Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan
Author : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd
Editor : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd

rpp mtk kls 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Identitas Sekolah

:

SDN 351 Benteng

Kelas / Semester

:

IV (Empat) / Genap

Mata Pelajaran

:

Matematika

Materi Pokok

:

Bangun Datar

Pembelajaran

:

1

 

A.

Tujuan Pembelajaran

 

1.   Melalui penjelasan singkat dan mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar beraturan dan tidak beraturan dengan benar

2.   Melalui pengamatan gambar dan media pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan nama-nama bangun datar beraturan dan tidak beraturan dengan benar

3.   Melalui pemberian tugas, peserta didik dapat menjelaskan jenis bangun datar beraturan dan tidak beraturan dengan alasan yang benar dan tepat

B.

Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

 

·       Orientasi, apersepsi dan motivasi

 

Kegiatan Inti (150 Menit)

 

Mengamati

·       peserta didik mengamati penjelasan guru tentang bangun datar beraturan dan tidak beraturan (Persegi, persegi panjang, segitiga, segi enam, belah ketupat, trapesium, layang-layang, bangun datar gabungan). Disiplin

Menanya

·       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan. Berpikir Kritis, komunikasi, percaya diri

·       Guru memberikan penjelasan pada materi yang belum di pahami

Menalar

·       peserta didik menyelidiki panjang sisi dan besar sudut secara berkelompok dari gambar 4.2 Hal 127. Menalar, toleransi, berpikir kritis, toleransi.

·       Guru memberi kesempatan pada beberapa peserta didik untuk maju dan menjelaskan hasil diskusinya. Komunikasi, santun

·       Guru membimbing dan memberikan pembenaran apabila terdapat jawaban yang kurang tepat dari peserta didik

Mencoba

·       Guru tugas secara mandiri kepada peserta didik untuk menyebutkan nama bangun datar beraturan dan tidak beraturan pada buku paket halaman 128-129. Mandiri, tanggungjawab, berpikir kritis.

·       Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas tersebut

·       Guru memantau dan membingmbing peserta didik mengerjakan tugas secara mandiri

Mengkomunikasikan

·       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Komunikasi, percaya diri

·       Guru memberikan kesempatan peserta didik menanggapi hasil pekerjaan peserta didik. Santun, percaya diri.

·       Guru memberikan penghargaan dan motivasi kepada peserta didik

 

Kegiatan Penutup (15 Menit)

 

·       Bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari Integritas

C.

Penilaian

 

MM KD 3.8 & 4.8

Mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar beraturan dan tidak beraturan

 

 

Buluawo,                                        2021

Mengetahui:

 

Kepala SDN 351 Benteng,

Guru kelas IV,

 

 

 

 

 

 

H. BAHARUDDIN, S.Pd., M.M.

MAHMUD, S.Pd.

NIP. 198012272005021003

NIP. 196905202006041008

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.