Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd
rpp kelas 3 tema 5
Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Tema 5
Sub Tema
1
Muatan Terpadu
Pembelajaran ke
Alokasi waktu
: SD Negeri Satu Nusa
: III /Genap
: CUACA
: Keadaan Cuaca
: Bahasa Indonesia, Matematika,
SBdP
: 1
: 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi
informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar.
2.
Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa
dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang
efektif.
3.
Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat
mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda
konkret dengan tepat.
4.
Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan
pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh menggunakan benda konkret.
5.
Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan
tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
|
|
|
|
|
|
Deskripsi
Kegiatan |
|
|
Alokasi |
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Waktu |
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendahuluan |
1. |
Melakukan Pembukaan
dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca |
15 |
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
menit |
||
|
|
|
|
|
|
Doa |
(Orientasi) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
2.
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan |
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta
didik |
(Apersepsi) |
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
3.
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan |
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. |
(Motivasi) |
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||
Kegiatan |
|
(Sintak Model
Discovery Learning) |
|
140 |
|
|||||||||||||
Inti |
|
Ayo
Membaca |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
menit |
||||||
|
|
|
|
• |
|
Siswa Membaca bacaan tentang keadaan cuaca di
buku siswa. |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
• |
|
Guru
bertanya |
jawab |
dengan siswa
tentang keadaan cuaca. |
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
(Communication
and Collaborative) |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
Ayo Mengamati |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
• |
|
Siswa
menonton video siaran
televisi tentang prakiraan
cuaca atau |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
mengamati gambar keadaan cuaca. |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
• |
|
Guru dan siswa mengamati gambar bersama dan
menyampaikan simbol- |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
simbol
yang ada |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• |
|
Siswa
berdiskusi dan mencari
jawaban yang tepat
mengenai gambar |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
keadaan Cuaca yang ada. (Critical Thinking and Problem
Formulation) |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
Ayo Menulis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
• |
Siswa mencermati cuaca apa yang dominan
terjadi selama 5 hari ini? |
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
Apakah
hujan, cerah, berawan,
mendung, atau lainnya.
(Critical |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
thinking and Problem Solving) |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
Ayo Berlatih |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
• |
|
Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang
pecahan sederhana. |
|
|
|
||||||||||
|
|
|
• |
|
Siswa
berlatih menuliskan bilangan
pecahan sederhana mulai
dari |
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
seperdua, seperempat,
seperenam dan seperdelapan sesuai
dengan |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
lambang pada gambar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
Ayo Bernyanyi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
• |
|
Siswa dikenalkan dengan lagu Ambilkan bulan
bu. |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
• |
|
Siswa mengidentifikasi kondisi cuaca yang ada
pada teks lagu. |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
• |
|
Siswa mengamati guru menyanyikan lagu ambilkan
bulan bu. |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
• |
|
Siswa mencermati tinggi rendah irama pada
lagu. |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
• |
|
Jika ada tanda |
artinya menyanyi dengan bunyi pendek. |
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
• |
|
Jika ada tanda |
artinya menyanyi dengan bunyi panjang. |
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
• |
|
Siswa diminta tampil menyanyi lagu Ambilkan
Bulan Bu di depan kelas |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
bersama kelompoknya (Collaborative) |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
Kerja Sama dengan Orang Tua |
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
• |
Orang tua bersama siswa |
memperhatikan
prakiraan cuaca. Berdiskusi |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
mengenai keadaan cuaca
didaerahnya pada hari itu. |
|
|
|
|||||||||
Kegiatan |
|
Peserta
Didik : |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
||||||
Penutup |
|
➢ Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point- |
|
menit |
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
yang baru dilakukan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
Guru : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
➢ Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. |
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
Peserta didik yang |
selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk |
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala
Sekolah,
(Maryam, S.Pd.SD) NIP. 19600102
198002 1 002 |
Pamekasan, Januari 2021 Guru
Kelas 3
Fathor
Rahman, S.Pd.SD NIP. 19830102 201010 2 345 |
Sumber dan referensi :
SD Negeri Satu Nusa
Postingan Terkait

Apa saja hambatan guru dalam perencanaan pembelajaran Matematika ?

E-learning Guru, Solusi Sistem Pembelajaran yang Canggih dan Praktis

Program Transformasi Guru Merdeka, Wujud Kontribusi PT Penjaminan Infrastuktur Indonesia terhadap Pendidikan Indonesia

Guru Belajar Seri Inklusif: Pengertian, Tujuan, Peserta Program, Tahapan, Manfaat, Dan Pola Pelaksanaannya

Peran Guru dan Tugas Guru

Jabatan Fungsional Guru: Pengertian, Jenjang, Dan Unsur Serta Sub Kegiatan

Dampak Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Kurikulum Baru

Kurikulum Paradigma Baru

Apa itu Kurikulum Darurat?

Manajemen Kurikulum: Mengenal Fungsi dan Prinsip
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.