Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd
rpp tema 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020 (Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan Pendidikan :
SD Negeri Satu Nusa
Kelas / Semester : III /Genap
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKN, PJOK
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mendengarkan
penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak berjalan,
menekuk, dan mengayun mengikuti irama menggunakan alat.
2.
Dengan memperhatikan contoh dan
penjelasan guru, siswa dapat melakukan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan
mengayun mengikuti irama menggunakan alat.
3.
Dengan permainan menyusun
kartu huruf, siswa mampu menemukan kosakata terkait sumber energi dengan tepat.
4.
Dengan permainan menyusun
kata, siswa mampu menyusun informasi terkait sumber energi menggunakan kalimat
sendiri dengan tepat.
5.
Dengan mendengar penjelasan
guru, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber
energi.
6.
Dengan mengamati gambar,
siswa dapat menentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban di rumah terkait
penghematan sumber energi.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model
Discovery Learning) Ayo Mengamati. ·
Siswa berbaris dan
melakukan pemanasan dipandu oleh guru. ·
Siswa mengamati
gambar/video/contoh guru tentang kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan
mengayun mengikuti irama sambil memegang simpai. Ayo Mencoba ·
Siswa mencoba
melakukan variasi gerakan berjalan, menekuk, dan mengayun sambil memegang
simpai diringi musik, seperti yang sudah dicontohkan. Ayo Berlatih ·
Siswa diminta membaca
kembali teks berjudul Matahari Sumber
Energi Terbesar. ·
Siswa bermain menyusun
huruf, Huruf disusun membentuk kata. Kosa katanya berhubungan dengan sumber
energi. ·
Siswa membentuk
kelompok. Masing-masing anggota kelompok duduk membentuk lingkaran. Setelah
berhasil menyusun huruf menjadi kata, satu anggota grup mulai membuat kalimat
dengan menyebutkan satu kata awal. Kemudian anggota yang lain menambahkan
satu kata, selanjutnya ditambah lagi satu kata dari anggota kelompok lainnya,
dan begitu seterusnya sampai kalimatnya sempurna. (Collaborative) Ayo Berdiskusi ·
Siswa diminta
mendiskusikan bagaimana cara menghemat air. ·
Siswa mencatat hasil
diskusi. ·
Siswa menyampaikan hasil
diskusi masing-masing di depan kelas. Ayo Mengamati ·
Siswa diminta
mengamati gambar pada lembar kerja hal 18 lalu menentukan gambar yang tepat
terkait perilaku terkait pemanfaatan energi. ·
Siswa mengumpulkan
tugasnya. Guru melakukan penilaian dan evaluasi hasil belajar Kegiatan Bersama Orang
Tua Orang tua bercerita tentang kebiasaan yang baik dalam memanfaatkan energi, membuat komitmen bersama untuk menerapkannya di
rumah |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
(Maryam, S.Pd.SD) NIP. 19600102 198002 1 002 |
Pamekasan,
Februari 2021 Guru Kelas 3
Fathor
Rahman, S.Pd.SD NIP. 19830102 201010 2 345 |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait

Membangun Generasi Masa Depan yang Kompeten

Meningkatkan Kemampuan Belajar dengan Memperkenalkan Kolaborasi kepada Siswa

PENGHARGAAN SEBAGAI BENTUK HUKUMAN YANG MEMBANGUN

Menjelajah Dunia Ilmu Pengetahuan

Ingin Ikut Program Bakti BCA? Simak Tips-Tips Berikut Supaya Lolos!

Guru Berbagi: Membangun Masa Depan

5 Contoh Karya Inovasi Guru Penggerak
Pengertian, Tujuan dan Aplikasi Program Merdeka Belajar
Syarat-syarat untuk Mendaftar Dapodik Guru dan Prosedur Pendaftarannya

6 Aplikasi Guru yang Membantu Proses Pembelajaran
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.