Author : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd
Editor : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd
soal pkn
PEMERINTAH
KOTA BALIKPAPAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 007 BALIKPAPAN BARAT
Jl. Asrama Bukit Rt. 011 No. 36 Kec.
Balikpapan Barat BALIKPAPAN
PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Tema : Indahnya Kebersamaan
Hari/Tanggal : Senin, 21-9-2020
Selalu Berhemat Energi Waktu :
08.00 - 09.30
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas : IV (Empat)
KD
3.4
1. Sikap pada gambar di samping
dapat menumbuhkan
rasa.
. . .
a. perbedaan
b. kesatuan
c. permusuhan
d. pertengkaran
2. Sikap
berikut yang dapat merusak persatuan dan kesatuan adalah . . . .
a. gotong
royong
b. rela
berkorban
c. mementingkan
kepentingan pribadi di atas kepentingan umum
d. saling
menghargai walaupun berbeda
3. Gambar
di samping menunjukkan sikap . . . terhadap
orang lain.
a. takut
b. berani
c. peduli
d. sombong
4. Kegiatan
berikut yang menunjukkan kerja sama dalam keberagaman adalah . . . .
a. mencuci
baju sendiri
b. mengikuti
kegiatan posyandu
c. membersihkan
halam rumah
d. gotong
royong membangun jembatan
5. Berikut
ini yang merupakan bentuk kerja sama di masyarakat adalah . . . .
a. bekerja
sama mengerjakan soal-soal ujian
b. gotong
royong membangun pos ronda
c. mengerjakan
tugas kelompok
d. membersihkan
halam rumah sendiri
6. Saat
sedang bermain, kamu mendengar suara adzan. Ada temanmu yang beragama Islam.
Sikapmu sebaiknya . . . .
a. membiarkannya
b. berpura-pura
tidak mendengar
c. mengingatkan
temanmu untuk sholat
d. mengajak
temanmu yang beragam islam terus bermain
7. Jawa,
Sunda, Badui, dan Batak merupakan bentuk keragaman . . . di Indonesia
a. seni
b. tarian
c. agama
d. suku
bangsa
8. Berikut
ini yang merupakan sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat
adalah . . . .
a. menolong
orang yang sedang kesusahan agar diberi imbalan
b. bergaul
dengan siapa saja dengan curiga
c. selalu
berbuat kebaikan kepada semua orang
d. tidak
mau menolong sesama manusia
9. Orang
yang tidak mau bekerja sama berarti memiliki sikap . . . .
a. putus
asa
b. toleransi
c. tidak
peduli
d. tenggang
rasa
10. Berikut
ini manfaat dari kerja sama adalah . . . .
a. membuat
pekerjaan lebih lama selesai
b. memupuk
sifat mementingkan diri sendiri
c. meningkatkan
penghargaan terhadap kelompok tertentu
d. menciptakan
kepedulian terhadap sesama
11. Contoh kerjasama di
lingkungan sekolah adalah . . . .
a. mengerjakan pr
b. mengerjakan ulangan
c. menyapu halaman dan membersihkan selokan
bersama-sama
d. membeli jajan di kantin
12. Dina
teman sekelas Ayu. Dina berbeda suku dengan Ayu. Kemarin Dina tertimpa musibah.
Dina membutuhkan bantuan. Tindakan yang harus dilakukan Ayu adalah . . . .
a. tidak
perlu membantu dina karena berbeda suku
b. membantu
dina meski berbeda suku
c. menyuruh
teman sesuku dina agar membantu dina
d. menyuruh
teman sekelasnya untuk tidak membantu dina
13. Kelebihan
dari mengutamakan persatuan dalam keberagaman adalah. . . .
a. terciptanya
suasana aman, damai, dan tentram
b. terjadi
perselisihan antar sesama
c. masyarakat
mementingkan kepentingan pribadi
d. perilaku
toleransi tidak dapat tercipta
KD 3.2
14. Segala
sesuatu yang harus dilaksanakan disebut. . . .
a. hak
b. pelajaran
c. kewajiban
d. ketentuan
15. Hak
setiap orang terhadap sumber energi yang ada disekitarnya adalah . . . .
a. menghamburkan
energi
b. membuang-buang
energi
c. membiarkannya
tidak terpakai
d. mengelolanya
dengan bijaksana
16. Berikut
ini contoh hak terhadap air bersih adalah. . . .
a. menggunakan
air secara hemat dan bijaksana
b. mematikan
kran air saat tidak dipakai
c. mendapat
air bersih yang bebas dari pencemaran air
d. tidak
melalukan pencemaran air
17. Pelaksanaan
hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara . . . .
a. bebas
b. seimbang
c. sepihak
d. apa
adanya
18. Berikut
ini yang merupakan kewajiban penghematan energi listrik adalah. . . .
a. mematikan
lampu di siang hari
b. mendengarkan
radio sambil tidur
c. menghidupkan
kompor sepanjang hari
d. menghidupkan
AC saat ruangan kosong
19. Dengan
menghemat kertas, kita sekaligus mengurangi . . . .
a. polusi
udara
b. pencemaran
air
c. penebangan
pohon
d. pendapatan
toko alat tulis
20. Banu
melihat kipas angin menyala tanpa adaa yang menggunakannya. Tindakan yang harus
Banu lakukan adalah. . . .
a. membiarkan
kipas angin tetap menyala
b. mematikan
kipas angin
c. melihatnya
saja
d. tidak
peduli
21. Salah
satu kewajiban saat kita memanfaatkan kertas adalah. . . .
a. menggunakannya
untuk menulis
b. menggunakannya
untuk bermain pesawat
c. menggunakannya
dalam setiap kegiatan
d. menyimpan
kertas dengan rapi di dalam tas
22. Hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak
dapat . . . .
a. dipisahkan
b. disatukan
c. digabungkan
d. diikat kembali
23. Beni
mempunyai hak mendapat penerangan yang cukup saat belajar. Kewajiban Beni
adalah. . . .
a. malas
belajar
b. berbicara
sopan kepada orangtua
c. memberi
salam saat berangkat sekolah
d. mematikan
lampu belajar setelah selesai digunakan
24. Berikut
ini yang benar mengenai hak dan kewajiban adalah. . . .
a. setiap
orang tidak memiliki hak dan kewajiban
b. hak
harus didahulukan daripada kewajiban
c. hak
dan kewajiban harus dilakukan dengan seimbang
d. hak
lebih penting daripada kewajiban
25. Akibat
tidak menerapkan hemat energi listrik di lingkungan rumah adalah. . . .
a. mendapat
pujian tetangga
b. pengeluaran
biaya listrik berkurang
c. menambah
biaya listrik bulanan
d. mendapat
penghargaan
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.