Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan
Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd

rpp kelas 3 tema 5

Satuan Pendidikan

Kelas / Semester

Tema 5

Sub Tema  1

 

Muatan Terpadu

Pembelajaran ke

Alokasi waktu


:  SD Negeri Satu Nusa

:  III /Genap

:  CUACA

:  Keadaan Cuaca

 

:  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

 

:  1

:  1 hari


 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.        Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar.

 

2.        Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.

 

3.        Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.

 

4.        Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh menggunakan benda konkret.

5.        Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.

 

B.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

 

 

 

 

 

 

Deskripsi Kegiatan

 

 

Alokasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Waktu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendahuluan

1.

Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menit

 

 

 

 

 

 

Doa

(Orientasi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik

(Apersepsi)

 

 

 

 

 

 

 

 

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

(Motivasi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan

 

(Sintak Model Discovery Learning)

 

140

 

Inti

 

Ayo Membaca

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menit

 

 

 

 

 

Siswa Membaca bacaan tentang keadaan cuaca di buku siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru   bertanya

jawab

dengan   siswa   tentang   keadaan   cuaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Communication and Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Mengamati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa  menonton  video  siaran  televisi  tentang  prakiraan  cuaca  atau

 

 

 

 

 

 

 

 

 

mengamati gambar keadaan cuaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru dan siswa mengamati gambar bersama dan menyampaikan simbol-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

simbol yang ada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa  berdiskusi  dan  mencari  jawaban  yang  tepat  mengenai  gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

keadaan Cuaca yang ada. (Critical Thinking and Problem Formulation)

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Menulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mencermati cuaca apa yang dominan terjadi selama 5 hari ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apakah  hujan,  cerah,  berawan,  mendung,  atau  lainnya.  (Critical

 

 

 

 

 

 

 

 

 

thinking and Problem Solving)

 

 

 

 

 

 

Ayo Berlatih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang pecahan sederhana.

 

 

 

 

 

 

 

Siswa  berlatih  menuliskan  bilangan  pecahan  sederhana  mulai  dari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

seperdua,  seperempat,  seperenam  dan  seperdelapan  sesuai  dengan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lambang pada gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Bernyanyi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa dikenalkan dengan lagu Ambilkan bulan bu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mengidentifikasi kondisi cuaca yang ada pada teks lagu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mengamati guru menyanyikan lagu ambilkan bulan bu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mencermati tinggi rendah irama pada lagu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika ada tanda

artinya menyanyi dengan bunyi pendek.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika ada tanda

artinya menyanyi dengan bunyi panjang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa diminta tampil menyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu di depan kelas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bersama kelompoknya (Collaborative)

 

 

 

 

 

 

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

Orang tua bersama siswa

memperhatikan prakiraan cuaca.  Berdiskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

mengenai keadaan cuaca didaerahnya pada hari itu.

 

 

 

Kegiatan

 

Peserta Didik :

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

Penutup

 

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-

 

menit

 

 

 

 

 

 

point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

yang baru dilakukan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik yang

selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk

 

 

 

 

 

 

 

kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

 

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

(Maryam, S.Pd.SD)

NIP. 19600102 198002 1 002

Pamekasan,    Januari 2021

Guru Kelas 3

 

 

Fathor Rahman, S.Pd.SD

NIP. 19830102 201010 2 345

 

Sumber dan referensi :

SD Negeri Satu Nusa

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.