Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
SILABUS TEMA 1 SUB 2
Tema 1 : HIDUP RUKUN
Subtema
2 : HIDUP RUKUN DI TEMPAT
BERMAIN
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Pendidikan
Penguatan Karakter |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli
sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam
kehidupan sehari-hari 3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. 4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang
negara dengan sila-sila Pancasila. |
1.1.1
Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1.1
Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-har 3.1.1
Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila. 4.1.1
Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila. |
·
Hubungan
gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
• Mengurutkan kalimat berisi contoh penerapan nilai-nilai sila
Pancasila sesuai gambar sehingga menjadi cerita yang runtut dengan percaya
diri. • Mengamati gambar/video/film yang terkait dengan pengamalan
sila-sila Pancasila di tempat bermain
dan menceritakan kembali isinya dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa. • Mengidentifikasi dan menceritakan perilaku yang merupakan penerapan nilai
sila-sila Pancasila di tempat bermain dengan percaya diri. • Melakukan permainan berlari berpasangan dengan rintangan sebagai
contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila secara sportif. |
·
Religius ·
Nasionalis ·
Mandiri ·
Gotong
Royong Integritas |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung
Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama
Jurnal: • Catatan
pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari
orang lain
Penilaian Diri: • Peserta didik
mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah
Pengetahuan Tes tertulis
• kalimat yang
mengandung kata ajakan • membandingkan
dua bilangan cacah • gerak kepala,
tangan, kaki • kalimat yang
mengandung kata ajakan • gerak dasar
lokomotor • pengamalan
sila pertama dan sila kedua pada Pancasila • kata ajakan
dalam kalimat yang berkaitan dengan hidup rukun • gerak
koordinasi kepala, tangan, kaki, dalam tarian • membandingkan
bilangan • membandingkan
dua bilangan cacah • gerak
koordinasi dalam tarian dengan hitungan • kalimat yang
mengandung ajakan • gerak dasar
lokomotor • penerapan
sila keempat Pancasila • kalimat yang
mengandung kata ajakan • penerapan
sila kelima Pancasila
Keterampilan Praktik/Kinerja
• menyebutkan
kembali kalimat yang mengandung kata ajakan • melakukan gerak
kepala, tangan, dan kaki • mempraktikkan
gerak dasar lokomotor • menceritakan
pengalaman penerapan sila pertama dan kedua Pancasila • mempraktikkan
gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tarian • mengurutkan dua
bilangan cacah • melakukan gerak
koordinasi dengan hitungan • menulis kalimat
menggunakan kata ajakan • melakukan gerak
dasar lokomotor • menceritakan
penerapan sila kelima Pancasila • menulis kalimat
tentang hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan • menceritakan
pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila |
24
JP |
·
Buku
Guru ·
Buku
Siswa ·
Internet ·
Lingkungan |
Bahasa
Indonesia |
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun. 4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun |
3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat
dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun. 4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa
yang santun. |
·
Ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun ·
Budaya
santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
|
• Menjelaskan arti pentingnya kerja sama
untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri. • Membuat teks percakapan dengan menggunakan
kata ajakan yang berkaitan dengan cerita hidup rukun dan toleransi
dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa. • Berdiskusi mengenai kerukunan dan
kekompakan yang harus dilaksanakan ketika bermain dengan teman secara santun
dan percaya diri. • Mengamati gambar dan mengurutkannya
sehingga menjadi sebuah cerita runtut dengan kreatif. • Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan
terkait hidup rukun yang telah
disimaknya dengan rasa ingin tahu dan percaya diri • Mengamati gambar permainan tradisional dan
menuliskan isinya dalam bentuk cerita
sederhana dengan kreatif. |
||||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional |
3.1.1
Menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian
sederhana dan atau tradisional 4.1.1
Mempraktikkan gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional |
·
Prosedur
gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
• Mengamati
gambar dan meragakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh yang diberikan guru.
Kemudian melakukan permainan tradisional dengan jujur dan percaya diri. • Meragakan
gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil contoh
gerakan bermain layang-layang dengan semangat. • Membaca
percakapan yang memuat kalimat ajakan dengan cara melakukan gerak dasar
lokomotor penuh semangat. • Melakukan gerakan kepala, tangan, dan
kaki tanpa hitungan, dilanjutkan gerakan yang dilakukan dengan hitungan sesuai ajakan
teman secara berpasangan dengan penuh semangat. |
||||
Matematika |
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah. 4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan
terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya. |
3.2.1
Menjelaskan perbandingan yang terdapat pada dua bilangan cacah. 3.2.2
Menyebutkan dua bilangan cacah dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan
kurang dari dengan tepat 4.2.1 Mengerti
urutan bilangan-bilangan. 4.2.2
Menyebutkan bilangan cacah dari bilangan yang terkecil ke bilangan yang terbesar. |
·
Makna
bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara membacanya ·
Pertidaksamaan
dua bilangan cacah ·
Bilangan cacah yang
bersesuaian dengan kumpulan obyek ·
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
|
• Mengamati sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai
tempatnya, kemudian membandingkan kelompok kubus yang satu dengan yang lain
berdasarkan nilai tempatnya dengan teliti. • Mengurutkan bilangan tiga
angka dari yang terkecil atau sebaliknya berdasarkan nilai tempatnya dengan
teliti dan jujur. • Membandingkan dua
bilangan cacah melalui diskusi kelompok dengan kerja sama dan percaya diri. • Membandingkan bilangan tiga angka dengan teman secara
berpasangan dengan tanggung jawab. |
||||
Seni Budaya dan
Prakarya |
3.3 Mengenal
gerak anggota tubuh melalui tari. 4.3 Meragakan
gerak anggota tubuh melalui tari |
3.3.1
Mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar. 4.3.1 Melakukan
gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar. |
·
Karya imajinatif dua dan tiga dimensi ·
Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak ·
Gerak keseharian dan alam dalam tari ·
Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
• Mengamati gambar tarian anak dilanjutkan dengan menirukan
gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan dengan tanggung
jawab. • Menyimak syair lagu
“Gembira” yang dibacakan oleh guru dilanjutkan dengan menyanyi bersama-sama
kemudian mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kata ajakan dengan rasa
ingin tahu. |
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2
……………………………… NIP…………………………. |
Sumber dan referensi :
SILABUS KELAS 2 TEMA 2
Postingan Terkait
Akar Bahasa Indonesia adalah Bahasa Melayu Sambas
Guru Binar Menggandeng Berbagai Universitas dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja
Kolaborasi Beasiswa Guru Binar dan Education New Zealand, Bantu Felix Eksplorasi Media Pembelajaran
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.