Unduh Aplikasi Guru Binar
Beasiswa Guru Binar Pendidikan GAMIFICATION INOVASI
Author : Zemy Nur Putri
Editor :

200 Siswa dan 20 Guru Terpilih menjadi Peserta Junior Game Program Kota Solok

Jakarta – Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan program, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pendidikan Kota Solok bersama Putera Sampoerna Foundation inisiasi Program Hybrid: Junior Game Program yang akan dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober 2024.

Program ini dibuka pada hari Selasa (03/09) melalui Sesi Pembekalan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Irsyad beserta para jajarannya, dan  Fundraising Manager Putera Sampoerna Foundation Ida Bagus Gede Werdhi Putra berserta tim fasilitator.

Selain itu, pada pembukaan program ini dihadiri juga oleh 200 peserta program yang merupakan siswa jenjang SD dan SMP serta 20 guru pendamping. Peserta ini merupakan peserta yang telah terseleksi dari 500 calon peserta yang mendaftar pada tanggal 22 hingga 30 Agustus lalu.

“Program Junior Game ini merupakan program pengalihan dari kebiasaan anak-anak dalam kecanduan game menjadi keterampilan yang dikuasai mereka. Jadi kita geser kebiasaan ini menjadi hal baik sebagai bekal mereka nanti” ucap Irsyad (03/09)

Rangkaian kegiatan pada program ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan yaitu pelatihan mengenai pemanfaatan aplikasi bahasa pemograman visual level pemula yaitu Scratch dengan hasil karya berupa ragam permainan.

 

Di akhir program, akan dilaksanakan kompetisi hasil karya sebagai salah satu apresiasi pada pembelajaran peserta program. Kompetisi ini dilakukan untuk memacu semangat serta meningkatkan minat eksplorasi dan kreasi peserta.

 

Irsyad juga mengatakan jika kompetisi ini menjadi motivasi terbesar para peserta, “tentunya di akhir program nanti akan ada kompetisi, sehingga para peserta harus menyelesaikan setiap pelatihan ini dengan baik agar karya permainan yang dibuat memenuhi penilaian dan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Solok” tambahnya (03/09).

“Kesempatan mengadakan pelatihan seperti ini sangat jarang dilakukan sehingga menjadi kesempatan baik untuk seluruh peserta. Karakter pelatihan tentang bahasa pemrograman serta saat ini kita berada di era digital yang perkembangan teknologi sangat pesat menjadi suatu alasan tepat untuk peserta mengikuti program ini dengan baik” ucap Ida Bagus Gede (03/09).

Dengan diimplementasikannya program ini diharapkan mampu mengembangkan kompetensi siswa dalam bahasa pemograman sederhana sehingga menciptakan generasi bangsa yang mampu bersaing dalam perkembangan teknologi.

Sumber dan referensi :

-  

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.