Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
SILABUS TEMA 1 SUB 3
Tema
1 : HIDUP RUKUN
Subtema
3 : HIDUP RUKUN DI SEKOLAH
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Pendidikan
Penguatan Karakter |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli
sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam
kehidupan sehari-hari 3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. 4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang
negara dengan sila-sila Pancasila. |
1.1.1
Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1.1
Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-har 3.1.1
Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila. 4.1.1
Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila. |
·
Hubungan
gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
• Mengamati teks percakapan yang mengandung kalimat perintah
sesuai nilai sila-sila Pancasila dengan rasa ingin tahu. • Menceritakan kegiatan di sekolah yang menerapkan pengamalan nilai sila –sila Pancasila dengan percaya
diri dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. • Menuliskan dan menyebutkan
bunyi sila –sila Pancasila
dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. |
·
Religius ·
Nasionalis ·
Mandiri ·
Gotong
Royong ·
Integritas |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung
Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama
Jurnal: • Catatan
pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari
orang lain
Penilaian Diri: • Peserta didik
mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah
Pengetahuan Tes tertulis
• kalimat yang
mengandung kata perintah • kalimat
matematika tentang masalah penjumlahan • gerak dasar
lokomotor berlari • pengamalan
sila pertama dan sila kedua pada Pancasila • kata perintah
dalam kalimat yang berkaitan dengan hidup rukun • kalimat
matematika tentang pengurangan • pengurangan
dengan cara panjang • pengurangan
dengan cara pendek • kalimat
matematika yang berkaitan dengan penjumlahan • penjumlahan
dengan cara panjang • penjumlahan
dengan cara pendek • gerak dasar
lokomotor berlari • penerapan
sila ketiga Pancasila • penerapan
sila keempat dan kelima Pancasila
Keterampilan Praktik/Kinerja
• melengkapi
kalimat yang mengandung kata perintah • melakukan
penjumlahan dengan cara panjang • menyebutkan
kembali kalimat yang mengandung kata perintah • mempraktikkan
gerak dasar lokomotor berlari berpasangan • menceritakan
pengalaman penerapan sila pertama dan kedua Pancasila • menyebutkan
kembali kalimat yang mengandung kata ajakan • menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan • menyebutkan
kembali kalimat yang mengandung kata perintah • menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan • menulis kalimat
menggunakan kata perintah • melakukan gerak
dasar lokomotor berlari • menceritakan
penerapan sila ketiga Pancasila • menulis kalimat
tentang hidup rukun yang mengandung kalimat perintah • menceritakan
pengalaman menerapkan sila keempat dan kelima Pancasila • menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan. |
24
JP |
·
Buku
Guru ·
Buku
Siswa ·
Internet ·
Lingkungan |
Bahasa
Indonesia |
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap
hidup rukun. 4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun |
3.1.1 Menjelaskan
isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun. 4.1.1 Melengkapi
kalimat perintah dengan bahasa yang santun. |
·
Ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun ·
Budaya
santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
|
• Membuat kalimat perintah sesuai dengan
gambar percakapan imajinatif dengan percaya diri. |
||||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
3.1.1 Menjelaskan
prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional. 4.1.1
Mempraktikkan gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional. |
·
Prosedur
gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
• Mengamati
gambar dan meragakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh yang diberikan guru.
Kemudian melakukan permainan tradisional dengan jujur dan percaya diri. • Meragakan
gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil contoh
gerakan bermain layang-layang dengan semangat. • Membaca
percakapan yang memuat kalimat ajakan dengan cara melakukan gerak dasar
lokomotor penuh semangat. • Melakukan gerakan kepala, tangan, dan
kaki tanpa hitungan, dilanjutkan gerakan yang dilakukan dengan hitungan sesuai ajakan
teman secara berpasangan dengan penuh semangat. |
||||
Matematika |
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. 4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. |
3.3.1 Memahami
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan
benar. 4.3.1 Melakukan
penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara
pendek dengan benar. |
·
Makna
bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara membacanya ·
Pertidaksamaan
dua bilangan cacah ·
Bilangan cacah yang
bersesuaian dengan kumpulan obyek ·
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan
dan pengurangan
|
• Menyelesaikan
permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan operasi hitung penjumlahan
cara susun panjang dengan teliti dan percaya diri. • Menyelesaikan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan dengan teliti dan percaya diri. • Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang
memuat penyelesaian operasi hitung pengurangan dengan teliti.. |
||||
Seni Budaya dan
Prakarya |
3.1 Mengenal
karya ekspresi dua dan tiga dimensi 4.1 Membuat karya
ekspresi dua dan tiga dimensi |
3.1.1 Menjelaskan
ciri-ciri karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi. 3.1.2
Mengkategorikan alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi. 4.1.1 Mengetahui
cara menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi. 4.1.2 Menggambar
Imajinatif dua dan tiga dimensi
berdasarkan pengalaman atau benda yang di lihat. |
·
Karya imajinatif dua dan tiga dimensi ·
Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak ·
Gerak keseharian dan alam dalam tari ·
Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
• Mewarnai gambar imajinatif kemudian membuat pertanyaan sesuai
gambar dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. |
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2
……………………………… NIP…………………………. |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Akar Bahasa Indonesia adalah Bahasa Melayu Sambas
Guru Binar Menggandeng Berbagai Universitas dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja
Kolaborasi Beasiswa Guru Binar dan Education New Zealand, Bantu Felix Eksplorasi Media Pembelajaran
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.