Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan PJJ
Author : Suriyadi,S.Pd
Editor : Suriyadi,S.Pd

rpp daring

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester               : 3 /2

Tema                                     : Cuaca (Tema 5)

Sub Tema                             : Keadaan Cuaca (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                 : Bahasa Indonesia (3.3 , 4.3 ) Matematika (3.4 , 4.4 ) SBdP (3.2 , 4.2)

Pembelajaran ke                : 1

Alokasi waktu     : 1 hari

 

A.     TUJUAN

1.     Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi serta menuliskan pokok-pokok informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar menggunakan kosakata baku dalam kalimat yang efektif.

2.     Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi dan menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.

3.     Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.     Guru menyapa siswa dengan rekaman video dan memandu siswa untuk mengawali pembelajaran dengan berdoa. (Religius dan Integritas)

2.     Guru bertanya apakah hari ini sudah membantu orang tua, beribadah dan berdo’a. (Karakter dan Life Skills).

3.     Guru menanyakan dan memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran hari ini. (Pengalaman belajar dan Variasi Aktivitas)

4.     Guru memberi gambaran tentang manfaat pembelajaran  hari ini.

5.     Guru melakukan share materi ke grup kelas dan memberikan tugas pembelajaran hari ini.

15

menit

Kegiatan

Inti

Alat dan Bahan

·         Panduan Buku Guru dan Siswa

·         Video/ slide/ gambar dan materi ajar

·         Aplikasi chat

·         Internet

Ayo Membaca

·         Guru mengawali pembelajaran dengan membagikan video bercerita tentang keadaan cuaca hari ini, semalam atau kemarin yang dibagikan melalui chat grup, kemudian guru bertanya jawab tentang keadaan cuaca melalui aplikasi yang telah ditentukan. (Critical Thinking)

Ayo Mengamati

·         Siswa diminta untuk menonton video siaran televisi tentang prakiraan cuaca, kemudian siswa mencari kata-kata yang tepat sesuai keadaan cuaca. (Creativity and Innovation)

Ayo Menulis

·         Siswa mencermati simbol-simbol cuaca pada buku siswa, kemudian melengkapi tabel hasil pengamatan cuaca selama 5 hari dan mencatatnya pada tabel yang telah disediakan.

·         Siswa mengerjakan tugas untuk menuliskan informasi tentang keadaan cuaca yang diketahui pada bukunya masing-masing. (Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih

·         Guru memancing pengetahuan siswa dengan membagikan penjelasan konsep bilangan pecahan sederhana menggunakan benda konkret dalam bentuk video yang dibagikan melalui chat grup.

·         Siswa mengerjakan latihan menuliskan pecahan sederhana berdasarkan gambar yang ada pada buku siswa. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Solving)

Ayo Bernyanyi

·         Guru membagikan lagu Ambilkan Bulan Bu ciptaan A. T Mahmud kepada siswa melalui chat grup.

·         Siswa diminta menyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu ciptaan A.T Mahmud, dengan mencermati tinggi rendah irama pada lagu.  (Creativity and Innovation)

Ayo Mengkomunikasikan

·         Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai materi yang telah dipelajari melalui aplikasi yang telah ditentukan.

150

menit

 

Kegiatan

Penutup

1.     Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing, kemudian melaporkan  ke guru dalam bentuk chat, foto, atau rekaman suara. (Variasi Aktivitas)

2.     Siswa diwajibkan melihat video pengetahuan di Youtube.com seperti Discovery Channel, sisi terang dan situs-situs lain yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan kemudian merangkum isinya. (Life Skills dan Variasi Aktivitas)

3.     Belajar menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

4.     Guru melakukan evaluasi dan refleksi hasil belajar siswa hari ini dalam bentuk rangkuman chat, video atau rekaman suara.

10

menit

 

C.    PENILAIAN

1.     Pengamatan Sikap        : (Pengamatan dan rekaman sikap)

2.     Penilaian Pengetahuan : (Dokumentasi kegiatan belajar,tes tulis, laporan dan presentasi)

3.     Penilaian Keterampilan : (Dokumentasi praktek, unjuk kerja, hasil produk)

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 3  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 

 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.