Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan
Author : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd
Editor : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd

Tema 6 : Cita-Citaku Subtema 2 : Hebatnya Cita-Citaku

Mata Pelajaran
KD
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
PPK
Penilaian
AW
Sumber Belajar
PPKn
3.3.
4.3
3.3.1
3.3.2
4.3.1
Mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya
Mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya
Membuat poster, tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah dengan menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia
• Keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya
1. Dengan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya.
2. Membaca teks dan melakukan pengamatan untuk mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya
3. Membuat poster, dan menuangkan hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah dengan menggunakan
• Religius
• Nasionalis
• Mandiri
• Gotong Royong
• Integritas
Sikap:
• Jujur
• Disiplin
• Tanggung Jawab
• Santun
• Peduli
• Percaya diri
• Kerja Sama
24 JP
• Buku Guru
• Buku Siswa
• Buku lain yang relevan
• Media yang relevan
• Internet
• Lingkungan sekitar
5
kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia
Jurnal:
• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain
• Penilaian Diri:
• Daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah
Pengetahuan:
Tes Lisan
Tes Tertulis
Keterampilan:
• Praktek
• Produk
• Portofolio/ proyek
Bahasa Indonesia
3.6
4.6
3.6.1
3.6.2
3.6.3
3.6.4
3.6.5
4.6.1
Menjelaskan cara membuat puisi
Memahami makna puisi
Membuat sebuah puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima
Menuangkan gagasan gagasan tentang cita-citanya dalam puisi
Membuat puisi secara mandiri
Mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri
• Cara membuat puisi
1. Mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, serta menjelaskan cara membuat puisi.
2. Membaca puisi “Menari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, serta menjelaskan cara membuat puisi.
3. Menulis sebuah puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama.
4. Menulis puisi dan menuangkan gagasangagasan tentang cita-citanya.
5. Membuat puisi, dan menuliskan kehebatan polisi serta menuliskan makna.
6. Membaca puisi, dan mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri
IPA
3.2
4.2
3.2.1
3.2.2
4.2.1
4.2.2
Membandingkan dua daur hidup binatang
Menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar
Melaporan hasil pengamatan tentang manfaat makhluk hidup
Melaporkan siklus hidup mahluk hidup
• Daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda
• Manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar
1. Mencari informasi tentang daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda, dan membandingkan siklus hidup makhluk hidup dan melaporkannya
2. Membaca teks “Manfaat Makhuk Hidup di Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dari bacaan tersebut, untuk menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
3. Mengamati lingkungan sekitarnya, dan membuat laporan hasil pengamatn tentang manfaat makhluk hidup.
IPS
3.1
4.1
3.1.1
3.1.2
4.1.1
Mengidentifikasikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya
Mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya
Menyajikan hasil pengamatan tentang sumber daya alam yang ada di sekitarnya
• Sumber daya alam yang ada di sekitarnya
1. Dengan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan tersebut.
2. Membaca teks dan berdiskusi, dan mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya.
SBdP
3.3
4.3
3.3.1
3.3.2
4.3.1
4.3.2
Menjelaskan gerak tari kreasi daerah
Mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri
Membuat sebuah tarian kreasi perpaduan tari-tari Merak
Mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah
• Gerak tari kreasi daerah
• Tari kreasi
1. Mencari informasi tentang beberapa gerakan tari daerah, menjelaskan gerak tari kreasi daerah.
2. Mengikuti gerakan tari daerah dan mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah.
3. Membuat sebuah tarian kreasi
6
Mata Pelajaran : Matematika
KD
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
PPK
Penilaian
AW
Sumber Belajar
3.9
4.9
1. Mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar beraturan dan tidak beraturan
2. Menyebutkan nama-nama bangun datar beraturan dan tidak beraturan
3. Menjelaskan jenis-jenis bangun datar beraturan dan tidak beraturan
4. Mengetahui jenis-jenis bangun datar segitiga
5. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar segitiga
6. Menggambar jenis-jenis segitiga
7. Menganalisis sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang
8. Menunjukkan perbedaan bangun datar persegi dan persegi panjang
9. Menganalisis sifat-sifat bangun datar trapesium
10. Menunjukkan jenis-jenis bangun datar trapesium
11. Mengukur sudut bangun datar trapesium
12. Menganalisis sifat-sifat bangun datar jajargenjang
13. Mengukur sudut bangun jajargenjang
14. Menganalisis sifat-sifat bangun datar layang-layang
15. Menganalisis sifat-sifat bangun belah ketupat
16. Mengukur sisi belah ketupat dan layang-layang
• Bangun datar beraturan dan tidak beraturan
• Jenis-jenisdan sifat bangun datar segitiga
• Sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang
• Sifat-sifat dan jenis bangun datar trapesium
• Sifat-sifat bangun datar jajargenjang
• Sifat-sifat bangun datar layang-layang
• Sifat-sifat bangun belah ketupat
1. Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
2. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
• Religius
• Nasionalis
• Mandiri
• Gotong Royong
• Integritas
Sikap:
• Jujur
• Disiplin
• Tanggung Jawab
• Santun
• Peduli
• Percaya diri
• Kerja Sama
Jurnal:
• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain
• Penilaian Diri:
• Daftar cek tentang sikap peserta didik
Pengetahuan:
• Tes Lisan
• Tes Tertulis
Keterampilan:
• Praktek
• Produk
• Portofolio/proyek
24 JP
24 JP
24 JP
24 JP
• 
Sumber dan referensi :

Buku Guru
• Buku Siswa
• Buku lain yang relevan
• Media yang relevan
• Internet
• Lingkungan sekitar

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.