Author : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
Editor : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
rpp tema 7 kls 5
Muatan Terpadu : Bahasa
Indonesia, IPA &
IPS Pembelajaran : 1
A. Tujuan
Pembelajaran |
|
|
1. Dengan membaca teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet,
siswa dapat mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa-bangsa
Eropa di Indonesia secara benar. 2. Dengan
membuat
peta
pikiran, siswa dapat
menjelaskan peristiwa kedatangan
bangsa-bangsa Eropa di
Indonesia dengan
menggunakan kosakata baku
secara tepat. 3. Dengan membaca teks yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa dapat menjelaskan
tentang sifat-sifat benda
padat, cair, dan gas. 4. Dengan berdiskusi tentang ulasan teks, siswa dapat
menjelaskan isi dan informasi sebuah teks secara tepat. 5. Dengan
mengamati video
percobaan
yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom /Google Meet, siswa dapat menunjukkan perbedaan sifat wujud
benda (padat, cair, dan
gas). |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
|
|
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit) |
Orientasi, apersepsi dan motivasi peserta didik |
|
Kegiatan Inti (150 Menit) |
|
Siswa mengamati gambar yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/
Google Meet. Guru mengajak siswa mencari keterkaitan gambar dengan peristiwa penjajahan bangsa Indonesia melalui penyampaian materi pada grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet. Guru secara interaktif menjelaskan keterkaitan antara rempah-rempah dan peristiwa penjajahan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet. Guru meminta siswa menganalisis bacaan “Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat” yang dibagikan
melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet. Siswa menjawab pertanyaan pada
buku siswa sesuai dengan bacaan. Siswa melakukan studi pustaka dengan
mencari informasi mengenai
kedatangan bangsa-bangsa Eropa di
Indonesia dengan membaca buku, majalah, surat kabar Guru mengajak siswa
secara bersama-sama membuat kesimpulan. Siswa mengartikan kembali
semboyan 3G
(Gold,
Gospel, dan
Glory) melalui
grup
WhatsApp/ Telegram/Zoom/Google Meet. Siswa secara mandiri membuat cerita pengandaian berkaitan dengan kedatangan bangsa-bangsa Eropa di
Indonesia dengan
melengkapi kalimat rumpang. Siswa membaca bacaan berjudul
Sifat-Sifat Benda yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram /Zoom/Google Meet. Siswa menulsikan kesimpulan yang telah berhasil disusunnya. Siswa mengamati video percobaan untuk menunjukkan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas yang
dibagikan melalui
grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet. Guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan secara
bersama-sama. Siswa mengirimkan hasil tugas mandiri
ke WhatsApp guru untuk diberikan penilaian |
|
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Guru memberikan refleksi dan bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini melalui
grup
WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet |
|
C. Penilaian (Pengetahuan &
Keterampilan) |
|
|
1. Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar 2. Membuat
peta pikiran 3. Melakukan
percobaan sifat-sifat benda
padat, air dan
gas |
Mengetahui:
, 2021
Kepala SDN
www.kherysuryawan.id, Guru
kelas V,
www.kherysuryawan.id.
www.kherysuryawan.id.
NIP. 196511261988032010
NIP. 199008102015021002
Sumber dan referensi :
www.kherysuryawan.id
Postingan Terkait

Apa saja hambatan guru dalam perencanaan pembelajaran Matematika ?

E-learning Guru, Solusi Sistem Pembelajaran yang Canggih dan Praktis

Program Transformasi Guru Merdeka, Wujud Kontribusi PT Penjaminan Infrastuktur Indonesia terhadap Pendidikan Indonesia

Guru Belajar Seri Inklusif: Pengertian, Tujuan, Peserta Program, Tahapan, Manfaat, Dan Pola Pelaksanaannya

Peran Guru dan Tugas Guru

Jabatan Fungsional Guru: Pengertian, Jenjang, Dan Unsur Serta Sub Kegiatan

Dampak Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Kurikulum Baru

Kurikulum Paradigma Baru

Apa itu Kurikulum Darurat?

Manajemen Kurikulum: Mengenal Fungsi dan Prinsip
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.