Unduh Aplikasi Guru Binar

Guru Binar Menggandeng Berbagai Universitas dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja

Author : Zemy Nur Putri
Editor :

Memasuki era globalisasi, tantangan yang dihadapi generasi muda semakin nyata dan dinamis. Salah satunya adalah persaingan dalam dunia kerja yang tidak sedikit dimana calon lulusan masih belum siap untuk menghadapinya.

Sebagai bentuk komitmen Guru Binar untuk selalu meningkatkan kualitas generasi muda dalam memasuki dunia kerja, Guru Binar berkolaborasi dengan Cakap menginisiasi program Digital English Club yang menitikberatkan pada pengembangan keterampilan Bahasa Inggris dengan tujuan spesifik atau disebut juga English for Specific Purposes (ESP). Dalam implementasinya, program ini menargetkan Guru, para siswa jenjang SMK dan mahasiswa di universitas dari beberapa target wilayah untuk bergabung dalam program ini yang salah satunya adalah diantaranya Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), Universitas Muria Kudus, Universitas Udayana, dan SMK Bali Mandara.

Program ini akan diawali dengan proses seleksi yang dimulai sejak bulan September 2021. Selanjutnya para peserta program akan mengikuti kelas pelatihan yang menggabungkan pendekatan synchronous dan asynchronous melalui platform pelatihan daring Guru Binar dan Cakap dengan menyasar pada empat keterampilan (reading, writing, speaking, dan listening).

Selain membekali para mahasiswa dengan keterampilan bahasa Inggris untuk memasuki dunia kerja, dalam pelatihan ini para peserta akan mendapatkan pengalaman praktik belajar dalam kelas speaking langsung bersama penutur asing. Melalui program ini pun para peserta akan mendapatkan sertifikat hingga 136 JP (jam pelajaran) yang tentunya dapat dijadikan sebagai portfolio.

Guru Binar merupakan suatu platform pengembangan karir guru yang kembangkan oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon terhadap pandemic Covid 19 yang berdampak pada akses pengembangan profesional guru di Indonesia. Melalui Guru Binar para guru di seluruh Indonesia dapat menikmati berbagai kelas pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang holistik, terintegrasi dan sistematis serta sesuai dengan kebutuhan yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online (belajar swapacu).

Dengan diselenggarakannya program ini, diharapkan tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, tetapi juga membekali para calon lulusan baik dari jenjang SMK maupun universitas dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni sehingga mampu bersaing di lapangan kerja dan menjadi profesional yang handal.

Sumber dan referensi :


Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.