Unduh Aplikasi Guru Binar
Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

Guru Belajar: Pengertian, Tahapan, Seri, Dan Manfaat Ikut Program Ini


Pemerintah melalui Ditjen GTK Kemdikbud meluncurkan program guru belajar. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi keterpurukan di bidang pendidikan karena dampak pandemi covid 19. Lantas apa itu guru belajar? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Pengertian Program Guru Belajar 

Guru belajar ialah gerakan kolaborasi pemerintah dengan komunitas dan organisasi yang bergerak di bidang pengembangan GTK. Tujuannya yaitu untuk menyediakan beragam program belajar yang relevan dan bisa diikuti oleh guru dan tenaga pendidik secara daring

Adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru dan tenaga pendidik dalam berbagai bidang ajar sehingga siswa mendapatkan ilmu dari guru-guru terbaik. Selain itu, diharapkan mampu menjadi tempat bertemunya guru dari berbagai bidang di seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti ragam seri belajar serta berbagai ragam bentuk pembelajaran. 

Tahapan Program Guru Belajar 

Dalam prosesnya, terdapat 3 tahapan yang harus diikuti oleh setiap peserta. Berikut beberapa diantaranya: 

1. Bimtek 

Pada tahap ini, peserta akan mempelajari konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kurikulum kondisi khusus, hingga model PJJ. Di samping itu juga akan mempelajari penggunaan teknologi dan sumber belajar. 

2. Pendidikan Dan Latihan 

Tahapan ini diikuti oleh peserta yang telah lulus tahap pertama dengan skor minimal 70. Di tahap kedua, peserta akan ditantang untuk merancang, melakukan hingga merefleksikan PJJ. 


3. Pengimbasan 

Setelah lulus tahap kedua, maka peserta akan mengikuti tahapan ini. Nantinya guru akan diundang menjadi bagian perubahan pendidikan dengan mengajak guru lain mengikuti “Guru Belajar Seri Masa Pandemi” melalui Penilaian Kinerja Guru (PKG), Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 


Seri Yang Tersedia Dalam Program Guru Belajar 

Awalnya, guru belajar menghadirkan Seri Masa Pandemi Covid 19. Namun kini, program ini sudah berkembang dan meluncurkan beberapa seri lainnya, diantaranya: 

1. Seri PAUD 

Program ini dibuat untuk meningkatkan kompetensi dan berbagai macam kemampuan teknis GTK PAUD. Nantinya guru bisa meningkatkan kemampuan mengajar dan menstimulasi perkembangan anak usia dini secara holistik dan integratif. 

Dalam seri ini terdapat 2 diklat yaitu Diklat Berjenjang dan Diklat Teknis. Keduanya memberikan fasilitas kepada GTK PAUD yaitu berupa materi dalam bentuk modul dan video pembelajaran, soal latihan, dan ruang kolaborasi yang bisa digunakan untuk berdiskusi. 

2. Seri Semangat Guru: Kemampuan Non Teknis Dalam Adaptasi Teknologi 

Seri ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan non teknis para guru dan tenaga kependidikan sebagai pendukung penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun yang bisa menjadi peserta ialah semua guru jenjang PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga administrasi yang sudah memiliki akun SIMPKB. 

3. Seri Guru Merdeka Belajar 

Seri ini dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya. Adanya seri ini bertujuan untuk membantu guru mendapatkan kunci pengembangan diri soal kemerdekaan hingga karir. 

4. Seri Literasi Dan Numerasi 

Program ini dibuat untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas guru dan tenaga pendidik dalam literasi dan numerasi. Sasaran dari program ini berbasis platform guru belajar dan berbagi ini ialah guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah pada berbagai jenjang pendidikan. 

Manfaat Ikut Program Guru Belajar 

Setiap peserta yang mengikuti program ini akan mendapatkan sejumlah manfaat, diantaranya: 

1. Meningkatkan Kompetensi Guru 

Salah satu manfaat mengikuti program ini yaitu mampu meningkatkan kompetensi baik dalam pembelajaran maupun dalam penggunaan IT. Selain itu, guru juga akan lebih paham mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan bisa mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar. 

2. Belajar AKM Menjadi Lebih Mudah 

Guru lebih mudah mempelajari AKM karena konten yang disajikan sifatnya lebih simple. Di samping itu, waktu yang fleksibel dan memungkinkan untuk berkolaborasi dengan rekan guru yang lain. Metode belajar dikemas menggunakan Learning Management System (LMS) yang menarik dan interaktif. 

3. Mendapatkan Sertifikat Bimtek 32 Jam 

Bagi guru maupun peserta yang sudah menjadi PNS/ASN maka bisa mendapatkan sertifikat dengan jumlah alokasi 32 jam. Hal ini berarti peserta bisa mendapatkan jumlah 1 poin Angka Kredit untuk kenaikan pangkat. 

4. Guru Honor Lebih Mudah Diterima/Lolos PPPK 

Di tahun 2021, pemerintah melakukan penerimaan guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak/P3K dari guru honor. Dalam proses seleksinya, para guru honorernya akan diberikan fasilitas khusus berupa akses materi dan pelatihan secara online melalui program guru belajar seri PPPK

Guru honorer akan terbiasa dengan sistem pelatihan yang dilakukan secara online. Selain itu, materi dalam seleksi PPPK tentunya banyak terkait dengan materi di dunia pendidikan yang aktual. Dengan demikian maka akan memperkaya materi latihan dalam Tes SKB guru ASN. 

Adanya program guru belajar sangat bermanfaat bagi guru maupun tenaga pendidik lainnya. Dalam prosesnya terdapat 3 tahapan yang bisa diikuti oleh peserta program. Tidak hanya itu, namun juga terdapat beberapa seri yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang pendidikan. 

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.