Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan BAHASA PJJ
Author : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD
Editor : DINA FATMAWATI,S.Pd.SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN daring

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN daring

 

 

Satuan Pendidikan                  : SDN ....

Kelas / Semester                     :  2 /1

Tema                                           :  Hidup Rukun (Tema 1))

Sub Tema                                   :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                       :  B Ind, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke                     :  1

Alokasi waktu                           :  1 hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.

2.     Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.

3.     Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.

4.     Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.

5.     Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

6.     Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.     Guru menyapa siswa dengan rekaman video dan memandu siswa sebelum mulai belajar untuk diawali dengan berdoa. (Religius dan Integritas)

2.     Guru bertanya apakah hari ini sudah membatu orang tua, beribadah dan berdo’a. (Karakter dan Life Skills).

3.     Guru menanyakan dan mendorong kegiatan kesukaan hari ini apa yang akan dilakukan. (Pengalaman belajar dan Variasi Aktivitas)

4.     Guru Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dan cara belajar pada hari ini.

5.     Guru melakukan share materi ke grup kelas dan memberikan tugas pembelajaran hari ini.

10

menit

Kegiatan

Inti

Alat dan Bahan

·         Panduan Buku Guru dan Siswa

·         Video/ slide/ gambar dan materi ajar

·         Internet

·         Aplikasi Chat

Ayo Mengamati dan Ayo Berlatih

·         Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita yang dibaca kemudian siswa menyusun kalimat. (Creativity and Innovation, Applying)

Ayo Bermain Peran

·         Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya.  (Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih

·         Siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya ratusan, dengan bimbingan orang tua.

(Remembering, Understanding, Applying)

Ayo Mengamati

·         Siswa membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa, dengan bimbingan orang tua.

(Remembering, Understanding)

Ayo Berlatih

·         Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Bernyanyi dan Ayo Berlatih

·         Siswa belajar menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dari video yang telah dishare oleh guru kemudian siswa memahami panjang dan pendeknya nada.

(Remembering, Creativity and Innovation)

Mengkomunikasikan

·         Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah di pelajari melalui apilkasi yang telah di tentukan.

150

menit

Kegiatan

Penutup

1.     Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing, kemudian melaporkan  ke guru dalam bentuk chat, foto, atau rekaman suara. (Variasi Aktivitas)

2.     Siswa diwajibkan melihat video pengetahuan di Youtube.com seperti Discovery Channel, sisi terang dan situs-situs lain yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan kemudian merangkum isinya. (Life Skills dan Variasi Aktivitas)

3.     Belajar menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

4.     Guru melakukan evaluasi dan refleksi hasil belajar siswa hari ini dalam bentuk rangkuman chat, video atau rekaman suara.

15

menit

 

 

 

 

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

.                              .                                      

NIP.

....,    ...............

Guru Kelas II 

 

 

 

.                              .

NIP.

 

Sumber dan referensi :

RPP 

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.