Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan BAHASA
Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD

SILABUS TEMA 1 SUB 4

Tema 1                    : HIDUP RUKUN

Subtema 4              : HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT

 

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Pendidikan Penguatan Karakter

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1.1 Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

2.1.2 Menunjukkan sikap masyarakat yang sesuai dengan sila pertama dan kedua Pancasila.

3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

·         Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

 

•   Menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang sesuai dengan penerapan nilai-nilai  sila Pancasila secara tertulis dan lisan dengan jujur dan percaya diri.

•   Menceritakan kegiatan gotong-royong yang dilakukan di lingkungan rumah dengan percaya diri.

· Religius

· Nasionalis

· Mandiri

· Gotong Royong

· Integritas

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

 

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

 

• kalimat yang berisi penolakan

• hiasan dari bahan alami

• penjumlahan dan pengurangan

• kalimat yang mengandung penolakkan

• pengalaman sila pertama dan kedua Pancasila

• gerak dasar lokomotor melompat

• kalimat yang mengandung penolakan

• ajakan dan penolakan

• pengamalan sila ketiga Pancasila

• kalimat yang mengandung penolakan

• pengamalan sila keempat dan kelima Pancasila

 

Keterampilan

 Praktik/Kinerja

 

• menuliskan kalimat yang mengandung penolakan

• membuat karya hiasan dari bahan alami

• menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan

• menyebutkan kembali kalimat penolakkan

• menceritakan pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila

• mempraktikkan gerak dasar lokomotor melompat

• menulis kalimat berisi penolakan

• menjumlahkan dan mengurangi bilangan secara berurutan

• membuat hiasan dari biji-bijian

• menuliskan kalimat penolakan

• menyelesaikan masalah berkaitan dengan penjumlahan

• mempraktikkan gerak melompat pada permainan

• menceritakan pengamalan sila ketiga Pancasila

• menuliskan kembali kalimat yang mengandung penolakan

• menceritakan pengalaman penerapan sila keempat dan kelima Pancasila

• menyelesaikan masalah sehari-hari degan menggunakan penjumlahan dan pengurangan

24 JP

·      Buku Guru

·      Buku Siswa

·      Internet

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1   Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun .

4.1   Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

3.1.1  Menjelaskan isi teks yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.

4.1.1 Menyebutkan  kalimat penolakan dengan bahasa yang santun.

·         Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

·         Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran  sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis

 

•   Mengidentifikasi kalimat yang menunjukkan ajakan dan kalimat yang menolak ajakan dalam teks wacana dengan teliti dan percaya diri.

•   Mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita dan menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita dengan percaya diri.

•   Menceritakan kembali teks percakapan yang sudah dibaca dan  mencantumkan bagian penolakan ajakan dengan santun.

•   Menunjukkan dan menuliskan   kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan dengan toleransi dan percaya diri.

•   Mencari dan menuliskan kalimat penolakan dan kalimat yang menunjukkan keadilan pada dongeng yang didengarnya dengan teliti.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3.1  Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1  Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional.

4.1.1 Mempraktikkan gerakan melompat ke berbagai arah  sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional.

·         Prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

•       Mengamati gerakan-gerakan melompat  dan meloncat, serta memeragakannya dengan penuh percaya diri.

•       Menyimpulkan isi teks tentang olahraga dengan percaya diri dan tanggung jawab.

Matematika

3.3  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

4.3  Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

3.3.1  Memahami penjumlahan dua bilangan cara panjang dan cara pendek.

3.3.2  Mengetahui Pengurangan dua bilangan dengan dua teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek.

1.3.1     Mepraktikkan penjumlahan dan pengurangan dua biangan dalam kehiduoan sehari-hari.

·         Makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

·         Pertidaksamaan dua bilangan cacah

·         Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan obyek

·         Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

 

•   Membuat hiasan menggunakan bahan baku dari  biji-bijian dan diintegrasikan dengan penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti.

•   Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan  operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.

Seni Budaya dan Prakarya

3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dalam berkarya

4.4 Membuat karya dari bahan alam

3.4.1  Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang berasal dari bahan alami.

3.4.2  Menjelaskan langkah-langkah pembuatan karya hiasan dengan bahan alami.

3.4.3  Mengetahui bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan.

4.4.1 Mempraktikkan pembuatan karya hiasan dengan bahan alami.

·         Karya imajinatif dua dan tiga dimensi

·           Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

·           Gerak keseharian dan alam dalam tari

·           Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya

 

•    Menuliskan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat setiap jenis prakarya dengan tanggung jawab.

•    Membuat hiasan menggunakan bahan baku dari  biji-bijian dan diintegrasikan dengan penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti.

•    Membuat karya kreasi dari biji-bijian dengan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.