaksanakan ketika bermain dengan teman secara santun dan percaya diri.

•   Mengamati gambar dan mengurutkannya sehingga menjadi sebuah cerita runtut dengan kreatif.

•   Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan terkait hidup  rukun yang telah disimaknya dengan rasa ingin tahu dan percaya diri

•   Mengamati gambar permainan tradisional dan menuliskan isinya  dalam bentuk cerita sederhana dengan kreatif.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3.1  Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.1  Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional

4.1.1 Mempraktikkan gerakan berlari ke berbagai arah  sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional

·         Prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

•       Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh yang diberikan guru. Kemudian melakukan permainan tradisional dengan jujur dan percaya diri.

•       Meragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil contoh gerakan bermain layang-layang dengan semangat.

•       Membaca percakapan yang memuat kalimat ajakan dengan cara melakukan gerak dasar lokomotor penuh semangat.

•       Melakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki tanpa hitungan, dilanjutkan gerakan yang    dilakukan dengan hitungan sesuai ajakan teman secara berpasangan dengan penuh semangat.

Matematika

3.2  Membandingkan dua bilangan cacah.

4.2  Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.

3.2.1 Menjelaskan perbandingan yang terdapat pada dua bilangan cacah.

3.2.2 Menyebutkan dua bilangan cacah dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat

4.2.1 Mengerti urutan bilangan-bilangan.

4.2.2 Menyebutkan bilangan cacah dari bilangan yang terkecil ke bilangan  yang terbesar.

·         Makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

·         Pertidaksamaan dua bilangan cacah

·         Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan obyek

·         Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

 

•   Mengamati sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai tempatnya, kemudian membandingkan kelompok kubus yang satu dengan yang lain berdasarkan nilai tempatnya dengan teliti.

•   Mengurutkan  bilangan tiga angka dari yang terkecil atau sebaliknya berdasarkan nilai tempatnya dengan teliti dan jujur.

•   Membandingkan  dua bilangan cacah melalui diskusi kelompok dengan kerja sama dan percaya diri.

•   Membandingkan bilangan tiga angka dengan teman secara berpasangan dengan tanggung jawab.

Seni Budaya dan Prakarya

3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.

4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari

3.3.1 Mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.

4.3.1 Melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.

·         Karya imajinatif dua dan tiga dimensi

·           Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

·           Gerak keseharian dan alam dalam tari

·           Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya

 

•    Mengamati gambar tarian anak dilanjutkan dengan menirukan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan dengan tanggung jawab.

•    Menyimak syair  lagu “Gembira” yang dibacakan oleh guru dilanjutkan dengan menyanyi bersama-sama kemudian mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kata ajakan dengan rasa ingin tahu.

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2

 

 

………………………………

NIP………………………….

Sumber dan referensi :

SILABUS KELAS 2 TEMA 2

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.