Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020 (Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan
Pendidikan : SD Negeri Satu Nusa
Kelas / Semester : III /Genap
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks siswa dapat
mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan tepat.
2.
Dengan membaca teks siswa dapat menceritakan
kembali secara tertulis informasi tentang sumber energi yang terdapat pada teks
dengan tepat.
3.
Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari
guru siswa dapat mengidentifikasi variasi pola irama pada sebuah lagu.
4.
Dengan memperhatikan demonstrasi yang
ditunjukkan guru, siswa dapat menyanyikan lagu yang memiliki variasi pola irama
dengan tepat.
5.
Dengan mengamati peristiwa sehari-hari siswa
mampu mengidentifikasi mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih
singkat.
6.
Dengan mengidentifikasi peristiwa
sehari-hari, siswa dapat menentukan mana peristiwa yang lebih lama dan mana
yang lebih singkat.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model Discovery Learning) Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati gambar
pada buku teks halaman 2 dan menceritakan tentang kisah Siti yang tiba-tiba
lemas dan terjatuh saat akan berolahraga. Lalu melakukan diskusi singkat
berdasarkan cerita Siti tersebut. ·
Guru memantik rasa
ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan gambar yang diamati. Ayo Membaca ·
Siswa diminta membaca
wacana berjudul “Matahari Sumber Energi Terbesar”. (Literasi) ·
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan seputar isi teks yang dibaca. (lihat Buku siswa) Ayo Bercerita ·
Siswa Siswa diminta
menceritakan kembali isi wacana dengan bahasa mereka sendiri secara
bergiliran.(Creativity
and Innovation) ·
Semua siswa yang berani
maju harus diberi pujian agar termotivasi. Ayo Bernyanyi ·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru bahwa salah satu ungkapan syukur terhadap adanya sumber
energi dapat diekspresikan melalui lagu. Contohnya adalah lagu Matahari yang
akan mereka pelajari.S iswa mencermati tinggi rendah irama pada lagu. ·
Siswa mencermati
dengan seksama bagian-bagian lagu yang menunjukkan variasi pola irama
kemudian siswa diminta menyanyi bersama-sama. (Collaborative) Ayo
Mengamati ·
Siswa mengamati kegiatan yang dilakukan Siti pada
halaman 8 Buku siswa. ·
Guru menjelaskan bahwa
dibutuhkan waktu untuk menunggu sampai kapas terbakar. ·
Guru memberi dua
contoh kejadian lalu siswa menjawab pertanyaan guru mana kejadian yang
memakan waktu lebih lama mana yang lebih singkat. ·
Siswa memberi dua
contoh kejadian yang berbeda durasinya dan menentukan mana yang lebih lama
mana yang lebih singkat. (Critical
thinking and
Problem Solving) ·
Siswa Mengumpulkan
Tugas dan guru membahas soal-soal
tersebut. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
(Maryam, S.Pd.SD) NIP. 19600102 198002 1 002 |
Pamekasan, Februari 2021 Guru Kelas 3
Fathor Rahman, S.Pd.SD NIP. 19830102 201010 2 345 |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.