Unduh Aplikasi Guru Binar
EDUKASI
Author : Zemy Nur Putri
Editor :

Self-paced Learning sebagai Pilihan Moda Peningkatan Kompetensi Guru di Era Merdeka Belajar

Pembelajaran era globalisasi menuntut  kreativitas  dan  inovasi  guru  dalam mengembangkan  strategi  pembelajaran  yang  tepat.  Selaras dengan yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengenai “Merdeka Belajar” yang bermakna bahwa guru memiliki kebebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif. Guna mewujudkan hal ini, maka guru harus mengasah keterampilan dan pengetahuannya sehingga dapat memberikan pembelajaran yang bermakna untuk siswa.

Sebagai bentuk bentuk komitmen dalam pengembangan kompetensi guru dan dukungan terhadap program pemerintah, Guru Binar untuk kali kedua mengadakan kegiatan tahunannya yaitu Hari Belajar Online 2022. Hari Belajar Online tahun ini Guru Binar menggandeng Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan mengusung tema Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Metode Swapacu (self-paced learning).

“Melalui rangkaian kegiatan ini, kami percaya bahwa pembelajaran secara mandiri diharapkan menjadi bibit-bibit yang bisa ditularkan kepada rekan sesama guru bahkan ke siswa kita yang nantinya akan menjadi pembiasaan di masa mendatang” ujar Juliana (13/4).

Hari Belajar Online yang dimulai sejak tanggal 7 Juni 2022 ini menghadirkan webinar berseri dengan 12 topik yang dibawakan langsung oleh narasumber dari Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar. Selama tiga hari, webinar dihadiri lebih dari 3000 peserta yang berprofesi sebagai guru dari berbagai jenjang diseluruh Indonesia.

Selain itu, puncak acara Hari Belajar Online yang berlangsung pada tanggal 13 Juni 2022 dikemas dalam bentuk talk show dihadiri oleh Dirjen GTK, Dr. Iwan Syahril, Ph.d. “Kegiatan seperti ini menjadi tentu saja merupakan berita baik untuk kita semua terutama untuk ekosistem pendidikan yang terus berkembang. Dan memang sudah seharusnya bahwa sistem pendidikan ini menjadi tugas kita semua” ujarnya.

Talk-show yang berlangsung selama 1 jam 30 menit ini mengangkat tema “Pembelajaran Mandiri: Tren Masa depan” dengan narasumber Zulfikar Hermawan – Tenaga Ahli Teknologi Kemdikbudristek dan dua pemenang lomba karya tulis ilmiah yang merupakan bagian dari serangkaian program Hari Belajar Online 2022.

Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang holistik, terintegrasi dan sistematis, yang bertujuan untuk meningkatkan akses pelatihan guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, sesuai dengan kebutuhan, yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online (belajar swapacu).

Sebagai program tahunan, pekan Hari Belajar Online dapat membukakan akses bagi guru-guru di Indonesia tidak hanya dalam menggali pengetahuan-pengetahuan baru dalam dunia pendidikan tapi juga menjadi media dalam pengembangan kompetesi guru.

Sumber dan referensi :

-

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.