Unduh Aplikasi Guru Binar
Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

7 Tips agar Lulus Ujian Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru


Selain menjadi PNS salah satu jenjang karir yang bisa dimiliki oleh profesi guru adalah sertifikasi. Oleh sebab itu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan sertifikasi bagi para tenaga guru non sertifikasi adalah dengan melakukan pendaftaran pendidikan profesi guru atau PPG.  


Apabila lolos dalam proses pendaftaran dan juga tes ujian PPG maka nantinya Ada kemungkinan besar para guru  bisa mendapatkan sertifikasi


Sama halnya dengan ujian atau tes pada umumnya. Di mana nantinya Anda juga memerlukan berbagai macam persiapan secara matang untuk menghadapi ujian tersebut. 


Dengan begitu kemungkinan untuk lolos pada ujian PPG bisa semakin besar dan Anda dapat memperoleh sertifikasi sebagai jabatan fungsional guru. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghadapi ujian PPG: 


  1. Pastikan Semua Soal Terjawab dan Terisi

Tips yang pertama yang bisa digunakan agar bisa lolos dalam proses pendaftaran pendidikan profesi guru adalah dengan memastikan semua soal sudah terjawab dan terisi. Apabila waktu tes akan segera berakhir maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan memperhatikan jawaban. Pastikan bahwasanya semua soal sudah terisi dengan jawaban tanpa ada satupun yang tersisa.



Meskipun pada dasarnya memang akan ada soal yang mana Anda tidak mengetahui mana jawaban benar. Maka salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan memilih secara atau memilih asal-asalan. Pasalnya dalam sistem ujian tersebut tidak terdapat pengurangan poin bagi jawaban salah. 


Dengan begitu meskipun Anda memilih secara acak jawaban untuk soal yang sulit. Ada kemungkinan besar bahwasanya jawaban acak tersebut memiliki peluang benar. Jika pun nantinya salah hal ini tidak akan mengurangi skor atau nilai yang sudah diperoleh.



  1. Sisakan Waktu 15 Menit di Bagian Akhir

Sangat disarankan bagi anda untuk menyisakan waktu sekitar 15 menit sebelum waktu ujian pendaftaran pendidikan profesi guru berakhir. Salah satu tujuannya adalah agar ada waktu untuk mengoreksi kembali jawaban. Jika pun nantinya masih ada jawaban yang terlewat maka bisa segera dikerjakan. Selain itu apabila masih terdapat jawaban yang dirasa ragu-ragu, Anda masih punya waktu untuk memantapkannya.


  1. Jawab dengan Cara Berurutan

Tips ketika yang perlu dilakukan saat proses ujian berlangsung adalah dengan menjawab soal secara berurutan. Salah satu tujuan mengerjakan soal seperti ini adalah agar Anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan di bagian akhir. Selain itu Anda juga akan semakin mudah untuk mengerjakan sehingga tidak ada satu nomor pun yang terlewat.


  1. Atur Manajemen Waktu

Tips berikutnya agar lolos dari ujian tes PPG dan mengemban tugas guru adalah dengan mengatur manajemen waktu. Kalau diketahui bahwasanya jumlah soal dalam ujian tersebut adalah 120 soal ujian. Sedangkan untuk waktu mengerjakannya adalah sebanyak 150 menit.


Berdasarkan perbandingan tersebut Anda diberikan waktu sebanyak 1,25 menit untuk mengerjakan 1 soal ujian tes pendaftaran pendidikan profesi guru. Dengan begitu maka Anda akan memerlukan waktu pengerjaan dengan yang cukup cepat. 


Oleh sebab itu sebelum melakukan pendaftaran atau tes sebaiknya pelatih skill kemampuan diri agar terbiasa mengerjakan soal dengan waktu cepat.


  1. Tandai Soal dengan Jawaban yang Masih Ragu-ragu

Pada proses pengerjaan ujian PPG nantinya Anda akan mengerjakan soal secara berurutan. Oleh sebab itu untuk beberapa soal yang Jawabannya masih dirasa ragu-ragu maka sebaiknya ditandai terlebih dahulu. Apabila sudah ditandai maka langsung saja lanjut ke soal berikutnya sampai dengan 120 soal selesai.


Anda bisa menjawab soal tersebut dengan jawaban ragu-ragu. Biasanya jawaban ragu-ragu akan ditandai dengan warna kuning. Meskipun masih terasa kurang yakin namun boleh saja mengisi dengan jawaban tersebut karena ada kemungkinan besar jawaban ragu-ragu tadi berpeluang sebagai jawaban benar.


  1. Memahami Kisi-kisi dan Memetakan Materi

Sama halnya dengan ujian pada umumnya pada tes pendaftaran pendidikan profesi guru nantinya juga akan ada kisi-kisi seputar soal yang akan keluar. Oleh sebab itu momen tersebut harus Anda manfaatkan dengan baik. Pahami semua kisi-kisi yang diberikan dan diperkirakan akan muncul sebagai soal.


Apabila sudah memahami perkiraan kisi-kisi tersebut an selanjutnya petakan materinya. Dengan pemetaan materi tersebut nantinya anda akan lebih mudah untuk memahami serta menjawab soal sesuai dengan kisi-kisinya.


Cara memetakan materi tentunya sangat mudah yakni hanya perlu memilah antara materi yang dikuasai dan sebaliknya. Selain itu perhatikan juga tingkat kesulitan dari masing-masing soal. Biasanya soal pada tes PPG akan ditandai dengan tingkat angka 2 hingga 6 tergantung kesulitannya. 


Segala kemungkinan untuk lolos dalam pendaftaran pendidikan profesi guru tentunya antara lolos atau tidak. Namun kemungkinan lolos akan semakin besar apabila Anda sudah melakukan berbagai macam persiapan untuk menghadapi tes tersebut. 


Dengan persiapan maka Anda akan lebih matang untuk menghadapi ujian nantinya. Di atas adalah beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan sebagai salah satu referensi.

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.