Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan BAHASA
Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD

SILABUS TEMA 1 SUB 1

SILABUS TEMATIK KELAS II

 

Tema 1                    : HIDUP RUKUN

Subtema 1              : HIDUP RUKUN DI RUMAH

 

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Pendidikan Penguatan Karakter

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.1  Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1  Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1  Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila

·         Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

 

•   Menyimak penjelasan guru terkait hubungan gambar (simbol sila-sila Pancasila) pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila rasa ingin tahu dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

•   Mengamati gambar keluarga yang sedang beribadah, kemudian mendiskusikan gambar yang diamati sesuai sila–sila Pancasila  dengan sikap toleransi.

•   Menceritakan pengalaman dalam menerapkan nilai sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

•   Membaca teks terkait penerapan nilai-nilai sila Pancasila dan menceritakan kembali isinya dengan percaya diri.

· Religius

· Nasionalis

· Mandiri

· Gotong Royong

Integritas

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

 

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

 

• Memahami ungkapan dalam teks cerita

• mengetahui bilangan cacah sampai 999 dan lambangnya

• mengetahui panjang dan pendek bunyi pada lagu anak (pola irama)

• memahami ungkapan dalam teks cerita atau lagu yang berkaitan dengan hidup rukun

• mengetahui simbol dari sila-sila pada Pancasila

• mengetahui pengamalan sila pertama Pancasila di rumah

• mengetahui pengamalan sila kedua Pancasila di rumah

• memahami gerak dasar lokomotor

• mengetahui ungkapan dalam teks lagu yang berhubungan dengan hidup rukun

• memahami bilangan cacah sampai 999

• memahami panjang pendek bunyi pada lagu

• mengetahui kuat lemah bunyi pada lagu

• mengetahui ungkapan dalam teks cerita atau lagu berkaitan dengan hidup rukun

• mengetahui bilangan cacah sampai 999

• panjang pendek bunyi pada lagu anak

• kuat lemah bunyi pada lagu anak

• ungkapan dalam teks cerita atau lagu anak berkaitan dengan hidup rukun

• gerak dasar lokomotor

• penerapan sila ketiga Pancasila

 ungkapan dalam teks cerita atau lagu anak

• bilangan cacah sampai 999

• penerapan sila keempat dan sila kelima Pancasila

 

Keterampilan

 Praktik/Kinerja

 

• menyebutkan kembali ungkapan dalam teks cerita

• membaca lambang bilangan sampai 999

• memainkan/menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak

• menyebutkan kembali ungkapan dalam teks atau lagu

• memasangkan simbol dari sila-sila pada Pancasila

• menceritakan pengalaman penerapan sila pertama Pancasila di rumah

• menceritakan pengalaman penerapan sila kedua Pancasila di rumah

• melatih ungkapan yang terdapat pada teks cerita atau lagu dengan bahasa santun

• membaca lambang bilangan

• menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang pendek dan kuat lemah bunyi pada lagu

• melatih ungkapan yang terdapat pada teks cerita dengan bahasa yang santun

• menuliskan bilangan tiga angka dengan memperhatikan nilai tempat

• menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang pendek bunyi dan kuat lemah bunyi pada lagu

• menggunakan ungkapan dalam kalimat yang berkaitan dengan hidup rukun

• melakukan gerak lokomotor dalam permainan

• menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila

• menggunakan ungkapan dalam bentuk kalimat sederhana

• membaca lambang bilangan cacah

• menuliskan bilangan yang terdiri dari tiga angka

 

24 JP

·      Buku Guru

·      Buku Siswa

·      Internet

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

·         Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

·         Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran  sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis

 

•   Menyimak teks tentang hidup rukun yang dibacakan guru lalu   menyebutkan ungkapan yang ada di dalamnya dengan toleransi dan tanggung jawab.

•   Membaca teks percakapan terkait dengan hidup rukun dan memerankannya dengan teman dilandasi sikap toleransi dan percaya diri.

•   Menuliskan kembali isi cerita yang sudah dibaca dilanjutkan dengan mengamati pengelompokan gambar buku yang menunjukkan nilai tempat bilangan serta menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah tiga angka secara teliti dan percaya diri. 

•   Mencari ungkapan di dalam syair lagu “Peramah dan Sopan” dan menjelaskan artinya dengan penuh tanggung jawab.

•   Membaca teks percakapan tentang sikap sopan yang dapat memelihara kerukunan bersama teman sebangku dengan penuh toleransi dan percaya diri.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3.1  Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

4.1  Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.1.1  Menjelaskan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.1.1  melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.

·         Prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

•       Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berjalan dengan rasa ingin tahu.

Matematika

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret

3.1.1  Memahami makna bilangan cacah.

3.1.2  Menyebutkan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.

4.1.1     Membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.

·         Makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

·         Pertidaksamaan dua bilangan cacah

·         Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan obyek

·         Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

 

•   Membaca bilangan tiga angka, menuliskan lambangnya, dan menentukan nilai tempatnya dengan teliti

•   Mengamati bungkus makanan/ tiket/karcis lalu membaca angka yang tertera kemudian menuliskan sesuai dengan nilai tempat dengan kerjasama..

Seni Budaya dan Prakarya

3.2  Mengenal elemen musik melalui lagu

4.2  Menirukan elemen musik melalui lagu

3.2.1  Mengetahui panjang pendek bunyi pada lagu anak

4.2.1  menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

·         Karya imajinatif dua dan tiga dimensi

·           Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

·           Gerak keseharian dan alam dalam tari

·           Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya

 

•      Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan terkait hidup rukun sesuai pola irama secara  bersama-sama dengan percaya diri.

•      Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak dengan gerak tubuh sesuai irama penuh semangat.

•    Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berlari dilanjutkan  dengan melakukan permainan tradisional penuh tanggung jawab

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 

 

 

 

 

Sumber dan referensi :

SILABUS KELAS 2

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.