Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi INOVASI
Author : Fajar Tri
Editor :

5 Contoh Karya Inovasi Guru Penggerak


Dari waktu ke waktu kurikulum yang ada di Indonesia selalu mengalami perubahan dengan tujuan untuk perbaikan supaya sesuai dengan tuntutan zaman. Guru merupakan garda terdepan sebagai pihak pelaksana kurikulum pendidikan yang dituntut untuk terus bergerak mengikuti perubahan zaman. Hal yang ditunggu-tunggu dari seorang guru yaitu karya inovasi guru supaya mampu mencetak lulusan yang berkompeten.

 

Kurikulum Sekolah Penggerak

Kurikulum sekolah penggerak merupakan kurikulum yang lebih fokus pada hasil belajar peserta didik secara holistik yang didalamnya mencakup karakter dan kompetensi. Kompetensi yang dimaksud yaitu kompetensi numerasi dan kompetensi literasi. 


Kurikulum penggerak merupakan bentuk dari keseriusan pemerintah dalam mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang nantinya peta jalan kurikulum dari sekolah penggerak bisa berlangsung sampai dengan tahun 2035 mendatang. Sebelum masuk ke tahap implementasi, kepala sekolah dan guru akan diberi pelatihan supaya bisa terlahir SDM penggerak yang berkualitas. 


Contoh Inovasi Guru Penggerak

Sebelum membahas mengenai apa saja contoh inovasi dari guru penggerak, sudah pahamkah Anda mengenai pengertian dari guru penggerak itu sendiri?. Jika belum paham atau untuk mengingatkan kami akan mengulas sedikit mengenai guru penggerak


Guru penggerak merupakan konsep inovasi pembelajaran yang memungkinkan guru untuk mendorong para murid-murid supaya lebih aktif dalam proses belajar mengajar dengan berbagai inovasi yang lebih berpusat dan berpihak pada peserta didik. 


Berikut ini adalah beberapa contoh karya inovasi guru penggerak yang mungkin bisa membantu Anda untuk mendapat referensi mengenai gerakan guru penggerak. 


  1. Pemanfaatan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri lagi perkembangan teknologi di era digitalisasi seperti sekarang ini sangat membantu kehidupan manusia di segala aspek termasuk untuk dunia pendidikan. Tentu saja seorang guru harus aktif mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai upaya untuk mempercepat proses pembelajaran. 


Salah satu contohnya yaitu guru bisa memanfaatkan media online untuk memberikan materi-materi pelajaran secara lebih optimal karena di internet tersedia banyak sekali bahan materi ajar dengan kemasan yang menarik. 


Selain itu karya inovasi guru yang berpusat pada pemanfaatan media online juga akan lebih mengoptimalkan waktu sehingga efisien dan mampu menjangkau jauh lebih banyak siswa. 


  1. Sistem Pembelajaran Personal

Karya inovasi guru berikutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu memanfaatkan sistem pembelajaran yang lebih personal. Contohnya seperti menggunakan metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan minat dan kemampuan siswa sehingga guru jauh lebih mudah untuk membimbing peserta didik saat proses belajar. 


Di lain sisi sistem pembelajaran yang telah dipersonalisasi akan membuat peserta didik merasa jauh lebih nyaman saat proses pembelajaran berlangsung dan mereka bisa menikmati kegiatan belajar. 


  1. Pembelajaran yang Terstruktur dan Terpadu

Menggunakan metode pembelajaran yang terstruktur dan terpadu seperti project based learning mampu membuat peserta didik menjadi jauh lebih aktif dan kreativitasnya juga muncul. Contoh karya inovasi guru dengan memanfaatkan project based learning untuk meningkatkan minat belajar anak yaitu memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar untuk materi pembelajaran. 


Dalam mata pelajaran prakarya Anda bisa meminta peserta didik untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar. Terutama bahan yang nilainya murah dan tersedia dalam jumlah melimpah untuk dijadikan sebuah produk yang memiliki nilai jual tinggi. 


Tujuan dari materi pembelajaran ini yaitu supaya peserta didik bisa merancang dan memproduksi produk makanan segar menjadi makanan olahan yang siap dijual.  

Memanfaatkan bahan-bahan di sekitar untuk dijadikan sebuah produk yang memiliki nilai ekonomis merupakan inovasi guru dalam pembelajaran yang tidak hanya berdampak positif pada peserta didik saja akan tetapi juga memiliki manfaat yang sangat bagus terhadap lingkungan di sekitarnya. 


  1. Melakukan Kerjasama dengan Pihak Lain

Supaya proses kegiatan belajar mengajar menjadi jauh lebih maksimal guru bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain, bisa dengan sebuah institusi maupun komunitas lokal. Perubahan inovasi guru penggerak dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain mampu mendorong peserta didik untuk mengoptimalkan keterampilannya. 


Karya inovasi guru bisa berupa kerjasama antara organisasi atau perusahaan lokal yang menyediakan magang bagi siswa-siswi. Sebenarnya cara ini bukanlah yang pertama kali digunakan karena sudah sejak dulu ada program magang yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah, khususnya sekolah kejuruan. 


  1. Mengadakan Ekstrakurikuler

Karya inovasi guru yang berikutnya bisa dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler dibuat untuk mengembangkan keterampilan siswa dan keterampilan yang dikembangkan lebih fokus pada keterampilan di bidang seni dan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. 


Melalui kegiatan ekstrakurikuler guru harus mampu mendorong peserta didik untuk mengembangkan potensi yang telah dimilikinya supaya menjadi lebih terasa dan bisa bermanfaat untuk kehidupan pribadinya di masa mendatang atau bahkan saat ini. Salah satu contoh kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki peluang bagus yaitu kegiatan di bidang broadcasting atau pengembangan website dan sosial media. 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.