Author : Suriyadi,S.Pd
Editor : Suriyadi,S.Pd
rpp daring
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas /
Semester : 3 /2
Tema : Cuaca
(Tema 5)
Sub Tema : Keadaan Cuaca
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.3 , 4.3 )
Matematika (3.4 , 4.4 ) SBdP (3.2 , 4.2)
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi
serta menuliskan pokok-pokok informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar menggunakan
kosakata baku dalam kalimat yang efektif.
2. Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa
dapat mengidentifikasi dan menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang
utuh dari benda konkret dengan tepat.
3. Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat
menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Guru menyapa siswa dengan rekaman video dan memandu
siswa untuk mengawali pembelajaran dengan berdoa. (Religius dan Integritas) 2. Guru bertanya apakah hari ini sudah membantu orang tua,
beribadah dan berdo’a. (Karakter dan Life Skills). 3. Guru menanyakan dan memotivasi siswa dalam melakukan
kegiatan pembelajaran hari ini. (Pengalaman belajar dan Variasi Aktivitas) 4. Guru memberi gambaran tentang manfaat pembelajaran hari ini. 5. Guru melakukan share materi ke grup kelas dan
memberikan tugas pembelajaran hari ini. |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Alat dan Bahan ·
Panduan Buku Guru dan Siswa ·
Video/ slide/ gambar dan materi ajar ·
Aplikasi chat ·
Internet Ayo Membaca ·
Guru mengawali
pembelajaran dengan membagikan video bercerita tentang keadaan cuaca hari ini,
semalam atau kemarin yang dibagikan melalui chat grup, kemudian guru bertanya jawab tentang keadaan cuaca melalui aplikasi yang
telah ditentukan. (Critical Thinking) Ayo Mengamati ·
Siswa diminta untuk
menonton video siaran televisi tentang prakiraan cuaca, kemudian siswa
mencari kata-kata yang tepat sesuai keadaan cuaca. (Creativity and Innovation) Ayo Menulis ·
Siswa mencermati
simbol-simbol cuaca pada buku siswa, kemudian melengkapi tabel hasil
pengamatan cuaca selama 5 hari dan mencatatnya pada tabel yang telah
disediakan. ·
Siswa mengerjakan
tugas untuk menuliskan informasi tentang keadaan cuaca yang diketahui pada
bukunya masing-masing. (Creativity and Innovation) Ayo Berlatih ·
Guru memancing
pengetahuan siswa dengan membagikan penjelasan konsep bilangan pecahan sederhana
menggunakan benda konkret dalam bentuk video yang dibagikan melalui chat
grup. ·
Siswa mengerjakan
latihan menuliskan pecahan sederhana berdasarkan gambar yang ada pada buku
siswa. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Solving) Ayo Bernyanyi ·
Guru membagikan lagu
Ambilkan Bulan Bu ciptaan A. T Mahmud kepada siswa melalui chat grup. ·
Siswa diminta menyanyi
lagu Ambilkan Bulan Bu ciptaan A.T Mahmud, dengan mencermati tinggi rendah
irama pada lagu. (Creativity and Innovation) Ayo Mengkomunikasikan ·
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
mengenai materi yang telah dipelajari melalui aplikasi yang telah ditentukan. |
150 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku
siswa masing-masing, kemudian melaporkan
ke guru dalam bentuk chat, foto, atau rekaman suara. (Variasi
Aktivitas) 2. Siswa diwajibkan melihat video pengetahuan di Youtube.com seperti Discovery
Channel, sisi terang dan situs-situs lain yang memberikan pengetahuan dan
ketrampilan kemudian merangkum isinya. (Life Skills dan Variasi
Aktivitas) 3. Belajar menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi. 4. Guru melakukan evaluasi dan refleksi hasil
belajar siswa hari ini dalam bentuk rangkuman chat, video atau rekaman suara. |
10 menit |
C. PENILAIAN
1. Pengamatan Sikap : (Pengamatan dan rekaman sikap)
2. Penilaian Pengetahuan : (Dokumentasi kegiatan belajar,tes tulis, laporan dan
presentasi)
3. Penilaian Keterampilan : (Dokumentasi praktek,
unjuk kerja, hasil produk)
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 3 ,
……………………………… NIP…………………………. |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait

Kurikulum 13, Kurikulum Merdeka, dan Kelebihan Kekurangannya

Guru Gatra: Mengupas Peran dan Pentingnya dalam Sastra Jawa

Guru Berbagi: Membangun Masa Depan

5 Contoh Karya Inovasi Guru Penggerak
Pengertian, Tujuan dan Aplikasi Program Merdeka Belajar
Syarat-syarat untuk Mendaftar Dapodik Guru dan Prosedur Pendaftarannya

6 Aplikasi Guru yang Membantu Proses Pembelajaran

4 Keterampilan Guru yang harus Dimiliki Oleh Pengajar

Jurusan Pendidikan Guru yang Paling Dibutuhkan

7 Cara Guru untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Anak
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.