Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan
Author : Erlina Megawati Aji,S.Pd
Editor : Erlina Megawati Aji,S.Pd

SOAL PAS TEMA 8

NAMA SD

Nama             :

PENILAIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

No. Absen     :

Mata Pelajaran

: Tematik tema 8

Kelas

: IV (Empat)

Nilai               :

Waktu

: 90 menit

Tanggal

:

 

I.    Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

1.     Sikap dalam menghadapi perbedaan Agama antarteman yaitu..

a.  Menghormati teman yang sedang melakukan ibadah.

c.  Mengusilkan teman yang berbeda agama.

b.  Memilih dalam berteman

d.  Membuat keributan ketika ada teman yang sedang melakukan ibadah.

2.    Keberagaman karakteristik yang ada di rumah meliputi, kecuali…

a.  Jenis kelamin

c.  Usia

b.  Kegemaran

 

d.  Tempat tinggal

3.    Setiap hari Ahad pagi Doni bermain badminton Bersama dengan teman- temannya, sedangkan Ayah melakukan Lari pagi di Alun- laun kota. Perbedaan karakteristik yang ada pada Doni dan Ayah adalah..

a. Kegemaran

c.  Usia

b. Fisik

d.Tempat tinggal

4.    Keberagaman yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah…

a.  Agama

c.    Profesi

b.  Usia

d.   Kegemaran

Soal No 5- 8

Si Pitung

Suatu sore Si Pitung melihat kelakuan anak buah Babah Liem yang sewenang-wenang. Babah Liem adalah tuan tanah di daerah tempat tinggal Si Pitung. Dia dan anak buahnya sering merampas harta rakyat dan menarik pajak tinggi. Sebagian hasil rampasan itu diberikan kepada pemerintah Belanda.

Si Pitung bertekad untuk melawan anak buah Babah Liem. Kemudian, dia berguru kepada Haji Naipin, seorang ulama yang juga pandai ilmu bela diri. Si Pitung cepat menguasai semua ilmu yang diajarkan oleh Haji Naipin.

”Pitung, gunakan ilmu yang kuberikan untuk membela orang-orang yang tertindas. Jangan sekali-kali kau gunakan ilmumu ini untuk menindas orang lain,” pesan Haji Naipin.

Sekarang Si Pitung sudah siap melawan anak buah Babah Liem. Dia menghentikan ulah anak buah Babah Liem yang sedang merampas harta rakyat jelata.

”Heh, Anak Muda! Siapa kau? Beraninya menghentikan kami!” tanya salah satu anak buah Babah Liem.

”Kalian tak perlu tahu siapa aku. Yang jelas, aku akan menghentikan ulah kalian selamanya,” jawab Si Pitung.

Anak buah Babah Liem menyerang Si Pitung. Namun, Si Pitung bisamengalahkan mereka semua. Sejak saat itu, nama Si Pitung terkenal di kalangan penduduk.

Si Pitung memutuskan untuk mengabdikan hidupnya pada rakyat jelata. Dia bertekad untuk mengambil kembali hak yang sudah dicuri oleh tuan tanah dan mengembalikannya kepada rakyat. Dia mengajak beberapa temannya untuk bergabung dengannya.

Kelakuan Si Pitung tidak disukai oleh tuan tanah dan juga pemerintah Belanda. Mereka mengeluarkan perintah untuk menangkap Si Pitung. Namun, Si Pitung amat cerdik. Dia selalu berpindah tempat sehingga pemerintah Belanda dan juga tuan tanah tidak bisa menangkapnya. Karena kesal, pemerintah Belanda menggunakan cara licik. Mereka menangkap Pak Piun, ayah Si Pitung dan Haji Naipin.

Salah satu pejabat pemerintah Belanda yang bernama Schout Heyne mengumumkan bahwa jika Si Pitung tak menyerah, Pak Piun dan Haji Naipin akan dihukum.

Si Pitung mendengar berita tentang penangkapan ayah dan gurunya itu. Kemudian, dia menghadap Schout Heyne dan menyerahkan diri. Dia tak mau ayah dan gurunya menderita.

”Pitung, kau telah meresahkan banyak orang dengan kelakuanmu itu. Untuk itu, kau harus dihukum tembak,” kata Schout Heyne.

”Kau tidak keliru? Bukannya kau dan tuan tanah itu yang meresahkan orang banyak? Aku tidak takut dengan ancamanmu!” jawab Si Pitung.Schout Heyne benar-benar melaksanakan ancamannya. Si Pitung

dihukum tembak. Hidup Si Pitung berakhir di ujung peluru. Namun, kisah kepahlawanannya tetap dikenang. Si Pitung, si pahlawan rakyat jelata.

 

Sumber: Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.

 

5.    Tokoh utama dalam cerita “Si Pitung” adalah…

a.  Haji naipin

c.  Babah liem

b.  Pak piun

d.  Si pitung

6.    Tokoh antagonis pada cerita “Si Pitung” adalah…

a.  Haji naipin

c.  Babah liem

b.  Pak piun

d.  Si pitung

7.    Tokoh yang bernama Haji Naipin pada cerita “ Si Pitung” merupakan tokoh..

a.  Deutragonis

c.  Antagonis

b.  Campuran

d.  Protagonis

8.    Watak si pitung di dalam cerita adalah…

a.  Pemberani dan Peduli

c.   Peduli dan baik hati

b.   Pemberani dan penyabar

d.   Baik hati dan penyabar

9.    Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman yang mereka tanam. tanaman yang di tanam di dataran tinggi adalah…

a.  Padi dan palawija.

c.  Bawang dan palawija

b.  Kol dan wortel

d.  kubis dan Palawija

10. kondisi geografis negara  Indonesia merupakan salah faktor yang menyebabka perbedaan mata pencaharian penduduk Indonesia. Dari kondisi tersebut mata pencaharian yang paling banyak di lakukan masyarakat di Indonesia adalah…

a.  Berlayar

c.  Budi daya ikan

b.  Bertani

d.  Berburu

11. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak tempat pariwisata. Banyak orang yang menghabiskan hari liburnya di Yogyakarta. Dengan demikian Usaha yang sangat cocok di lakukan di yogyakarta adalah..

a.  Mendirikan tempat penginapan

c. Membuat kerajinan tangan

b.  Mendirikan tempat pariwisata

 

d.  Membuat berbagai pertunjukan

 

12. Orang yang melakukan kegiatan menghasilkan barang dan jasa disebut..

a.  Konsumsi

c. Produksi

b.  Konsumen

d. Produsen

13. karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut…

a.  Karya dua dimensi

c.  Karya satu dimensi 

b.  Karya tiga dimensi 

d.  Karya empat dimensi

14. Pada notasi angka lagu    Yamko   Rambe   Yamko  menggunakan nada yang di gunakan adalah…

a.  Nada tinggi dan nada sedang.

c.  Nada tinggi dan nada cepat.

b.  Nada tinggi dan nada rendah.

d.  Nada Lambat dan nada sedang.

15. Tinggi rendah nada yang berurutan dalam sebuah lagu  disebut …

a.  Tempo

c.  Melodi.

b.   Intonasi

d.  Birama

16. Tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah merupakan contoh tarian…

a.   Tari Kreasi baru

c.   Tari modern

b.   Tari tradisional

d.   Tari semi modern

17. Pengaruh gaya terhadap benda yang menunjukkan benda bergerak dan berubah arahnya yaitu…

a.  Bola kasti yang dilempar kemudian dipukul.

c.  Mobil mogok yang kemudian didorong.

 

b Pembuatan asbak dan pembuatan bata merah.

 

d. Mobil yang melaju kemudian direm

 

18. Gaya yang terdapat pada permainan ketapel adalah…

a. Gaya Tarik

c.  Gaya pegas

b. Gaya otot

d.  Gaya gesek

19. Perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya disebut…

a.  Gerak

c.  Gaya

b.  Suhu

d.  Energi

20. Suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk disebut…

a.  Gerak

c.  Gaya

b.  Suhu

d.  Energi

 

II.            Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !

21. Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya saling menghormati perbedaan karakteristik antarmasyarakat. Banyak manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia. Sebutkan beberapa manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia!.

22. Adanya karakteristik individu dalam masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Sebutkan manfaat tersebut!

Teks bacaan soal No 23 dan 24

Asal Mula Telaga Warna

Dahulu kala di Jawa Barat, ada Raja dan Permaisuri yang belum dikarunia anak. Padahal, mereka sudah bertahun-tahun menunggu. Akhirnya, Raja memutuskan untuk bertapa di hutan.

Di hutan Raja terus berdoa kepada Yang MahaKuasa. Raja meminta agar segera dikarunia anak. Doa Raja pun terkabul.

Permaisuri melahirkan seorang bayi perempuan. Raja dan Permaisurisangat bahagia. Seluruh rakyat juga bersuka cita menyambut kelahiran Putri Raja.

Raja dan Permaisuri sangat menyayangi putrinya. Mereka juga sangat memanjakannya. Segala keinginan putrinya dituruti. Tak terasa Putri Raja telah tumbuh menjadi gadis yang cantik. Hari itu dia berulang tahun ketujuh belas. Raja mengadakan pesta besar-besaran. Semua rakyat diundang ke pesta.

Raja dan Permaisuri telah menyiapkan hadiah istimewa berupa kalung. Kalung terbuat dari untaian permata berwarna-warni. Saat pesta berlangsung, Raja menyerahkan kalung itu.

”Kalung ini hadiah dari kami. Lihat, indah sekali, bukan? Kau pasti menyukainya,” kata Raja.

Raja bersiap mengalungkan kalung itu ke leher putrinya. Sungguh di luar dugaan, Putri menolak mengenakan kalung itu.

”Aku tak suka kalung ini, Ayah,” tolak Putri dengan kasar. Raja dan Permaisuri terkejut. Kemudian, Permaisuri berusaha membujuk putrinya dengan lembut. Permaisuri mendekat dan hendak memakaikan kalung itu ke leher putrinya.

”Aku tidak mau! Aku tidak suka kalung itu! Kalung itu jelek!” teriak Putri sambil menepis tangan Permaisuri. Tanpa sengaja, kalung itu terjatuh. Permata-permatanya tercerai-

berai di lantai. Permaisuri sangat sedih. Permaisuri terduduk dan menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut menangis. Mereka sedih melihat tingkah laku Putri yang mereka sayangi.

Tidak disangka, air mata yang tumpah ke lantai berubah menjadi aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berserakan. Air tersebut mengalir ke luar istana dan membentuk danau. Anehnya, air danau berwarna-warni seperti warna-warna permata kalung Putri. Kini danau itu dikenal dengan nama Telaga Warna.

 

Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.

23. Siapa Tokoh- tokoh yang terdapat pada cerita “ Asal Mula Telaga Warna”?

24. Bagaima sifat dari seorang putri pada cerita tersebut!

25. Sebutkan aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di daerah dataran tinggi!

26. Sebutkan dan jelaskan macam- macam kegiatan ekonomi!

27. Apa yang di maksud dengan tempo? Sebutkan macam- macam tempo!

28. Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis benda tersebut!

29. Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan!

30. Apa yang dimaksud  dengan gaya? Sebutkan beberapa pengaruh gaya terhadap gerakan benda!

 

No soal

Mata pelajaran

Kompetensi dasar

Skor nilai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


KUNCI JAWABAN

1

A

2

D

3

A

4

A

5

D

6

C

7

D

8

A

9

B

10

B

11

A

12

D

13

B

14

A

15

C

16

B

17

A

18

C

19

A

20

C

 

21. Manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia:

1.  Dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu.                 

2.  Belajar bersosialisasi.

3.  Belajar toleransi.

4.  Saling melengkapi sesama individu.

5.  Hidup rukun dalam masyarakat.

22. Manfaat keragaman karakteristik individu dalam masyarakat dalam kegiatan ekonomi:

Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional

Alat Pemersatu Bangsa

Sebagai Ikon Pariwisata

Memupuk Sikap Toleransi

Menambah Pendapatan Nasional

23. Raja, Permaisuri, Putri Raja dan Rakyat.

24. Sifat seorang putri yang ada  pemarah, dan  manja.

25. Macam- macam kegiatan ekonomi:

·         Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut produsen.

·         Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.

·         Konsumsi adalah kegiatan memakai barang-barang hasil produksi. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut konsumen.

26. kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan di daerah dataran tinggi:

a.    Pertanian dan perkebunan, terutama untuk padi, sayuran, teh, kopi, buah-buahan, serta berbagai jenis bunga dan tanaman hias.

b.    Peternakan, terutama sapi, hal ini dikarenakan ketersediaan rumput dan air yang pada umumnya cukup melimpah.

c.    Sebagai tujuan wisata, karena pada umumnya, daerah dataran tinggi dan daerah pegunungan mempunyai pemandangan alam yang indah, seperti air terjun, danau, dan agrowisata.

d.    Pada lereng-lereng pegunungan, biasanya pemanfaatannya terbatas untuk areal hutan lindung yang fungsinya telah dikembangkan lebih lanjut menjadi hutan produksi ataupun hutan wisata.

       

27. Tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu( Cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan)

Tempo dibagi menjadi 3:

1.    Tempo lambat

2.    Tempo sedang

3.    Tempo cepat

28. 1.  Benda Kubistis Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas. 

2.  Benda Silindris

Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3.  Benda Bebas

Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.

29. Bola yang ditendang akan mengalami perubahan dari diam menjadi bergerak. Dikarenakan ada gaya(Dorongan dari kaki) yang mengenai bola.

30. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang di berikan pada suatu benda.

Pengaruh gaya terhadap gerakan benda:

1.  Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.

2.  Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

3.  Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

4.  Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.

 

 

 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.