Unduh Aplikasi Guru Binar
Program Prakerja
Author : Fajar Tri
Editor :

Apa Itu Pelatihan Prakerja? Simak Penjelasannya dan Cara Mengikutinya

Program pelatihan prakerja dibuat oleh pemerintah sejak tahun 2020 yang mana bertujuan untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja dan bantuan sosial kepada masyarakat. Namun, pada tahun 2023 ini, program pelatihan prakerja hanya berfokus untuk peningkatan kompetensi kerja saja. Meski begitu, program ini tetap dapat berguna untuk meringankan biaya pelatihan.

Melalui program ini, para peserta akan mendapatkan peluang untuk meningkatkan skill atau kemampuannya sebelum terjun ke dunia kerja. Durasi pelatihan yang sebelumnya 6 jam telah diubah menjadi 15 jam serta terdapat sesi pelatihan daring dan luring. Selain itu, pelatihan daring yang sebelumnya hanya menonton video saja, kini diubah menjadi webinar yang lebih interaktif.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja

Lantas, bagaimana cara untuk mengikuti program pelatihan prakerja ini? Nah, berikut cara mengikuti pelatihan prakerja yang bisa Anda ikuti, yakni: 

Setelah Anda mendaftar program pelatihan ini, cek dashboard akun Prakerja Anda untuk memastikan kalau dana pelatihan sudah tersedia dan siap untuk Anda gunakan. Tontonlah video di dashboard Prakerja sebelum Anda membeli pelatihan mana yang akan diikuti. Setelah itu, pilihlah pelatihan yang akan Anda beli dan ikuti kelasnya. 

Selanjutnya, selesaikan pelatihan tersebut dan beri peringkat serta ulasan supaya Anda memperoleh insentif. Nah, para peserta pelatihan prakerja ini tentunya bisa memilih lebih dari satu pelatihan selama dana Anda masih cukup. Jadi, pilihlah pelatihan dengan bijak supaya dana pelatihan Anda tidak terbuang sia-sia dan Anda pun mendapatkan skill yang diinginkan.

Cara Memilih Pelatihan Prakerja

Nah, jika masih bingung bagaimana cara memilih pelatihan prakerja Anda tak perlu bingung. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mempermudah Anda dalam memilih jenis pelatihannya, yaitu:

1. Tentukan Skill yang Ingin Dipelajari

Langkah pertama, tentukan skill atau bidang apa yang akan Anda pelajari untuk meningkatkan skill atau kemampuan Anda. Cara ini dapat menjadi modal dasar untuk menentukan potensi yang Anda miliki. Selain itu, Anda bisa menentukan jenis pekerjaan yang tepat untuk Anda pilih dikemudian hari.

2. Riset Platform Belajar 

Setelah menentukan skill yang akan dipelajari, selanjutnya membeli jenis pelatihan yang sesuai dengan bidang yang diinginkan. Namun, sebelum membeli lakukan riset platform terlebih dahulu untuk mengetahui apakah platform tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan bidang yang Anda minati. Jangan lupa, riset juga mentor yang akan menjadi tentor Anda.

Memperkenalkan

Program Prakerja Guru Binar adalah inisiatif yang dirancang khusus untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, guru-guru dapat mengakses pelatihan dan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengajar secara daring. 

Dengan fokus pada pengembangan kompetensi digital, guru dapat lebih efektif mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, meningkatkan daya saing pendidikan Indonesia di tingkat global. 

Program Prakerja Guru Binar adalah langkah positif untuk mempersiapkan guru-guru Indonesia menghadapi tantangan pendidikan masa depan.

3. Cek Ulasan & Rating 

Mengecek ulasan dan rating dari para pengguna sebelumnya juga dapat menjadi referensi Anda untuk membeli pelatihan tersebut atau tidak. Dengan melihat ulasan tersebut, bisa menjadi acuan kepuasan atau ketidakpuasan para peserta sebelumnya. Jadi, Anda bisa lebih yakin dengan pilihan Anda.

Contoh Pelatihan Prakerja

Terdapat 6 contoh pelatihan prakerja yang bisa diikuti apabila Anda telah dinyatakan lolos di program Kartu Prakerja. Apa sajakah itu? Berikut daftar pelatihan yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Belajar Marketing melalui Sosial Media 

Di pelatihan ini, Anda akan belajar mengenai seluk-beluk digital marketing via media sosial. Pada kelas ini Anda akan diajari kemampuan untuk memahami, mengidentifikasi, hingga mempraktikkan cara beriklan dan pemasaran produk atau jasa dari bisnis Anda. Selain itu, Anda juga diajari cara membangun strategi bisnis untuk meningkatkan pendapatan melalui internet.

2. Menciptakan Situs Jualan Online 

Bagi Anda yang ingin berbisnis jualan online bisa mengikuti pelatihan ini karena akan mempelajari dan memahami cara membuat situs jualan online dengan mudah, lho! Bahkan, tanpa perlu background pendidikan dari pemrograman komputer. Nah, tujuan utama dari pelatihan prakerja ini adalah agar para peserta mampu membuat situs jualan online menggunakan Wordpress.

3. Belajar Memasarkan Produk Via Marketplace 

Kelas pelatihan prakerja ini bisa diikuti bagi yang ingin meniti karier sebagai spesialis pemasaran di bidang E-commerce. Nantinya, Anda akan belajar mengenai mulai dari tata cara membuat toko hingga mengoptimasi toko dan produk Anda. Selain itu, Anda juga akan belajar bagaimana untuk memanfaatkan fitur-fitur marketing di dalam marketplace dengan maksimal.

4. Belajar Membuat Iklan Lewat Google Ads

Dalam pelatihan ini, Anda akan belajar cara menguasai platform Google Ads mulai dari mengetahui tipe-tipe iklan, riset keyword iklan, hingga membuat campaign. Lebih dari itu, Anda juga akan diajarkan untuk melakukan optimasi dan monitoring lewat Google Ads agar melatih mindset Anda untuk terus belajar dan mencari tahu tips sukses beriklan di Google Ads ini.

5. Belajar Memasarkan Produk & Jasa Via Instagram 

Instagram merupakan salah satu platform media sosial terbesar di dunia, sehingga tidak mengherankan jika banyak pelaku bisnis yang memasarkan produk/jasanya melalui platform ini. Pada pelatihan ini, Anda akan belajar cara melakukan pemasaran di Instagram dengan membuat profil dan konten berkualitas, hingga strategi promosinya yang jitu untuk menggaet konsumen.

6. Belajar Membuat dan Menulis Blog untuk Copywriter Pemula

Program "Belajar Copywriting" adalah kesempatan unik untuk menguasai seni menulis persuasif. Copywriting adalah kunci untuk mempengaruhi pembaca, memikat pelanggan, dan meningkatkan penjualan. 

Dalam kelas ini, Anda akan memahami strategi copywriting yang efektif, mengasah keterampilan menulis, dan memahami psikologi konsumen. Dengan bimbingan para ahli dalam industri, Anda akan belajar cara membuat teks yang meyakinkan dan menghasilkan hasil positif dalam bisnis Anda. Bergabunglah dengan program "Belajar Copywriting" dan mulailah meraih kesuksesan dalam dunia pemasaran.

Program ini sudah tersedia di dalam program prakerja Guru Binar. silahkan akses di halaman Membuat dan Menulis Blog untuk Copywriter Pemula

Demikian daftar pelatihan prakerja yang mudah untuk Anda ikuti. Pastinya, Anda juga harus betul-betul niat saat mempelajari skill-skill di program pelatihan prakerja tersebut agar bisa mendapatkan ilmunya dengan maksimal.

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.