Author : Erlina Megawati Aji,S.Pd
Editor : Erlina Megawati Aji,S.Pd
SOAL PAS TEMA 1
SD …………… |
Nama : |
|
PENILAIAN AKHIR SEMESTER |
||
TAHUN PELAJARAN 2020/2021 |
No.
Absen : |
|
Mata Pelajaran |
: Tema 1 (Subtema 1, 2 dan
3) |
|
Kelas |
: IV (Empat) |
Nilai : |
Waktu |
: 90 menit |
|
Tanggal |
: |
I.
Berikan
tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1.
Sebutkan suku yang terkenal di Indonesia, kecuali
….
a. Suku sunda |
c. Suku maya |
b. Suku batak |
d. Suku jawa |
2. Tari
bungong jeumpa merupakan tarian daerah yang berasal dari …..
a. Aceh |
c. Sumatera Barat |
b. Sumatera Utara |
d. Riau |
3.
Manfaat apa yang didapat pada kegiatan berikut, kecuali ……
a. Meringankan pekerjaan |
c. Menjalin persatuan dan persatuan |
b. Menjalin hubungan kekeluargaan |
d. Meguras tenaga dan pikiran |
4. Berikut
bukan sikap terhadap teman yang berbeda suku adalah …..
a.
Saling menghargai |
c. Bekerjasama dalam kebaikan |
b. Saling menolong |
d. Saling membedakan |
5.
Gambar berikut merupakan rumah adat masyarakat provinsi
Maluku yang bernama .........
a. Rumah Gadang |
c. Rumah Panggung |
b. Rumah Baileo |
d. Rumah Joglo |
6. Apa yang
harus kita lakukan terhadap sumber daya alam kita yang tidak dapat
diperbaharui?
a. Menggunakan berlebihan |
c. Menghemat dan melestarikan |
b. Menghabiskan selagi masih ada |
d. Digunakan sembarangan |
7.
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal
dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan
masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa. Tarian ini dibawakan oleh
para penari wanita dengan berbusana adat dan menari dengan gerakannya yang khas
serta memainkan kipas sebagai atribut menarinya.
Apa gagasan
pokok paragraf pertama dari teks diatas?
a. Para penari wanita dengan
berbusana adat dan menari dengan gerakannya yang khas |
c. Tarian yang sudah menjadi tradisi
di kalangan masyarakat Gowa |
b. Para penari wanita dengan
berbusana adat dan menari dengan gerakannya yang khas |
d. Tari Kipas Pakarena merupakan
kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan |
8.
Kalimat penjelas dalam sebuah paragraf untuk menjelaskan
kalimat utama disebut juga …..
a. Gagasan pokok |
c. Ide pokok |
b. Gagasan pendukung |
d. Kalimat utama |
9. Unsur yang
terdapat pada suatu paragraf, kecuali ….
a. Kalimat Utama |
c. Topik |
b. Kalimat Pendukung |
d. Daftar Isi |
10. Jenis
paragraf berdasarkan gagasan pokok, kecuali …..
a. Paragraf Induktif |
c. Paragraf Deduktif |
b. Paragraf Konduktif |
d. Paragraf Campuran |
11. Berikut
agama yang di akui menurut peraturan di Indonesia, kecuali …..
a. Islam |
c. Budha |
b. Hindu |
d. Arteis |
12. Contoh
seni kebudayaan suku jawa, yaitu …..
a. Kecak |
c. Tarian payung |
b. Jathilan |
d. Tradisi tiwah |
13. Rumah adat
dari Jawa Tengah adalah ...
a. Rumah Tongkonan |
c. Rumah Gadang |
b. Rumah Joglo |
d. Rumah Lamin |
14. Suku asli
yang berasal dari daerah Kalimantan, ciri khasnya memakai manik manik dan tato
di tubuhnya yang melambangkan tradisi disebut …..
a. Suku Banjar |
c. Suku Kutai |
b. Suku Dayak |
d. Suku Bajau |
15. Pakaian
adat yang identik dengan atribut keris, surjan dan blankon merupakan pakaian
adat yang berasal dari …
a. Yogyakarta |
c. Medan |
b. Jakarta |
d. Bali |
16. Berikut yang
merupakan sumber bunyi yang ada dirumah adalah …..
a. Meja |
c. Bel rumah |
b. Tembok |
d. Pintu |
17. Bagian-bagian
telinga berikut kecuali ……
a. Telinga depan |
c. Telinga tengah |
b. Telinga luar |
d. Telinga dalam |
18. Bagian
telinga yang berperan menangkap getaran yaitu ….
a. Gendang Telinga |
c. Koklea |
b. Membran Tifani |
d. Saluran Eustachius |
19. Pemantulan
bunyi yang diterima oleh pendengar beberapa saat setelah bunyi langsung disebut
….
a. Gaung |
c. Backsound |
b. Gema |
d. Refleksi suara |
20. Benda
berikut dapat menyerap bunyi, kecuali …..
a. Busa |
c. Kain karpet |
b. Gabus |
d. Kertas |
II. Isilah titik titik dengan jawaban yang tepat !
1.
Bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah?
2.
Sebutkan manfaat kerjasama !
3.
Apa manfaat dari kegiatan diskusi / musyawarah?
4.
Sebutkan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf
dibawah !
Rumah Adat
Joglo merupakan rumah adat yang berasal dari suku jawa yang kebanyakan bermukim
di Jawa Tengah , dan Jawa Timur , dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketiga
provinsi ini memiliki budaya yang hampir sama juga bangunan rumah adat yang
hampir mirip satu sama lainnya . Rumah joglo dari Jawa tengah terkenal dengan
gaya arsitekturnya yang unik dan sarat akan nilai filosofis tentang pola
tingkah laku manusia dalam bermasyarakat , bahkan setiap sudut ruangan dan
bentuk rumah ini memiliki makna tersendiri yang membuatnya semakin unik dan
istimewa .
Panjang
garis pantai kabupaten yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar
175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil
ikan laut terbesar setelah Bagan Siapiapi. Dan bahkan, hingga kini masih terus
mendominasi hasil perikanan di Indonesia, baik perikanan tangkap maupun
industri perikanan lainnya. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini telah
berhasil melakukan ekspor hingga ke 18 negara.Sistem pengalengan sudah cukup
maju. Ditambah lagi industri besar di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi terus
berkembang. Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap
yang konsisten, yaitu sebesar 31.600 ton pada 2011 dan naik cukup besar menjadi
44.570 ton pada tahun berikutnya.Pada tahun 2013, produksi ikan tangkap
Banyuwangi mencapai 49.539 ton, dengan jenis ikan tangkap terbanyak adalah ikan
layang dan lemuru. Dalam bidang perikanan, Bayuwangi menyerap banyak tenaga
kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.
Ide pokok pada bacaan diatas adalah?
5. Ujian Sekolah telah usai, kini hasil ujian siswa dibagikan.
Dalam deretan daftar mahasiswa yaitu Heri, Udin, Alan dan Nana mendapatkan
nilai yang memuaskan yaitu mendapatkan nilai 10 untuk mata pelajaran
Matematika.
Sedangkan untuk siswa lain kebanyakan hanya mendapatkan
nilai 70-90 dan hanya satu orang yang mendapat nilai kurang dari 70. Dari
keseluruhan nilai mata pelajaran Matematika dapat disimpulkan bahwa siswa cukup
bagus dalam mengerjakan soal Matematika.
Apa
gagasan pokok dalam bacaan diatas?
6.
Sebutkan contoh kerjasama dalam keberagaman di
lingkungan masyarakat!
7.
Gambar diatas merupakan budaya masyarakat Nias yang disebut
…..
8. Bunyi
tidak bisa merambat pada …..
9.
Jelaskan proses terjadinya pendengaran !
10. Sebutkan
macam-macam bunyi pantul!
KUNCI JAWABAN
I.
1 |
C |
6 |
C |
11 |
D |
16 |
C |
2 |
A |
7 |
D |
12 |
B |
17 |
A |
3 |
D |
8 |
B |
13 |
B |
18 |
B |
4 |
D |
9 |
D |
14 |
B |
19 |
B |
5 |
B |
10 |
B |
15 |
A |
20 |
D |
II.
1.
Menjaga, merawat dan melestarikannya
2.
Manfaat kejasama :
·
Menumbuhkan semangat persatuan
·
Melatih sikap sosial bermasayarakat
·
Suatu pekerjaan menjadi lebih efektif dan ringan
3.
Manfaaf musyawarah yaitu :
·
Pelaksanaan sikap demokrasi
·
Pengujian sikap toleransi
·
Pengembangan kebebasan pribadi
·
Pengembangan latihan berfikir
·
Penambahan pengetahuan dan pengalaman
4. Gagasan
Pokok : Rumah Adat Joglo
Gagasan
Pendukung: Terletak di Jawa Tengah, Jawa Timur Dan DIY, Mempunyai keunikan
tersendiri
5. Siswa
cukup bagus dalam mengerjakan soal Matematika
6.
Gotong royong membersihkan lingkungan masyarakat, Ronda
7.
Fahombo Batu atau lompat batu
8. Ruangan
hampa
9. Proses
terjadinya pendengaran :
a)
Gelombang Suara masuk melalui telinga luar
b)
Masuk ke membran timpani
c)
Membran Timpani mengubah gelombang suara menjadi getaran
d)
Getaran Diteruskan ke Koklea (Rumah Siput)
e)
Getaran membuat cairan di rumah siput bergerak
f)
Pergerakan cairan merangsang berbagai reseptor rambut di
koklea (rumah siput)
g)
Sel rambut akan bergetarà Getaran akan dikirim melalui saraf
sensoris menuju otak dalam bentuk impuls
h)
Otak menerima impuls dan menerjemahkannya sebagai suara
10. Macam
bunyi pantul yaitu :
·
Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
·
Gaung
·
Gema
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.