Guru Binar Mengintegrasikan sistem Gamifikasi dalam Pelatihan

Author : Zemy Nur Putri
Editor : Zemy Nur Putri

Perkembangan teknologi mendorong munculnya berbagai inovasi khususnya di dunia pendidikan, salah satunya dengan hadirnya gamifikasi. Saat ini, metode gamifikasi menjadi salah satu contoh pembelajaran inovatif yang terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar karena unik dan menarik. Pada sistem gamifikasi, pembelajaran inovatif yang digunakan adalah berbagai jenis permainan yang divisualisasikan melalui video atau animasi berdasarkan adaptasi dari materi pembelajaran.

Guru Binar yang merupakan platform pengembangan karir guru melalui beragam pelatihan online dan program penunjang lainnya, serta mengintegrasikan gamifikasi dalam pelatihannya. Hal ini didorong oleh keinginan Guru Binar dalam meningkatkan motivasi belajar guru dalam rangka peningkatan kompetensinya, terutama saat pandemi seperti ini guru-guru menghadapi beragam tantangan yang memerlukan kreativitas dalam penanganannya.

Seperti halnya game, dengan integrasi sistem gamifikasi ini Guru Binar memberikan tampilan visual animasi yang dilengkapi oleh memberikan badges (lencana) terhadap pencapaian yang diraih, adanya scenario dalam perjalanan pelatihan, jenjang pelatihan, serta dilengkapi leaderboard yang berguna untuk menunjukan performa setiap pengguna.

Sistem integrasi ini telah dirancang sedemikian rupa agar proses pelatihan guru terasa menyenangkan dan membantu pengguna lebih fokus, serta memahami materi yang sedang dipelajari. Sebagai platform pertama yang mengintegrasikan sistem gamifikasi dalam pelatihan, Guru Binar berharap dapat meningkatkan motivasi guru dalam belajar demi meningkatkan kompetensinya agar terciptanya lulusan Indonesia yang berkualitas. 

Yuk pantau proses pelatihan Anda di roadmap Guru Binar!



Sumber dan referensi :


-

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.