Unduh Aplikasi Guru Binar

Penandatanganan MoU Kerja Sama Provinsi Jawa Timur dengan Guru Binar

Author : Zemy Nur Putri
Editor :



Minggu, 2 April 2021, telah dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan Provinsi  Jawa Timur dengan Guru Binar dalam pemberian beasiswa Program Peningkatan Kualitas Guru Sekolah Tingkat Atas dan Kejuruan melalui Pemanfaatan Pelantar Pelatihan Guru Daring – Guru Binar.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Gubernur Provinsi Jawa Timur dan Elan Merdy selaku Senior Director Putera Sampoerna Foundation. Untuk memperkuat tatanan kerjasama ini, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur kemudian secara khusus menandatangi Perjanjian Kerjasama yang menaungi kerjasama program beasiswa pelatihan guru di Guru Binar. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Dr.Ir.H. Wahid Wahyudi, MT selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Juliana selaku Head of Development and Program Putera Sampoerna Foundation.

Pada sambutan yang diberikan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur Ibu Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si menyampaikan dukungan yang sebesar – besarnya terhadap pelaksanaan program pelatihan guru daring sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru sehingga guru-guru di Jawa Timur menjadi lebih kreatif dan inovatif terutama pada masa pandemi.

Untuk mendorong peningkatan kompetensi guru khususnya di Jawa Timur, PSF melalui Guru Binar memberikan beasiswa pelatihan kepada 40 ribu guru – guru jenjang SMA dan SMK. Beasiswa ini akan diberikan secara bergulir yang dibagi kepada beberapa gelombang, dimulai dengan 200 guru pada gelombang pertama dan seterusnya.

Sebagai langkah awal dari pemberian beasiswa, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur akan melakukan seleksi terhadap 200 orang pertama yang akan mengikuti pelatihan secara online. Di awal program, guru terpilih akan mengikuti webinar yang diadakan oleh Guru Binar sebagai pembuka untuk masuk ke kelas-kelas pelatihan melalui kelas kolaborasi di gurubinar.id. Setelah mengikuti webinar, para guru berkesempatan untuk memilih topik pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Untuk mendukung program ini, Guru Binar menyediakan kelas pelatihan dengan durasi hingga 128 JP bagi para guru di Provinsi Jawa Timur.

Bersama Guru Binar para guru dibantu untuk mencapai tujuan pengembangan kompetensi dan karir guru dengan memberikan pelatihan yang terfokus, kontekstual dan aplikatif untuk mengoptimalkan kinerja pengajaran dalam mengembangkan lulusan yang berkualitas ujar Juliana, Head of Development and Program Putera Sampoerna Foundation.

Guru Binar merupakan sebuah pelantar pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon hadirnya pandemi Covid 19. Selain itu Guru Binar dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, sesuai dengan kebutuhan, yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online (belajar swapacu).

Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini akan mampu memberikan kesempatan pelatihan kepada guru-guru di Jawa Timur yang nantinya diharapkan kompetensi guru di Jawa Timur akan semakin meningkat dan merata.

Sumber dan referensi :


-

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.