Author : Erlina Megawati Aji,S.Pd
Editor : Erlina Megawati Aji,S.Pd
SOAL TEMA 9
NAMA SD |
Nama : |
|
PENILAIAN
AKHIR SEMESTER |
||
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021 |
No. Absen : |
|
Mata Pelajaran |
: Tematik tema 9 |
|
Kelas |
: IV (Empat) |
Nilai : |
Waktu |
: 90 menit |
|
Tanggal |
:
|
I.
Berikan
tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1. Sesuatu
yang harus kita terima disebut…
a. Kewajiban |
c. Norma |
b. Hak |
d. Peraturan |
2. Kewajiban
kita terhadap lingkungan adalah…
a. Menikmati
lingkungan segar. |
c. Membersihkan
lingkungan dari sampah. |
b. Memperoleh air sehat dan bersihyang disediakan oleh
alam, untuk minum, mandi, pengairan sawah, dan pembangkit tenaga listrik. |
d. Memperoleh apa yang kita butuhkan |
3. Konservasi
terhadap flora dan fauna merupakan salah satu contoh perwujudan pelaksanaan
…..terhadap lingkungan alam.
a. Kewajiban manusia |
c. Hak manusia |
b. Hak dan kewajiban
manusia |
d.
Manusia |
4. Hak yang bisa di dapatkan murid di sekolah adalah…
a.
Merawat fasilitas sekolah. |
c. Mendapatkan
perlindungan dan keadilan dari pihak sekolah |
b.
Menjaga kedamaian dan ketentraman sekolah. |
d.
Membayar uang sekolah dan uang
administrasi. |
Soal no 5 dan 6
Lala: maaf pak bolehkan saya meminta waktu
bapak sebentar
Bapak Camat : iya, ada apa ya?
Lala : begini pak, saya…..ingin mewawancarai bapak, apa
boleh?
Bapak Camat : oh iya, silahkan
Lala : kalau boleh tahu sudah berapa lama bapak
menjabat sebagai Camat?
Bapak Camat : sekitar …tahun
Lala : apa bapak menikmati pekerjaan bapak
selama menjadi camat?
Bapak Camat : oh iya tentu
Lala : kalau boleh tahu, sehari hari bapak pergi
ke kantor mengendarai apa?
Bapak Camat : kalau saya naik mobil
Lala : apakah bapak mempunyai anak, kelas berapa
sekarang?
Bapak Camat : ya saya mempunyai seorang anak
laki laki, sekarang kelas 4 SD
Lala : ya sudah pak, saya rasa ini cukup. maaf
telah mengganggu bapak, terima kasih
Bapak Camat : iya sama sama
5. Narasumber
yang terdapat pada teks wawancara di atas…
a. Teman lala |
c. Bapak camat |
b. Wakil camat |
d. Lala |
6. Teks
wawancara yang di atas menceritakan tentang…
a. Kehidupan bapak
camat |
c. Anak bapak camat
|
b. Kehidupan
masyarakat desa |
d. Profesi bapak
camat |
7. Sebelum
melakukan wawancara hal yang harus dilakukan adalah…
a. Mempersiapkan diri secara matang dan harus siap dalam
memberikan pertanyaan. |
c. Mempersiapkan diri dan tidak harus siap dalam
memberikan pertanyaan |
b. Mempersiapkan diri secara matang dan belum siap dalam
memberikan pertanyaan |
d. Mempersiapkan diri secara matang dan tidak harus siap
dalam memberikan pertanyaan |
8. Alat
bantu yang biasa yang digunakan di dalam melakukan wawancara adalah..
a. Alat tulis dan
alat perekam |
c. Microfon |
b. Buku dan kabel |
d. Buku dan microfon |
9. Sumber
energi yang tidak dapat diperbarui yaitu..
a. air, matahari,
dan batu bara |
c. batu bara, gas
alam, dan hasil tambang |
b. air, gas, dan
hasil tambang |
d. air, matahari,
dan hewan |
10. Kegiatan
ekonomi yang dapat di lakukan di daerah pantai, kecuali…
a. Penyewaan alat-lat menyelam |
c. Jasa pemandu
wisata |
b. Penyewaan alat-lat pertanian |
d. Penginapan dan
hote |
11. Pemanfaatan
lahan untuk industri, peternakan, dan perumahan merupakan kegiatan ekonomi yang
dapat di lakukan di daerah…
a. Dataran rendah |
c. Daerah sungai |
b. Dataran tinggi |
d. Daerah laut |
12. Berlian,
Belerang, dan Fosfat merupakan contoh dari jenis sumber daya alam…
a.
Sumber daya alam bukan logam |
c. Sumber daya alam industri |
b.
Sumber daya alam logam |
d.
Sumber daya alam bukan industri |
13. Ukuran
kecepatan musik dalam birama lagu atau cepat lambatnya lagu dinyanyikan
disebut…
a. Melodi |
c. Nada |
b. Birama |
d. Tempo |
14. Rangkaian Sejumlah Nada atau bunyi berdasarkan perbedaan
tinggi rendah atau Naik turunnya disebut…
a. Melodi |
c. Nada |
b. Birama |
d. Tempo |
15. ketikan
menyanyikan lagu “ Tanah airku” menggunakan tempo…
a.
Tempo lambat |
c.
Tempo lambat |
b.
Tempo Sedang |
d. Tempo campuran |
16. lagu
yang menggunakan tempo cepat adalah…
a. Mengheningkan
cipta |
c. Tanah airku |
b. Syukur |
d. Maju tak gentar |
17.
Perubahan energi yang terjadi pada
gambar di atas adalah…
a. Energi angin menjadi energi panas. |
c. Energi angin menjadi energi gerak. |
b Energi angin menjadi energi angin
|
d. Energi angin menjadi energi gesek.
|
18. Perubahan
energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga surya adalah…
a. Energi cahaya menjadi energi listrik |
c. Energi matahari
menjadi energi listrik |
b. Energi cahaya menejadi energi cahaya |
d. Energi panas
menjadi energi listrik |
19 Perubahan
energi listrik menjadi energi panas, kecuali…
a. Kompor listrik |
c. Penggunaan oven |
b. Penggunaan AC |
d. Setrika |
20. Penggunaan
gas LPG merupakan salah satu contoh pemanfatan sumber daya energi dan perubahan
energi. perubahan energi tersebut adalah…
a. Gas menjadi panas |
c. Kimia menjadi
gas |
b. Panas menjadi
gas |
d. Dingin menjadi panas |
II.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
21. Sebutkan
kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan!
22. Sebutkan
kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari!
(teks
wawancara untuk soal nomor 23 dan 24)
DVD :
Anda telah menghabiskan banyak waktu bersama masyarakat desa sekitar hutan,
bisakah anda gambarkan bagaimana situasi penghidupan masyarakat desa saat ini.?
MUL :
Jika melihat penghidupan masyarakat desa, sebenarnya saat ini sudah dalam
kondisi terjepit terutama terkait dengan akses terhadap sumberdaya alam. Lahan
yang selama ini menjadi sumber penghidupan semakin sulit untuk diakses, karena
penguasaan negara, pengusaha dan pihak diluar masyarakat lokal. Air sebagai
kebutuhan dasar saat ini menjadi sulit karena kerusakan hutan. Secara sosial,
masyarakat semakin kesulitan untuk mengkombinasikan antara usaha pemanfaatan
sumberdaya alam dengan pelestarian sumberdaya alam itu sendiri.
DVD : Mengapa terjadi demikian ?
MUL :
Tekanan modernisasi membuat perubahan budaya dalam masyarakat, sehingga terjadi
degradasi nilai nilai lokal seperti yang ada pada masyarakat tradisional.
Pembangunan telah merubah kehidupan masyarakat menjadi semakin jauh dari nilai
nilai lokal yang selaras dengan kelestarian alam.
DVD : Bisakah anda berikan satu kasus yang
menjelaskan hal tersebut ?
MUL : Saya melihat masalah energi di pedesaan
menjadi hal yang serius. Masyarakat desa hutan pada umumnya menggunakan kayu
bakar untuk sumber energi, dan kebutuhan itu sudah mencapai taraf yang menurut
saya sudah diatas kemampuan hutan untuk menyediakannya. Namun kan tidak bisa kebiasaan
ini kemudian dihapuskan begitu saja, namun harus ada cara untuk menyediakan
kayu bakar tanpa merusak hutan. Misalnya dengan mengembangkan persediaan stok
biomassa untuk kebutuhan energi, bisa pada lahan masyarakat atau lahan umum
seperti tanah desa. Inovasi juga perlu dilakukan seperti pengembangan
alternatif sumber energi dari kayu bulat menjadi serbuk, pemanfaatan sekam atau
yang banyak berkembang adalah biogas.
23. Berdasarkan
hasil wawancara di atas, usaha pelestarian kekayaan hayati yang dilakukan
adalah .....
24. Tema pada dialog wawancara di atas adalah
.........
25. Bagaimana
pemanfaatan alam yang di lakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya?
26. Sebutkan
manfaat air bagi kehidupan manusia selain utuk (minum, mencuci dan mandi)!
27. Apa
yang di maksud dengan tempo? Sebutkan macam- macam tempo!
28.
lagu di atas menggunakan tempo…
29. Energi
yang di manfaatkan pada gambar di bawah ini adalah…
30. sebutkan
dan jelaskan macam- macam energi!
No soal |
Mata pelajaran |
Kompetensi dasar |
Skor nilai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KUNCI JAWABAN
1 |
B |
2 |
C |
3 |
B |
4 |
C |
5 |
C |
6 |
A |
7 |
A |
8 |
A |
9 |
C |
10 |
B |
11 |
A |
12 |
C |
13 |
D |
14 |
A |
15 |
A |
16 |
D |
17 |
C |
18 |
A |
19 |
B |
20 |
A |
21. Kerja
sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan:
a. Melaksanakan
kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling
mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan
kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola
sampah dengan baik.
22. Kewajiban
manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari:
a. Menghemat
energi dengan menggunakannya seperlunya.
b. Memanfaatkan
teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
c. Menjaga
dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energi.
d. Melakukan
reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber air.
e. Menggunakan
energi alternatif seperti energi angin, air, atau matahari untuk menggantikan
energi yang tidak dapat diperbarui.
23. Mengembangkan
persediaan stok biomassa untuk kebutuhan energi, bisa pada lahan masyarakat
atau lahan umum seperti tanah desa. Inovasi juga perlu dilakukan seperti
pengembangan alternatif sumber energi dari kayu bulat menjadi serbuk,
pemanfaatan sekam atau yang banyak berkembang adalah biogas
24. Usaha
pelestarian kekayaan hayati
25. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik
abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup). Manusia memanfaatkan lingkungan
abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang
yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya. Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia
bernilai tinggi pun ditambang. Emas dan
perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari
karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam
lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.Tidak hanya lingkungan abiotik
yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga
dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis
hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia
membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti
ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya.
Hewan-hewanyang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali
diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian
tubuh lainnya seperti cula badak dan gading gajah. Perburuan manusia yang tidak terkendali
menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis. Apabila hal
tersebut dibiarkan, hewan tersebut akan mengalami kepunahan.
26. sebagai
sarana transportasi
27.
sebagai sarana wisata/rekreasi
sebagai sarana irigasi/pengairan
sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
28. Tempo
sedang
29. Tempo
adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu( Cepat
atau lambatnya lagu dinyanyikan)
Tempo dibagi menjadi 3:
1. Tempo
lambat
2. Tempo
sedang
3. Tempo
cepat
30. Energi
angin yang di manafaatkan pada kincir angin
31. Macam-
macam energi:
1. Energi
bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkandari suara atau
bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi
gong.
2. Energi
Panas
Energi panas yang terbesar di bumi ini adalahenergi panas
matahari. Energi panas disebut juga energi kalor.
3. Energi
Listrik
Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan
rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas,
bunyi, dan gerak.
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.