Unduh Aplikasi Guru Binar
Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor : Fajar Tri

Ketahui Pengertian Pengajar Praktik, Manfaat, Hingga Kriteria Dan Mekanisme Seleksinya

Dalam dunia pendidikan, pengajaran sering diartikan sama dengan kegiatan mengajar. Dalam arti lain yaitu telah terjadi interaksi belajar mengajar antara komponen pengajaran khususnya antara guru dan siswa, antara siswa dengan siswa, dan antara guru dan siswa. 

Pengertian Pengajar Praktik 

Pengajar praktik ialah bagian dari Program Pendidikan Guru selain guru penggerak dan fasilitator.  dan fasilitator. Pengajar praktik sendiri merupakan istilah baru bagi pendamping guru penggerak yang digunakan saat gelombang pertama yaitu sekitar Juni 2020. 

Tugas utama dari pengajar ini yaitu sebagai pendamping guru penggerak dalam proses pendidikan guru penggerak. Selain itu juga berperan sebagai orang yang berbagi praktik baik, mengevaluasi, dan memberikan umpan balik kepada calon guru penggerak selama pendidikan yaitu 9 bulan. 

Pendamping juga bertugas untuk memfasilitasi lokakarya pada setiap bulan dan proses refleksi serta rencana tindak lanjut untuk peserta saat masa daring. Di samping itu juga membuat laporan capaian perkembangan calon guru penggerak. 

Pentingnya Pengajar Praktik Dalam Program Pendidikan Guru Penggerak 

Adanya pendamping dalam proses pendidikan guru penggerak tentunya memberikan sejumlah manfaat. Berikut beberapa diantaranya: 

1. Mengembangkan Kompetensi Dalam Lokakarya Bersama 

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh yaitu mempromosikan 9 bulan pendidikan guru dan peningkatan kapasitas dalam lokakarya bersama. Program ini mencakup pelatihan online gratis hingga pendampingan selama 9 bulan untuk calon guru motivator. 

2. Meningkatkan Kompetensi Sebagai Pemimpin Pembelajaran 

Pendamping juga mampu meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran ketika mengikuti program ini. Tentu saja peran sebagai pemimpin pembelajaran tersebut berpusat pada murid. 

3. Mendapatkan Pengalaman Belajar 

Setiap peserta akan mendapatkan pengalaman yang berharga yaitu belajar mandiri dan kelompok yang terbimbing, terstruktur, serta menyenangkan. Ini akan menambah wawasan baru mengenai cara mengajar yang efektif untuk keberhasilan pendidikan. 

Siapa Yang Berhak Mendaftar Sebagai Guru Praktik?

Tentu banyak yang bertanya, siapa saja yang berhak mendaftar sebagai pengajar praktik guru penggerak. Berikut beberapa diantaranya: 

  • Guru. 

  • Kepala Sekolah. 

  • Pengawas Sekolah. 

  • Praktisi/Akademi Konsultan Pendidikan. 

Kriteria Pengajar Praktik 

Untuk menjadi seorang pengajar yang mendampingi guru penggerak terdapat kriteria yang harus dipenuhi. Apa saja kriterianya? Simak ulasannya berikut. 

1. Kriteria Umum 

Pada kriteria umum, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru agar bisa menjadi pendamping guru penggerak. Berikut beberapa diantaranya: 

  • Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat PPG, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak. 

  • Tidak sedang menjadi instruktur, pelatih lapang, maupun pengawas lapang pada Program Organisasi Penggerak. 

  • Tidak sedang proses rekrutmen calon guru penggerak, calon fasilitator, maupun sedang menjalankan tugas sebagai calon guru penggerak atau fasilitator pada Program Pendidikan Guru Penggerak. 

  • Guru, kepala sekolah, maupun penggiat pendidikan telah menerapkan kepemimpinan pembelajaran. 

  • Mendapatkan izin dari pimpinan atau atasan tempat bekerja. 

  • Bersedia mendampingi peserta selama proses pelatihan dan pendampingan selama 9 bulan. 

2. Kriteria Khusus 

Sedangkan untuk kriteria khusus yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut: 

  • Pendidikan minimal S1/D4. 

  • Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun. 

  • Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid. 

  • Memiliki sisa masa kerja sebelum pensiun minimal 2 tahun. 

  • Memiliki pengalaman mentoring atau pelatihan guru selama 1 tahun. 

  • Berkomitmen untuk menyelesaikan program. 

  • Memiliki pengalaman kepemimpinan. 

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Pengajar Praktik 

Untuk menjadi pengajar yang berhasil maka harus memiliki kemampuan sebagai berikut: 

  • Kemampuan memimpin dan mendampingi maupun mementorkan guru penggerak. 

  • Mampu memberikan pelatihan kepada tim yang didampingi. 

  • Mampu memberikan evaluasi, saran, maupun masukan terhadap performa dan kinerja dari guru yang didampingi. 

  • Memiliki rencana dan jadwal pendampingan yang bersifat sistematis. 

  • Mampu menjaga komitmen dalam keseluruhan jadwal pendidikan. 

Bagaimana Mekanisme Seleksinya?

Bagi guru yang ingin mengikuti seleksi pengajar praktik, berikut mekanisme seleksi yang harus diperhatikan. 

  • Ditjen GTK menyiapkan laman dan SIM Aplikasi pendaftaran calon pengajar praktik pendidikan guru penggerak. 

  • Ditjen GTK memberikan sosialisasi terkait Program Pendidikan Guru Penggerak kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait. 

  • Ditjen GTK kemudian mengumumkan pendaftaran calon pengajar secara daring melalui laman maupun surat kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota. 

  • Calon pengajar praktik mendaftar secara daring melalui laman resmi yang sudah disediakan oleh pihak terkait. 

  • Nantinya calon pengajar akan diminta untuk mengisi pernyataan maupun pertanyaan dan mengunggah dokumen persyaratan yang terdiri dari biodata, KTP, Ijazah S1/D4, pakta integritas, SK mengajar bagi unsur guru, sertifikat guru penggerak (bagi guru penggerak, surat izin dari pimpinan/atasan tempat bekerja sesuai dengan format yang sudah ditentukan.

  • Ditjen GTK akan melakukan 3 tahap seleksi untuk calon pengajar sebelum bertugas di PGP. 

  • Ditjen GTK menetapkan dan mengumumkan calon pengajar praktik yang memenuhi syarat secara daring dan menyampaikan rekapitulasi kepada dinas pendidikan kabupaten, kota, dan provinsi serta penyelenggara pendidikan guru penggerak. 

Sebagai pengajar, peran guru tentu saja tidak hanya menyampaikan materi kepada siswa. Namun, lebih dari itu, terdapat beragam pelatihan yang bisa diikuti untuk meningkatkan kompetensi, misalnya menjadi pengajar praktik. Terdapat banyak manfaat yang akan diperoleh bagi setiap guru yang mengikuti program tersebut. 

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.