Unduh Aplikasi Guru Binar
EDUKASI
Author : Zemy Nur Putri
Editor : Zemy Nur Putri

Yuk Kenalan dengan Guru Binar!


Selamat Datang di Guru Binar

Guru Binar merupakan sebuah pelantar pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang holistik, fleksibel, terintegrasi dan sistematis, yang bertujuan untuk meningkatkan akses pelatihan guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, serta disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Saat ini Guru Binar menyediakan terdapat 3 program kelas pelatihan, yang pertama adalah program kelas Guru Berkarya dengan durasi 3 JP (jam pelajaran) yang bersifat praktis dan aplikatif, serta berfokus pada satu keterampilan sesuai dengan beragam mata pelajaran. Kedua, program Guru Merdeka yang berdurasi 10 dan 12 jam pelajaran dengan berfokus pada topik-topik tertentu dengan beragam mata pelajaran dan atau variasi keterampilan pedagogis yang mendukung performa dan kinerja guru. Selanjutnya program Guru Trasnformatif dengan durasi 32 JP (jam pelajaran) yang menekankan pada beberapa keterampilan dalam satu atau lebih mata pelajaran yang disusun untuk program tertentu.

Selain program kelas pelatihan, Guru Binar juga menyediakan Kelas Kolaborasi. Program ini merupakan program kelas khusus yang berkolaborasi dengan berbagai institusi dalam penyajian kelas-kelas pelatihan. Sehingga hanya sebagian pengguna saja yang dapat mengakses kelas ini menggunakan kode unik.

Untuk mengoptimalkan kelas-kelas pelatihan, Guru Binar mengadakan beragam program-program pendukung lainnya seperti webinar, live coaching, dan sharing session. Setiap pelatihan dari Guru Binar tentunya didampingi oleh fasilitator yang sangat berpengalaman dibidangnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Guru Binar telah mengintegrasikan gamifikasi dalam sistem pelatihannya. Guru Binar tidak hanya hadir dengan tampilan visual animasi saja namun juga beberapa hal seperti; memberikan badges (lencana) terhadap pencapaian yang diraih, adanya skenario dalam perjalanan pelatihan, jenjang pelatihan yang disusun sedemikian rupa sehingga setiap penggunanya dapat melihat dan memantau perkembangannya, dan yang terakhir adalah tampilan leaderboard yang berguna untuk menunjukan performa setiap pengguna.

Hal utama dari integrasi sistem ini telah dirancang sedemikian rupa agar proses pelatihan guru terasa menyenangkan dan membantu pengguna lebih fokus dan memahami materi yang sedang dipelajari. Sebagai platform pertama yang mengintegrasikan sistem gamifikasi dalam pelatihan, Guru Binar berharap dapat meningkatkan motivasi guru dalam belajar demi meningkatkan kompetensinya agar terciptanya lulusan Indonesia yang berkualitas.

Nama Guru Binar mencerminkan seorang guru yang antusias, kreatif, adaptif, dan pembelajar sepanjang hayat yang senantiasa berkontribusi dalam sebuah komunitas pembelajar professional yang saling mendukung.

Mari bergabung dan dapatkan pembelajaran bermakna bersama Guru Binar. We listen to teachers deliver knowledge and services they trust and value.

Sumber dan referensi :

-

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.