Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN daring
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN daring
Satuan Pendidikan :
SDN ....
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema
1))
Sub Tema
: Hidup Rukun di
Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks cerita tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang
terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
2. Dengan diberikan teks percakapan
tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan
yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih
dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan
999 dengan benar.
4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih
dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
5. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
6. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Guru menyapa siswa dengan
rekaman video dan memandu siswa sebelum mulai belajar untuk diawali dengan
berdoa. (Religius dan Integritas) 2. Guru bertanya apakah hari
ini sudah membatu orang tua, beribadah dan berdo’a. (Karakter dan Life Skills). 3. Guru menanyakan dan
mendorong kegiatan kesukaan hari ini apa yang akan dilakukan. (Pengalaman
belajar dan Variasi Aktivitas) 4. Guru Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan cara belajar
pada hari ini. 5.
Guru melakukan share materi ke grup kelas dan memberikan tugas
pembelajaran hari ini. |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Alat
dan Bahan ·
Panduan
Buku Guru dan Siswa ·
Video/
slide/ gambar dan materi ajar ·
Internet ·
Aplikasi
Chat Ayo Mengamati
dan Ayo Berlatih ·
Siswa
menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita yang
dibaca kemudian siswa menyusun kalimat. (Creativity and Innovation, Applying) Ayo Bermain
Peran ·
Siswa
memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya.
(Creativity and Innovation) Ayo Berlatih ·
Siswa
berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya
ratusan, dengan bimbingan orang tua. (Remembering, Understanding,
Applying) Ayo Mengamati ·
Siswa
membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa,
dengan bimbingan orang tua. (Remembering, Understanding) Ayo Berlatih ·
Siswa
mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. (Critical Thinking and Problem
Formulation) Ayo Bernyanyi
dan Ayo Berlatih ·
Siswa
belajar menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dari video yang telah dishare oleh
guru kemudian siswa memahami panjang dan pendeknya nada. (Remembering, Creativity and
Innovation) Mengkomunikasikan ·
Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah di pelajari
melalui apilkasi yang telah di tentukan. |
150 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Siswa melaporkan semua latihan dan
dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing, kemudian
melaporkan ke guru dalam bentuk chat,
foto, atau rekaman suara. (Variasi
Aktivitas) 2. Siswa diwajibkan melihat video
pengetahuan di Youtube.com seperti Discovery
Channel, sisi terang dan situs-situs lain yang memberikan pengetahuan dan
ketrampilan kemudian merangkum isinya. (Life
Skills dan Variasi Aktivitas) 3. Belajar menyanyikan salah satu lagu
daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 4. Guru melakukan evaluasi dan refleksi
hasil belajar siswa hari ini dalam bentuk rangkuman chat, video atau rekaman
suara. |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
. . NIP. |
...., ............... Guru Kelas II
. . NIP. |
Sumber dan referensi :
RPP
Postingan Terkait
Manfaat Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19
Blended Learning Membuat Anda Bingung? Simak Tips Mempersiapkan Blended Learning yang Efektif!
Akar Bahasa Indonesia adalah Bahasa Melayu Sambas
Guru Binar Menggandeng Berbagai Universitas dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja
Membangun Bangsa di Tengah Pusaran Pandemi Covid-19
Kolaborasi Beasiswa Guru Binar dan Education New Zealand, Bantu Felix Eksplorasi Media Pembelajaran
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.