Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan PJJ
Author : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
Editor : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD

rpp tema 7 kls 5

 

Muatan Terpadu                         :    Bahasa Indonesia, IPA & IPS Pembelajaran                             :    1

 

A.    Tujuan Pembelajaran

 

1.  Dengan membaca teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia yang dibagikan

melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa dapat mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia secara benar.

2.  Dengan  membuat  peta  pikiran,  siswa  dapat  menjelaskan  peristiwa  kedatangan  bangsa-bangsa

Eropa di Indonesia dengan menggunakan kosakata baku secara tepat.

3.  Dengan membaca teks yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa dapat menjelaskan tentang sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.

4.  Dengan berdiskusi tentang ulasan teks, siswa dapat menjelaskan isi dan informasi sebuah teks

secara tepat.

5.  Dengan  mengamati  video  percobaan  yang  dibagikan  melalui  grup  WhatsApp/Telegram/Zoom

/Google Meet, siswa dapat menunjukkan perbedaan sifat wujud benda (padat, cair, dan gas).

B.    Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

       Orientasi, apersepsi dan motivasi peserta didik

Kegiatan Inti (150 Menit)

       Siswa mengamati gambar yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/ Google Meet.

       Guru mengajak siswa mencari keterkaitan gambar dengan peristiwa penjajahan bangsa Indonesia melalui penyampaian materi pada grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet.

       Guru secara interaktif menjelaskan keterkaitan antara rempah-rempah dan peristiwa penjajahan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet.

       Guru meminta siswa menganalisis bacaan “Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet.

       Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai dengan bacaan.

       Siswa melakukan studi pustaka dengan mencari informasi mengenai kedatangan bangsa-bangsa

Eropa di Indonesia dengan membaca buku, majalah, surat kabar

       Guru mengajak siswa secara bersama-sama membuat kesimpulan.

       Siswa  mengartikan  kembali  semboyan  3G  (Gold,  Gospel,  dan  Glory)  melalui  grup  WhatsApp/ Telegram/Zoom/Google Meet.

       Siswa secara mandiri membuat cerita pengandaian berkaitan dengan kedatangan bangsa-bangsa

Eropa di Indonesia dengan melengkapi kalimat rumpang.

       Siswa membaca bacaan berjudul Sifat-Sifat Benda yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram

/Zoom/Google Meet.

       Siswa menulsikan kesimpulan yang telah berhasil disusunnya.

       Siswa mengamati video percobaan untuk menunjukkan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet.

       Guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan secara bersama-sama.

       Siswa mengirimkan hasil tugas mandiri ke WhatsApp guru untuk diberikan penilaian

Kegiatan Penutup (15 Menit)

       Guru memberikan refleksi dan bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet

C.    Penilaian (Pengetahuan & Keterampilan)

 

1.  Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar

2.  Membuat peta pikiran

3.  Melakukan percobaan sifat-sifat benda padat, air dan gas


 

Mengetahui:


,                                             2021


Kepala SDN www.kherysuryawan.id,                                      Guru kelas V,

 

 

 

www.kherysuryawan.id.                                                           www.kherysuryawan.id.

NIP. 196511261988032010                                                       NIP. 199008102015021002


Sumber dan referensi :

www.kherysuryawan.id

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.