Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan
Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd

rpp tema 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        : SD Negeri Satu Nusa

Kelas / Semester                 :  III /Genap

Tema 6                                  :  Energi dan Perubahannya

Sub Tema  1                         :  Sumber Energi

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, PPKN, PJOK

Pembelajaran ke                 :  2

Alokasi waktu                       :  1 hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun mengikuti irama menggunakan alat.

2.     Dengan memperhatikan contoh dan penjelasan guru, siswa dapat melakukan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun mengikuti irama menggunakan alat.

3.     Dengan permainan menyusun kartu huruf, siswa mampu menemukan kosakata terkait sumber energi dengan tepat.

4.     Dengan permainan menyusun kata, siswa mampu menyusun informasi terkait sumber energi menggunakan kalimat sendiri dengan tepat.

5.     Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber energi.

6.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban di rumah terkait penghematan sumber energi.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.     Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Mengamati.

·       Siswa berbaris dan melakukan pemanasan dipandu oleh guru.

·       Siswa mengamati gambar/video/contoh guru tentang kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun mengikuti irama sambil memegang simpai.

Ayo Mencoba

·       Siswa mencoba melakukan variasi gerakan berjalan, menekuk, dan mengayun sambil memegang simpai diringi musik, seperti yang sudah dicontohkan.

Ayo Berlatih

·       Siswa diminta membaca kembali teks berjudul Matahari Sumber Energi Terbesar.

·       Siswa bermain menyusun huruf, Huruf disusun membentuk kata. Kosa katanya berhubungan dengan sumber energi.

·       Siswa membentuk kelompok. Masing-masing anggota kelompok duduk membentuk lingkaran. Setelah berhasil menyusun huruf menjadi kata, satu anggota grup mulai membuat kalimat dengan menyebutkan satu kata awal. Kemudian anggota yang lain menambahkan satu kata, selanjutnya ditambah lagi satu kata dari anggota kelompok lainnya, dan begitu seterusnya sampai kalimatnya sempurna. (Collaborative)

Ayo Berdiskusi

·        Siswa diminta mendiskusikan bagaimana cara menghemat air.

·        Siswa mencatat hasil diskusi.

·        Siswa menyampaikan hasil diskusi masing-masing di depan kelas.

Ayo Mengamati

·       Siswa diminta mengamati gambar pada lembar kerja hal 18 lalu menentukan gambar yang tepat terkait perilaku terkait pemanfaatan energi.

·       Siswa mengumpulkan tugasnya. Guru melakukan penilaian dan evaluasi hasil belajar

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua bercerita tentang kebiasaan yang baik dalam

memanfaatkan energi, membuat komitmen bersama untuk menerapkannya di rumah

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

(Maryam, S.Pd.SD)

NIP. 19600102 198002 1 002

Pamekasan,     Februari 2021

Guru Kelas 3

 

 

Fathor Rahman, S.Pd.SD

NIP. 19830102 201010 2 345

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.