Author : Muhamad Sulkan Kabul,S.Pd
Editor : Muhamad Sulkan Kabul,S.Pd
RPP PJOK KELAS 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SD Negeri DicariGuru.com
Kelas /Semester :
3/2 (dua )
Tema 5 :Olahraga dan Permainan Tradisional
di Daerahku
Subtema 1 : Olah Raga Tradisional
Pembelajaran ke- :
2 dan 5
Peertemuan ke- :
1 dan 2
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks
laporan mengenaipencak silat, siswa dapat mengidentifikasijurus dasar pada
pencak silat dengan tepat.
2. Dengan mengidentifikasi
jurus dasar pencaksilat, siswa dapat mempraktikan jurus dasarpencak silat
dengan tepat.
B. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Kelas dibuka
dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS) 2. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 3. Pembiasaan
membaca(LITERASI) 4. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis) |
15 menit |
Kegiatan
inti |
Ayo Mengamati ·
Siswa
menyimak teks di buku siswa. ·
Guru
memeriksa pemahaman siswa terhadap teks ·
Ayo
Berdiskusi ·
Siswa
mendiskusikan materi yang ada di buku siswa ·
Siswa
menceritakan materi satu per satu. ·
Siswa
menjawab soal yang berkaitan dengan materi Ayo
Menulis ·
Siswa
membaca instruksi di buku siswa. ·
Siswa
menulis materi yang ada di buku siswa ·
Siswa
diberi kesempatan untuk memberi komentar ·
Ayo
Mengamati ·
Siswa
menyimak teks di buku siswa Siswa mengamati gambar Ayo
Mencoba ·
•
Siswa mempraktikkan yang ada di buku siswa |
180 menit |
Penutup |
1. Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi 2. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. 3. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 4.
Kelas ditutup dengan
doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN
·
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
·
Penilaian Pengetahuan: Tes
·
Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui Kepala SD
Negeri
………………… |
|
Lumajang,
................. Guru
PJOK
………………… |
Sumber dan referensi :
WWW.DICARIGURU.COM
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.