Author : Sri Retno Sulistyarini,S.Pd.SD
Editor : Sri Retno Sulistyarini,S.Pd.SD
SILABUS KELAS 2
Tema 1 : HIDUP RUKUN
Subtema
4 : HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Pendidikan
Penguatan Karakter |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.1 Menerima
hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi
kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1 Bersikap
bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang
negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari 3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila. 4.1 Menjelaskan
hubungan gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila. |
1.1.1
Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.1.1
Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila
Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari 2.1.2
Menunjukkan sikap masyarakat yang sesuai dengan sila pertama dan kedua
Pancasila. 3.1.1
Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila. 4.1.1
Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila. |
·
Hubungan
gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
• Menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang sesuai
dengan penerapan nilai-nilai sila
Pancasila secara tertulis dan lisan dengan jujur dan percaya diri. • Menceritakan kegiatan gotong-royong yang dilakukan di lingkungan
rumah dengan percaya diri. |
·
Religius ·
Nasionalis ·
Mandiri ·
Gotong
Royong ·
Integritas |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung
Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama
Jurnal: • Catatan
pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari
orang lain
Penilaian Diri: • Peserta didik
mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah
Pengetahuan Tes tertulis
• kalimat yang
berisi penolakan • hiasan dari
bahan alami • penjumlahan
dan pengurangan • kalimat yang
mengandung penolakkan • pengalaman
sila pertama dan kedua Pancasila • gerak dasar
lokomotor melompat • kalimat yang
mengandung penolakan • ajakan dan
penolakan • pengamalan
sila ketiga Pancasila • kalimat yang
mengandung penolakan • pengamalan
sila keempat dan kelima Pancasila
Keterampilan Praktik/Kinerja
• menuliskan
kalimat yang mengandung penolakan • membuat karya
hiasan dari bahan alami • menyelesaikan
masalah yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan • menyebutkan
kembali kalimat penolakkan • menceritakan
pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila • mempraktikkan
gerak dasar lokomotor melompat • menulis kalimat
berisi penolakan • menjumlahkan
dan mengurangi bilangan secara berurutan • membuat hiasan
dari biji-bijian • menuliskan
kalimat penolakan • menyelesaikan
masalah berkaitan dengan penjumlahan • mempraktikkan
gerak melompat pada permainan • menceritakan
pengamalan sila ketiga Pancasila • menuliskan
kembali kalimat yang mengandung penolakan • menceritakan
pengalaman penerapan sila keempat dan kelima Pancasila • menyelesaikan
masalah sehari-hari degan menggunakan penjumlahan dan pengurangan |
24
JP |
·
Buku
Guru ·
Buku
Siswa ·
Internet ·
Lingkungan |
Bahasa
Indonesia |
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap
hidup rukun . 4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun |
3.1.1 Menjelaskan isi teks yang berisi penolakan
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun. 4.1.1
Menyebutkan kalimat penolakan dengan
bahasa yang santun. |
·
Ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun ·
Budaya
santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
|
• Mengidentifikasi kalimat yang menunjukkan
ajakan dan kalimat yang menolak ajakan dalam teks wacana dengan teliti dan percaya
diri. • Mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita
dan menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita dengan
percaya diri. • Menceritakan kembali teks percakapan yang
sudah dibaca dan mencantumkan bagian
penolakan ajakan dengan santun. • Menunjukkan dan menuliskan kalimat penolakan yang terdapat pada teks
percakapan dengan toleransi dan percaya diri. • Mencari dan menuliskan kalimat penolakan
dan kalimat yang menunjukkan keadilan pada dongeng yang didengarnya dengan
teliti. |
||||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
3.1.1
Menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian
sederhana dan atau tradisional. 4.1.1
Mempraktikkan gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional. |
·
Prosedur
gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
• Mengamati
gerakan-gerakan melompat dan meloncat,
serta memeragakannya dengan penuh percaya diri. • Menyimpulkan isi teks tentang olahraga
dengan percaya diri dan tanggung jawab. |
||||
Matematika |
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. 4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan |
3.3.1 Memahami penjumlahan dua bilangan cara
panjang dan cara pendek. 3.3.2 Mengetahui Pengurangan dua bilangan dengan
dua teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek. 1.3.1 Mepraktikkan penjumlahan dan pengurangan
dua biangan dalam kehiduoan sehari-hari. |
·
Makna
bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara membacanya ·
Pertidaksamaan
dua bilangan cacah ·
Bilangan cacah yang
bersesuaian dengan kumpulan obyek ·
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan
|
• Membuat hiasan menggunakan bahan baku dari biji-bijian dan diintegrasikan dengan
penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti. • Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang
terkait dengan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan. |
||||
Seni Budaya dan
Prakarya |
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dalam berkarya 4.4 Membuat karya
dari bahan alam |
3.4.1 Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan
yang berasal dari bahan alami. 3.4.2 Menjelaskan langkah-langkah pembuatan karya
hiasan dengan bahan alami. 3.4.3 Mengetahui bahan alami dan alat untuk
membuat karya hiasan. 4.4.1
Mempraktikkan pembuatan karya hiasan dengan bahan alami. |
·
Karya imajinatif dua dan tiga dimensi ·
Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak ·
Gerak keseharian dan alam dalam tari ·
Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
• Menuliskan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat setiap
jenis prakarya dengan tanggung jawab. • Membuat hiasan menggunakan bahan baku dari biji-bijian dan diintegrasikan dengan
penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti. • Membuat karya kreasi dari biji-bijian dengan rasa syukur kepada
Tuhan yang maha Esa. |
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2
……………………………… NIP…………………………. |
Sumber dan referensi :
SILABUS KELAS 2
Postingan Terkait
Akar Bahasa Indonesia adalah Bahasa Melayu Sambas
Guru Binar Menggandeng Berbagai Universitas dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja
Kolaborasi Beasiswa Guru Binar dan Education New Zealand, Bantu Felix Eksplorasi Media Pembelajaran
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.