Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan BAHASA
Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD

SILABUS TEMA 1 SUB 3

Tema 1                    : HIDUP RUKUN

Subtema 3              : HIDUP RUKUN DI SEKOLAH

 

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Pendidikan Penguatan Karakter

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.1  Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1  Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1  Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-har

3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

·         Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

 

•   Mengamati teks percakapan yang mengandung kalimat perintah sesuai nilai sila-sila Pancasila dengan rasa ingin tahu.

•   Menceritakan kegiatan di sekolah yang menerapkan pengamalan  nilai sila –sila Pancasila dengan percaya diri dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

•   Menuliskan dan menyebutkan  bunyi sila –sila  Pancasila dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

· Religius

· Nasionalis

· Mandiri

· Gotong Royong

· Integritas

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

 

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

 

• kalimat yang mengandung kata perintah

• kalimat matematika tentang masalah penjumlahan

• gerak dasar lokomotor berlari

• pengamalan sila pertama dan sila kedua pada Pancasila

• kata perintah dalam kalimat yang berkaitan dengan hidup rukun

• kalimat matematika tentang pengurangan

• pengurangan dengan cara panjang

• pengurangan dengan cara pendek

• kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan

• penjumlahan dengan cara panjang

• penjumlahan dengan cara pendek

• gerak dasar lokomotor berlari

• penerapan sila ketiga Pancasila

• penerapan sila keempat dan kelima Pancasila

 

Keterampilan

 Praktik/Kinerja

 

• melengkapi kalimat yang mengandung kata perintah

• melakukan penjumlahan dengan cara panjang

• menyebutkan kembali kalimat yang mengandung kata perintah

• mempraktikkan gerak dasar lokomotor berlari berpasangan

• menceritakan pengalaman penerapan sila pertama dan kedua Pancasila

• menyebutkan kembali kalimat yang mengandung kata ajakan

• menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan

• menyebutkan kembali kalimat yang mengandung kata perintah

• menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan

• menulis kalimat menggunakan kata perintah

• melakukan gerak dasar lokomotor berlari

• menceritakan penerapan sila ketiga Pancasila

• menulis kalimat tentang hidup rukun yang mengandung kalimat perintah

• menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat dan kelima Pancasila

• menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.

24 JP

·      Buku Guru

·      Buku Siswa

·      Internet

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.

4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

3.1.1 Menjelaskan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.

4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.

·         Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

·         Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran  sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis

 

•   Membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar percakapan imajinatif dengan percaya diri.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3.1  Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1  Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional.

4.1.1 Mempraktikkan gerakan berlari ke berbagai arah  sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional.

·         Prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

•       Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh yang diberikan guru. Kemudian melakukan permainan tradisional dengan jujur dan percaya diri.

•       Meragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil contoh gerakan bermain layang-layang dengan semangat.

•       Membaca percakapan yang memuat kalimat ajakan dengan cara melakukan gerak dasar lokomotor penuh semangat.

•        Melakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki tanpa hitungan, dilanjutkan gerakan yang    dilakukan dengan hitungan sesuai ajakan teman secara berpasangan dengan penuh semangat.

Matematika

3.3  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

4.3  Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

3.3.1 Memahami kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.

4.3.1 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek dengan benar.

·         Makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

·         Pertidaksamaan dua bilangan cacah

·         Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan obyek

·         Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

 

•   Menyelesaikan  permasalahan dalam kehidupan sehari-hari  terkait dengan operasi hitung penjumlahan cara susun panjang dengan teliti dan percaya diri.

•   Menyelesaikan operasi hitung  penjumlahan dan pengurangan dengan teliti dan percaya diri.

•   Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang memuat penyelesaian operasi hitung pengurangan dengan teliti..

Seni Budaya dan Prakarya

3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi

4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi

3.1.1 Menjelaskan ciri-ciri karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.

3.1.2 Mengkategorikan alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.

4.1.1 Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.

4.1.2 Menggambar Imajinatif  dua dan tiga dimensi berdasarkan pengalaman atau benda yang di lihat.

·         Karya imajinatif dua dan tiga dimensi

·           Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

·           Gerak keseharian dan alam dalam tari

·           Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya

 

•    Mewarnai gambar imajinatif kemudian membuat pertanyaan sesuai gambar dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.