Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan
Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        : SD Negeri Satu Nusa

Kelas / Semester                 :  III /Genap

Tema 6                                  :  Energi dan Perubahannya

Sub Tema  1                         :  Sumber Energi

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke                 :  1

Alokasi waktu                       :  1 hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan membaca teks siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan tepat.

2.     Dengan membaca teks siswa dapat menceritakan kembali secara tertulis informasi tentang sumber energi yang terdapat pada teks dengan tepat.

3.     Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru siswa dapat mengidentifikasi variasi pola irama pada sebuah lagu.

4.     Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat menyanyikan lagu yang memiliki variasi pola irama dengan tepat.

5.     Dengan mengamati peristiwa sehari-hari siswa mampu mengidentifikasi mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih singkat.

6.     Dengan mengidentifikasi peristiwa sehari-hari, siswa dapat menentukan mana peristiwa yang lebih lama dan mana yang lebih singkat.

 

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Mengamati

·        Siswa mengamati gambar pada buku teks halaman 2 dan menceritakan tentang kisah Siti yang tiba-tiba lemas dan terjatuh saat akan berolahraga. Lalu melakukan diskusi singkat berdasarkan cerita Siti tersebut.

·        Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.

Ayo Membaca

·        Siswa diminta membaca wacana berjudul “Matahari Sumber Energi Terbesar”. (Literasi)

·        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar isi teks yang dibaca. (lihat Buku siswa)

Ayo Bercerita

·      Siswa Siswa diminta menceritakan kembali isi wacana dengan bahasa mereka sendiri secara bergiliran.(Creativity and Innovation)

·       Semua siswa yang berani maju harus diberi pujian agar termotivasi.

Ayo Bernyanyi

·        Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa salah satu ungkapan syukur terhadap adanya sumber energi dapat diekspresikan melalui lagu. Contohnya adalah lagu Matahari yang akan mereka pelajari.S iswa mencermati tinggi rendah irama pada lagu.

·        Siswa mencermati dengan seksama bagian-bagian lagu yang menunjukkan variasi pola irama kemudian siswa diminta menyanyi bersama-sama. (Collaborative)

Ayo Mengamati

·       Siswa  mengamati kegiatan yang dilakukan Siti pada halaman 8 Buku siswa.

·       Guru menjelaskan bahwa dibutuhkan waktu untuk menunggu sampai kapas terbakar.

·       Guru memberi dua contoh kejadian lalu siswa menjawab pertanyaan guru mana kejadian yang memakan waktu lebih lama mana yang lebih singkat.

·       Siswa memberi dua contoh kejadian yang berbeda durasinya dan menentukan mana yang lebih lama mana yang lebih singkat. (Critical thinking and Problem Solving)

·       Siswa Mengumpulkan Tugas dan  guru membahas soal-soal tersebut.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

(Maryam, S.Pd.SD)

NIP. 19600102 198002 1 002

Pamekasan,     Februari 2021

Guru Kelas 3

 

 

Fathor Rahman, S.Pd.SD

NIP. 19830102 201010 2 345

 


Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.