Unduh Aplikasi Guru Binar
EDUKASI
Author : Fajar Tri
Editor : Zemy Nur Putri

7 Manfaat Mengikuti Webinar Guru Binar

Webinar bisa diartikan sebagai presentasi, seminar atau pembelajaran yang dilakukan oleh banyak orang yang berasal dari berbagai tempat dilakukan secara tatap muka melalui media aplikasi atau website. Webinar Guru Binar merupakan seminar online yang diadakan oleh Guru Binar yang terhubung melalui data internet.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika ingin mengikuti webinar, seperti smartphone atau laptop, koneksi internet atau paket data, serta website yang akan digunakan untuk seminar secara daring.

Bagi seorang guru, akan lebih baik untuk aktif mengikuti webinar Guru Binar. Karena pada webinar Guru Binar memberikan beragam informasi terkini mengenai dunia pendidikan, lalu solusi dalam melakukan pembelajaran era kini, menambah ilmu dan pengalaman hingga menambah relasi karena biasanya peserta webinar hadir dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan di luar Indonesia.



Kelebihan Mengikuti Webinar Guru Binar

Pada zaman serba teknologi ini, sayang sekali jika anda tidak memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengikuti webinar guru binar yang menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Ada beberapa kelebihan webinar jika dibandingkan dengan seminar biasa, antara lain:

  • Dapat menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk datang ke lokasi seminar dan tidak perlu menyewa tempat untuk seminar.
  • Lebih fleksibel, karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  • Materi webinar bisa dilihat ulang.
  • Dapat melakukan interaksi dengan fasilitator dan banyak orang walaupun tidak bertemu secara langsung.
  • Webinar dapat meminimalisasi seorang pembicara yang sering merasa gugup dalam presentasi.

Manfaat Webinar Guru Binar

Webinar bukan lagi hal yang asing untuk didengar, karena sudah banyak lembaga atau komunitas yang menyelenggarakan kegiatan ini bagi siapa saja termasuk guru. Anda dapat menggunakan kesempatan mengikuti webinar guru binar untuk menambah ilmu atau meng-upgrade pengetahuan. Terlebih lagi jika webinar tidak dipungut biaya atau gratis, sayang sekali untuk dilewatkan. Beberapa manfaat webinar yang dapat anda rasakan adalah sebagai berikut.

  • Dapat Mengupdate Diri
    Dalam kegiatan webinar guru berisi kegiatan pembelajaran atau presentasi yang disesuaikan dengan tema. Jika anda ikut serta dalam kegiatan webinar seputar guru dan tips mengajar, maka anda akan mendapatkan ilmu yang sangat berharga.
    Webinar guru binar bertujuan untuk membantu guru dalam mengajar serta memahami tentang teknologi terbaru saat ini. Kegiatan belajar mengajar tidak hanya dilakukan secara tatap muka saja, tetapi bisa melalui Google Meet atau Zoom.
  • Mendapatkan Ilmu dari Narasumber yang Berpengalaman
    Seorang narasumber yang menyampaikan materi webinar, pastilah orang yang sudah memiliki pengalaman dan ilmu yang cukup banyak untuk diberikan kepada para peserta. Narasumber dalam webinar tidak hanya yang memiliki background pendidikan saja.
    Karena hal terkait pendidikan sangatlah luas, narasumber bisa saja berasal dari artis terkenal, CEO, atau pebisnis handal yang ingin membagikan kisah sukses mereka.
  • Menambah Ilmu Pengetahuan
    Alasan utama seorang guru mengikuti webinar yaitu untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti webinar, dapat anda bagikan kepada peserta didik di sekolah.
    Sebagai seorang guru, anda harus terus belajar. Terlebih lagi di zaman yang semakin maju dan ilmu pengetahuan juga semakin berkembang.

  • Proses Pembelajaran Menjadi Lebih Baik
    Dalam kegiatan webinar guru binar, anda akan mendapatkan materi pembelajaran dan informasi baru. Hal inilah yang akan menambah kemampuan dan pengetahuan anda dalam proses belajar mengajar.

  • Melakukan Workshop dengan Guru Lain
    Selama kegiatan webinar ada sesi workshop bersama dengan guru dan tenaga pengajar dari sekolah lain. Dalam kesempatan ini, anda dapat bertukar pikiran dan berbagi pengalaman mengajar. Jadi selama mengikuti workshop ini, anda tidak hanya mendapatkan pengetahuan saja, namun juga pengalaman yang baru.
    Anda bisa bertemu dan berkenalan dengan guru dari sekolah lain, serta menambah relasi sesama pengajar. Selain itu, anda juga dapat saling bertukar informasi dengan guru lain.

  • Mengisi Waktu Luang
    Jika anda mengikuti webinar, selain untuk mengisi waktu luang anda juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Selain untuk mengisi waktu luang, anda juga bisa berkenalan dengan para profesional dan menambah relasi. Sehingga waktu luang yang anda miliki tidak terbuang dengan sia-sia.

  • Mendapat Sertifikat
    Dalam kegiatan webinar biasanya disediakan sertifikat elektronik atau e-sertifikat untuk setiap peserta. Jika anda mengikuti webinar guru binar, anda akan mendapatkan e-sertifikat.
    E-sertifikat akan menambah portofolio anda sebagai seorang guru. Sertifikat ini juga menjadi bukti pengalaman anda selama mengikuti berbagai seminar pendidikan.
    Memiliki sertifikat juga akan mempermudah anda untuk naik jenjang, baik upah ataupun jabatan karena pengalaman yang bertambah. Selain itu, sertifikat diberikan oleh penyelenggara sebagai bentuk apresiasi bagi anda yang mengikuti kegiatan webinar tersebut.
    Biasanya penyelenggara juga akan memberikan hadiah menarik lainnya untuk peserta yang mengikuti kegiatan webinar. Hal ini juga akan membuat anda lebih bersemangat untuk mengikuti webinar, karena selain memperoleh ilmu, anda juga bisa mendapatkan hadiah yang menarik.
Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.