Unduh Aplikasi Guru Binar
EDUKASI
Author : Fajar Tri
Editor : Zemy Nur Putri

Program Guru Belajar PPPK Seri Belajar Mandiri

Program Guru Belajar PPPK dan Berbagi Seri Belajar Mandiri untuk Calon Guru ASN PPPK telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Program ini ditujukan untuk para calon pendaftar guru ASN PPPK yang akan mengikuti seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak). Program ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa peserta didik akan mendapatkan pembelajaran yang akan berlangsung walaupun memiliki beberapa keterbatasan.


Program guru belajar PPPK ini terdapat kolaborasi antara komunitas, pemerintah, dan juga penggerak pendidikan. Semuanya dapat membagikan berbagai ide yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dengan bimbingan teknis secara online.


Tujuan program guru belajar dan berbagi adalah:

  • Guru belajar PPPK agar dapat menggunakan bahan ajar secara mandiri serta melakukan latihan soal untuk persiapan mengikuti seleksi guru ASN PPPK

  • Guru dapat mempergunakan komunitas pembelajaran atau Learning Community untuk membangun pengetahuan dan keterampilan mereka.


Tahap Program Guru Belajar dan Berbagi

  1. Tahap pertama: Fasilitas Pembelajaran.

Dalam tahap ini, peserta dapat berkolaborasi dan mandiri untuk dapat:

  • Mempelajari substansi yang bersifat pedagogi dan bidang studi masing-masing

  • Peserta dapat menggunakan fasilitas komunitas pembelajaran untuk mengembangkan pemahaman dan juga pengetahuan yang dimilikinya

  • Melakukan uji coba soal yang bersifat formatif dalam rangka untuk mengetahui tingkat pemahaman pada materi yang sudah dikuasai dan dipelajari.

  1. Tahap kedua: Tryout Modul Pembelajaran Mandiri.

Tahap kedua ini, peserta bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti try out atau latihan soal yang sifatnya pedagogi maupun bidang studi yang mereka mampu masing-masing setelah melakukan proses pembelajaran mandiri.

Jika peserta telah menyelesaikan soal-soal tryout, maka dapat kembali lagi ke Tahap pertama (Fasilitas Pembelajaran). Hal ini dilakukan untuk mendalami materi pedagogik dan materi pada bidang studinya masing-masing, sehingga kompetensi dan pengetahuannya meningkat.


Hal-hal yang akan diperoleh jika guru belajar PPPK dan guru berbagi seri belajar mandiri, yaitu:

  • Dapat menyegarkan kembali keterampilan dan pengetahuan yang telah mereka peroleh sebelumnya

  • Bisa mendapat pengalaman baru yang berkaitan dengan pembelajaran mandiri dengan cara mengedepankan konsep dari komunitas pembelajaran

  • Mendapatkan teman sebaya (peer learning) untuk mengkonstruksi keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya

  • Guru akan lebih siap jika menghadapi seleksi calon guru ASN PPPK.

     

Ketentuan Peserta Guru Belajar PPPK

Peserta yang dapat mengikuti pelatihan program guru belajar PPPK dan guru berbagi seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, yaitu:

  • Semua guru yang bukan PNS dan telah terdaftar di Dapodik

  • Sudah mempunyai Akun SIMPKB.

Peserta yang dapat mengikuti pelatihan seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK dengan Mata Pelajaran Kejuruan adalah:

  • Peserta merupakan pengampu mata pelajaran kejuruan atau lulusan program studi dengan mata pelajaran kejuruan dan sudah pernah mengikuti mata pelajaran umum dalam kondisi apapun (selesai melakukan fasilitasi dan tryout), boleh memilih satu kali mapel (mempunyai kesempatan mengikuti fasilitasi dan tryout mapel kejuruan sebanyak satu kali), serta tidak dapat mengubah mata pelajaran kejuruan.

  • Peserta merupakan pengampu mata pelajaran kejuruan atau peserta yang berasal dari lulusan program studi mata pelajaran kejuruan yang belum pernah mengikuti mata pelajaran umum (belum pernah mengikuti seri ASN PPPK), serta mempunyai kesempatan (memilih mata pelajaran atau mengubah mata pelajaran satu kali dan boleh mengikuti tryout sebanyak 2 kali).


Keseruan ketika mengikuti program pelatihan guru belajar PPPK dan guru berbagi seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK adalah:

  1. User Friendly

Memiliki sistem dan bahan belajar mandiri disajikan ke dalam konsep yang mudah, ringkas, dan ringan.

  1. Fleksibel

Peserta bisa mengatur waktu belajarnya sendiri dengan menyesuaikan waktu luang yang dimiliki.

  1. Kolaboratif 

Peserta bisa belajar dan berlatih dari rekan guru lain.

  1. Cara Daftar Guru Belajar PPPK 

  • Buka website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ terlebih dahulu

  • Selanjutnya anda dapat memilih menu “Guru Penggerak”, lalu pilih “Masuk”. Tunggu hingga muncul halaman untuk login

  • Kemudian masukkan surel atau nomor UKG@guruku.id dan password yang dibuat sebelumnya, lalu pilih menu “Masuk”

  • Anda akan memasuki menu beranda Guru Belajar Seri PPPK/P3K, kemudian pilih menu “Selengkapnya”

  • Lalu pada layar akan tampil halaman menu “Ayo Berbagi Guru dan Ayo Guru Belajar”, anda dapat memilih salah satu saja yaitu Ayo Guru Belajar

  • Selanjutnya anda akan disuguhkan berbagai macam menu pada ayo belajar, anda dapat memilih menu “Seri Belajar Mandiri Guru ASN PPPK”, lalu akan muncul menu terbaru

  • Pilih menu “Selengkapnya”, lalu tunggu sampai menu selanjutnya muncul

  • Selanjutnya pilih menu “Mulai Belajar” jika anda sudah siap, kemudian tunggu sampai menu berikutnya muncul

  • Kemudian muncul menu “Data dan Seri Belajar Mandiri Guru PPPK dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)”, anda hanya perlu memilih “Selengkapnya” pada Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

  • Anda dapat melakukan pendaftaran, yang diperbolehkan mengikuti pelatihan hanya Guru Non PNS. Lalu pilih “Daftar”

  • Masukkan Mapel yang anda ampu, kemudian pilih untuk menceklist dan terakhir pilih “Daftar”.

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.