Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
SILABUS TEMA 1 SUB 1
SILABUS
TEMATIK KELAS II
Tema
1 : HIDUP RUKUN
Subtema
1 : HIDUP RUKUN DI RUMAH
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Pendidikan
Penguatan Karakter |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli
sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam
kehidupan sehari-hari 3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. 4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang
negara dengan sila-sila Pancasila. |
1.1.1
Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1.1
Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila
Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari 3.1.1
Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila. 4.1.1
Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila |
·
Hubungan
gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
• Menyimak penjelasan guru terkait hubungan gambar (simbol
sila-sila Pancasila) pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila rasa
ingin tahu dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. • Mengamati gambar keluarga yang sedang beribadah, kemudian
mendiskusikan gambar yang diamati sesuai sila–sila Pancasila dengan sikap toleransi. • Menceritakan pengalaman dalam menerapkan nilai sila-sila
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. • Membaca teks terkait penerapan nilai-nilai sila Pancasila dan
menceritakan kembali isinya dengan percaya diri. |
·
Religius ·
Nasionalis ·
Mandiri ·
Gotong
Royong Integritas |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung
Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama
Jurnal: • Catatan
pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari
orang lain
Penilaian Diri: • Peserta didik
mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah
Pengetahuan Tes tertulis
• Memahami
ungkapan dalam teks cerita • mengetahui
bilangan cacah sampai 999 dan lambangnya • mengetahui
panjang dan pendek bunyi pada lagu anak (pola irama) • memahami
ungkapan dalam teks cerita atau lagu yang berkaitan dengan hidup rukun • mengetahui
simbol dari sila-sila pada Pancasila • mengetahui
pengamalan sila pertama Pancasila di rumah • mengetahui
pengamalan sila kedua Pancasila di rumah • memahami
gerak dasar lokomotor • mengetahui
ungkapan dalam teks lagu yang berhubungan dengan hidup rukun • memahami
bilangan cacah sampai 999 • memahami
panjang pendek bunyi pada lagu • mengetahui
kuat lemah bunyi pada lagu • mengetahui
ungkapan dalam teks cerita atau lagu berkaitan dengan hidup rukun • mengetahui
bilangan cacah sampai 999 • panjang
pendek bunyi pada lagu anak • kuat lemah
bunyi pada lagu anak • ungkapan
dalam teks cerita atau lagu anak berkaitan dengan hidup rukun • gerak dasar
lokomotor • penerapan
sila ketiga Pancasila ungkapan dalam teks cerita atau lagu anak • bilangan
cacah sampai 999 • penerapan
sila keempat dan sila kelima Pancasila
Keterampilan Praktik/Kinerja
• menyebutkan
kembali ungkapan dalam teks cerita • membaca lambang
bilangan sampai 999 •
memainkan/menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak • menyebutkan
kembali ungkapan dalam teks atau lagu • memasangkan
simbol dari sila-sila pada Pancasila • menceritakan
pengalaman penerapan sila pertama Pancasila di rumah • menceritakan
pengalaman penerapan sila kedua Pancasila di rumah • melatih
ungkapan yang terdapat pada teks cerita atau lagu dengan bahasa santun • membaca lambang
bilangan • menyanyikan
lagu anak dengan memperhatikan panjang pendek dan kuat lemah bunyi pada lagu • melatih
ungkapan yang terdapat pada teks cerita dengan bahasa yang santun • menuliskan
bilangan tiga angka dengan memperhatikan nilai tempat • menyanyikan
lagu anak dengan memperhatikan panjang pendek bunyi dan kuat lemah bunyi pada
lagu • menggunakan
ungkapan dalam kalimat yang berkaitan dengan hidup rukun • melakukan gerak
lokomotor dalam permainan • menceritakan
pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila • menggunakan
ungkapan dalam bentuk kalimat sederhana • membaca lambang
bilangan cacah • menuliskan
bilangan yang terdiri dari tiga angka
|
24
JP |
·
Buku
Guru ·
Buku
Siswa ·
Internet ·
Lingkungan |
Bahasa
Indonesia |
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun 4.1 Menirukan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan
bahasa yang santun |
3.1.1 Membedakan
ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks
cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun 4.1.1
Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun |
·
Ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun ·
Budaya
santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
|
• Menyimak teks tentang hidup rukun yang
dibacakan guru lalu menyebutkan
ungkapan yang ada di dalamnya dengan toleransi dan tanggung jawab. • Membaca teks percakapan terkait dengan hidup
rukun dan memerankannya dengan teman dilandasi sikap toleransi dan percaya
diri. • Menuliskan kembali isi cerita yang sudah
dibaca dilanjutkan dengan mengamati pengelompokan gambar buku yang
menunjukkan nilai tempat bilangan serta menyelesaikan operasi hitung bilangan
cacah tiga angka secara teliti dan percaya diri. • Mencari ungkapan di dalam syair lagu
“Peramah dan Sopan” dan menjelaskan artinya dengan penuh tanggung jawab. • Membaca teks percakapan tentang sikap sopan
yang dapat memelihara kerukunan bersama teman sebangku dengan penuh toleransi
dan percaya diri. |
||||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional |
3.1.1 Menjelaskan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.1.1 melakukan gerak dasar berjalan dalam
permainan sederhana dengan benar. |
·
Prosedur
gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
• Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berjalan dengan
rasa ingin tahu. |
||||
Matematika |
3.1 Menjelaskan
makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat
dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya 4.1 Membaca dan
menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret |
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah. 3.1.2 Menyebutkan kumpulan objek dengan bilangan
sampai dengan 999 dengan benar. 4.1.1 Membaca lambang bilangan sampai dengan
999 dengan tepat. |
·
Makna
bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara membacanya ·
Pertidaksamaan
dua bilangan cacah ·
Bilangan cacah yang
bersesuaian dengan kumpulan obyek ·
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
|
• Membaca bilangan tiga angka, menuliskan lambangnya, dan
menentukan nilai tempatnya dengan teliti • Mengamati bungkus makanan/ tiket/karcis lalu membaca angka yang
tertera kemudian menuliskan sesuai dengan nilai tempat dengan kerjasama.. |
||||
Seni Budaya dan
Prakarya |
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu 4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu |
3.2.1 Mengetahui panjang pendek bunyi pada lagu
anak 4.2.1 menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu
anak dengan tepat. |
·
Karya imajinatif dua dan tiga dimensi ·
Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak ·
Gerak keseharian dan alam dalam tari ·
Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
• Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan terkait hidup rukun sesuai
pola irama secara bersama-sama dengan
percaya diri. • Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
dengan gerak tubuh sesuai irama penuh semangat. • Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berlari
dilanjutkan dengan melakukan permainan
tradisional penuh tanggung jawab |
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2
……………………………… NIP…………………………. |
Sumber dan referensi :
SILABUS KELAS 2
Postingan Terkait
Akar Bahasa Indonesia adalah Bahasa Melayu Sambas
Guru Binar Menggandeng Berbagai Universitas dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja
Kolaborasi Beasiswa Guru Binar dan Education New Zealand, Bantu Felix Eksplorasi Media Pembelajaran
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.