Author : Erlina Megawati Aji,S.Pd
Editor : Erlina Megawati Aji,S.Pd
SOAL PAS TEMA 8
NAMA SD |
Nama : |
|
PENILAIAN AKHIR
SEMESTER |
||
TAHUN PELAJARAN
2020/2021 |
No. Absen : |
|
Mata Pelajaran |
: Tematik tema 8 |
|
Kelas |
: IV (Empat) |
Nilai : |
Waktu |
: 90 menit |
|
Tanggal |
: |
I.
Berikan tanda silang
(x) pada jawaban yang benar !
1.
Sikap dalam menghadapi perbedaan Agama
antarteman yaitu..
a.
Menghormati teman yang sedang melakukan ibadah. |
c.
Mengusilkan teman yang berbeda agama. |
b.
Memilih dalam berteman |
d.
Membuat keributan ketika ada teman yang sedang melakukan ibadah. |
2.
Keberagaman
karakteristik yang ada di rumah meliputi, kecuali…
a.
Jenis kelamin |
c. Usia |
b.
Kegemaran
|
d.
Tempat tinggal |
3.
Setiap hari Ahad pagi
Doni bermain badminton Bersama dengan teman- temannya, sedangkan Ayah melakukan
Lari pagi di Alun- laun kota. Perbedaan karakteristik yang ada pada Doni dan
Ayah adalah..
a. Kegemaran |
c. Usia
|
b. Fisik |
d.Tempat tinggal |
4.
Keberagaman yang
terdapat pada gambar di bawah ini adalah…
a. Agama |
c. Profesi |
b. Usia |
d. Kegemaran |
Soal No 5- 8
Si Pitung
Suatu sore Si Pitung
melihat kelakuan anak buah Babah Liem yang sewenang-wenang. Babah Liem adalah
tuan tanah di daerah tempat tinggal Si Pitung. Dia dan anak buahnya sering
merampas harta rakyat dan menarik pajak tinggi. Sebagian hasil rampasan itu
diberikan kepada pemerintah Belanda.
Si Pitung bertekad
untuk melawan anak buah Babah Liem. Kemudian, dia berguru kepada Haji Naipin,
seorang ulama yang juga pandai ilmu bela diri. Si Pitung cepat menguasai semua
ilmu yang diajarkan oleh Haji Naipin.
”Pitung, gunakan ilmu
yang kuberikan untuk membela orang-orang yang tertindas. Jangan sekali-kali kau
gunakan ilmumu ini untuk menindas orang lain,” pesan Haji Naipin.
Sekarang Si Pitung
sudah siap melawan anak buah Babah Liem. Dia menghentikan ulah anak buah Babah
Liem yang sedang merampas harta rakyat jelata.
”Heh, Anak Muda!
Siapa kau? Beraninya menghentikan kami!” tanya salah satu anak buah Babah Liem.
”Kalian tak perlu
tahu siapa aku. Yang jelas, aku akan menghentikan ulah kalian selamanya,” jawab
Si Pitung.
Anak buah Babah Liem
menyerang Si Pitung. Namun, Si Pitung bisamengalahkan mereka semua. Sejak saat
itu, nama Si Pitung terkenal di kalangan penduduk.
Si Pitung memutuskan
untuk mengabdikan hidupnya pada rakyat jelata. Dia bertekad untuk mengambil
kembali hak yang sudah dicuri oleh tuan tanah dan mengembalikannya kepada
rakyat. Dia mengajak beberapa temannya untuk bergabung dengannya.
Kelakuan Si Pitung
tidak disukai oleh tuan tanah dan juga pemerintah Belanda. Mereka mengeluarkan
perintah untuk menangkap Si Pitung. Namun, Si Pitung amat cerdik. Dia selalu
berpindah tempat sehingga pemerintah Belanda dan juga tuan tanah tidak bisa
menangkapnya. Karena kesal, pemerintah Belanda menggunakan cara licik. Mereka
menangkap Pak Piun, ayah Si Pitung dan Haji Naipin.
Salah satu pejabat
pemerintah Belanda yang bernama Schout Heyne mengumumkan bahwa jika Si Pitung
tak menyerah, Pak Piun dan Haji Naipin akan dihukum.
Si Pitung mendengar
berita tentang penangkapan ayah dan gurunya itu. Kemudian, dia menghadap Schout
Heyne dan menyerahkan diri. Dia tak mau ayah dan gurunya menderita.
”Pitung, kau telah
meresahkan banyak orang dengan kelakuanmu itu. Untuk itu, kau harus dihukum
tembak,” kata Schout Heyne.
”Kau tidak keliru?
Bukannya kau dan tuan tanah itu yang meresahkan orang banyak? Aku tidak takut
dengan ancamanmu!” jawab Si Pitung.Schout Heyne benar-benar melaksanakan
ancamannya. Si Pitung
dihukum tembak. Hidup
Si Pitung berakhir di ujung peluru. Namun, kisah kepahlawanannya tetap
dikenang. Si Pitung, si pahlawan rakyat jelata.
Sumber: Dian K, 100
Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.
5.
Tokoh utama dalam
cerita “Si Pitung” adalah…
a. Haji
naipin |
c.
Babah liem |
b. Pak
piun |
d. Si
pitung |
6.
Tokoh antagonis pada
cerita “Si Pitung” adalah…
a. Haji
naipin |
c.
Babah liem |
b. Pak
piun |
d. Si
pitung |
7.
Tokoh yang bernama
Haji Naipin pada cerita “ Si Pitung” merupakan tokoh..
a.
Deutragonis |
c.
Antagonis |
b.
Campuran |
d.
Protagonis |
8.
Watak si pitung di
dalam cerita adalah…
a.
Pemberani dan Peduli |
c.
Peduli dan baik hati |
b.
Pemberani dan penyabar |
d.
Baik hati dan penyabar |
9.
Perbedaan petani di
daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman
yang mereka tanam. tanaman yang di tanam di dataran tinggi adalah…
a. Padi dan palawija. |
c.
Bawang dan palawija |
b. Kol
dan wortel |
d.
kubis dan Palawija |
10. kondisi geografis negara
Indonesia merupakan salah faktor yang menyebabka perbedaan mata
pencaharian penduduk Indonesia. Dari kondisi tersebut mata pencaharian yang
paling banyak di lakukan masyarakat di Indonesia adalah…
a.
Berlayar |
c. Budi
daya ikan |
b.
Bertani |
d.
Berburu |
11. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak
tempat pariwisata. Banyak orang yang menghabiskan hari liburnya di Yogyakarta.
Dengan demikian Usaha yang sangat cocok di lakukan di yogyakarta adalah..
a. Mendirikan tempat penginapan |
c. Membuat
kerajinan tangan |
b. Mendirikan tempat pariwisata
|
d. Membuat berbagai pertunjukan
|
12. Orang yang melakukan kegiatan menghasilkan barang dan jasa
disebut..
a.
Konsumsi |
c. Produksi |
b.
Konsumen |
d. Produsen |
13. karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta
memiliki volume disebut…
a.
Karya dua dimensi |
c.
Karya satu dimensi |
b.
Karya tiga dimensi |
d.
Karya empat dimensi |
14. Pada notasi angka lagu
Yamko Rambe Yamko
menggunakan nada yang di gunakan adalah…
a. Nada
tinggi dan nada sedang. |
c. Nada
tinggi dan nada cepat. |
b. Nada
tinggi dan nada rendah. |
d. Nada
Lambat dan nada sedang. |
15. Tinggi rendah nada yang berurutan dalam sebuah lagu disebut …
a. Tempo |
c. Melodi. |
b. Intonasi |
d. Birama |
16. Tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah merupakan
contoh tarian…
a.
Tari Kreasi baru |
c.
Tari modern |
b.
Tari tradisional |
d.
Tari semi modern |
17. Pengaruh gaya terhadap benda yang menunjukkan benda bergerak dan
berubah arahnya yaitu…
a. Bola kasti
yang dilempar kemudian dipukul. |
c. Mobil mogok
yang kemudian didorong.
|
b Pembuatan asbak dan pembuatan bata merah.
|
d. Mobil yang melaju kemudian direm |
18. Gaya yang terdapat pada permainan ketapel adalah…
a. Gaya Tarik |
c. Gaya
pegas |
b. Gaya otot |
d. Gaya
gesek |
19. Perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik
perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat
asal akibat benda itu dikenai gaya disebut…
a.
Gerak |
c. Gaya
|
b. Suhu |
d.
Energi |
20. Suatu kekuatan
yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan
kedudukan, atau perubahan bentuk disebut…
a.
Gerak |
c. Gaya |
b. Suhu
|
d.
Energi |
II.
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan tepat !
21. Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya saling menghormati
perbedaan karakteristik antarmasyarakat. Banyak manfaat atas keragaman
karakteristik masyarakat Indonesia. Sebutkan beberapa manfaat atas keragaman
karakteristik masyarakat Indonesia!.
22. Adanya karakteristik individu dalam masyarakat sangat bermanfaat
bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih
banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat
terutama dalam kegiatan ekonomi. Sebutkan manfaat tersebut!
Teks bacaan soal No 23 dan 24
Asal Mula Telaga
Warna
Dahulu kala di Jawa Barat, ada Raja dan Permaisuri yang belum
dikarunia anak. Padahal, mereka sudah bertahun-tahun menunggu. Akhirnya, Raja
memutuskan untuk bertapa di hutan.
Di hutan Raja terus berdoa kepada Yang MahaKuasa. Raja meminta
agar segera dikarunia anak. Doa Raja pun terkabul.
Permaisuri melahirkan seorang bayi perempuan. Raja dan
Permaisurisangat bahagia. Seluruh rakyat juga bersuka cita menyambut kelahiran
Putri Raja.
Raja dan Permaisuri sangat menyayangi putrinya. Mereka juga sangat
memanjakannya. Segala keinginan putrinya dituruti. Tak terasa Putri Raja telah
tumbuh menjadi gadis yang cantik. Hari itu dia berulang tahun ketujuh belas.
Raja mengadakan pesta besar-besaran. Semua rakyat diundang ke pesta.
Raja dan Permaisuri telah menyiapkan hadiah istimewa berupa
kalung. Kalung terbuat dari untaian permata berwarna-warni. Saat pesta
berlangsung, Raja menyerahkan kalung itu.
”Kalung ini hadiah dari kami. Lihat, indah sekali, bukan? Kau
pasti menyukainya,” kata Raja.
Raja bersiap mengalungkan kalung itu ke leher putrinya. Sungguh di
luar dugaan, Putri menolak mengenakan kalung itu.
”Aku tak suka kalung ini, Ayah,” tolak Putri dengan kasar. Raja
dan Permaisuri terkejut. Kemudian, Permaisuri berusaha membujuk putrinya dengan
lembut. Permaisuri mendekat dan hendak memakaikan kalung itu ke leher putrinya.
”Aku tidak mau! Aku tidak suka kalung itu! Kalung itu jelek!”
teriak Putri sambil menepis tangan Permaisuri. Tanpa sengaja, kalung itu
terjatuh. Permata-permatanya tercerai-
berai di lantai. Permaisuri sangat sedih. Permaisuri terduduk dan
menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut
menangis. Mereka sedih melihat tingkah laku Putri yang mereka sayangi.
Tidak disangka, air mata yang tumpah ke lantai berubah menjadi
aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berserakan. Air
tersebut mengalir ke luar istana dan membentuk danau. Anehnya, air danau
berwarna-warni seperti warna-warna permata kalung Putri. Kini danau itu dikenal
dengan nama Telaga Warna.
Dian K, 100 Cerita
Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.
23. Siapa Tokoh- tokoh yang terdapat pada cerita “ Asal Mula Telaga
Warna”?
24. Bagaima sifat dari seorang putri pada cerita tersebut!
25. Sebutkan aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di
daerah dataran tinggi!
26. Sebutkan dan jelaskan macam- macam kegiatan ekonomi!
27. Apa yang di maksud dengan tempo? Sebutkan macam- macam tempo!
28. Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa
dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis benda
tersebut!
29. Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan!
30. Apa yang dimaksud dengan gaya?
Sebutkan beberapa pengaruh gaya terhadap gerakan benda!
No soal |
Mata pelajaran |
Kompetensi dasar |
Skor nilai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KUNCI JAWABAN
1 |
A |
2 |
D |
3 |
A |
4 |
A |
5 |
D |
6 |
C |
7 |
D |
8 |
A |
9 |
B |
10 |
B |
11 |
A |
12 |
D |
13 |
B |
14 |
A |
15 |
C |
16 |
B |
17 |
A |
18 |
C |
19 |
A |
20 |
C |
21. Manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia:
1. Dapat
belajar saling menghargai karakter setiap individu.
2.
Belajar bersosialisasi.
3.
Belajar toleransi.
4. Saling
melengkapi sesama individu.
5. Hidup
rukun dalam masyarakat.
22. Manfaat keragaman karakteristik individu dalam masyarakat dalam
kegiatan ekonomi:
Menumbuhkan Sikap Nasionalisme
Menciptakan Identitas Bangsa di Mata
Internasional
Alat Pemersatu Bangsa
Sebagai Ikon Pariwisata
Memupuk Sikap Toleransi
Menambah Pendapatan Nasional
23. Raja, Permaisuri, Putri Raja dan Rakyat.
24. Sifat seorang putri yang ada
pemarah, dan manja.
25. Macam- macam kegiatan ekonomi:
·
Produksi adalah
kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut
produsen.
·
Distribusi adalah
kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Orang
yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.
·
Konsumsi adalah
kegiatan memakai barang-barang hasil produksi. Orang yang melakukan kegiatan ini
disebut konsumen.
26. kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan di daerah dataran tinggi:
a.
Pertanian
dan perkebunan, terutama untuk padi, sayuran, teh, kopi, buah-buahan, serta
berbagai jenis bunga dan tanaman hias.
b.
Peternakan,
terutama sapi, hal ini dikarenakan ketersediaan rumput dan air yang pada
umumnya cukup melimpah.
c.
Sebagai
tujuan wisata, karena pada umumnya, daerah dataran tinggi dan daerah pegunungan
mempunyai pemandangan alam yang indah, seperti air terjun, danau, dan
agrowisata.
d.
Pada
lereng-lereng pegunungan, biasanya pemanfaatannya terbatas untuk areal hutan
lindung yang fungsinya telah dikembangkan lebih lanjut menjadi hutan produksi
ataupun hutan wisata.
27. Tempo adalah ukuran kecepatan dalam
birama lagu( Cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan)
Tempo dibagi menjadi 3:
1.
Tempo lambat
2.
Tempo sedang
3.
Tempo cepat
28. 1. Benda Kubistis Benda
kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau
balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan
kulkas.
2. Benda
Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang
berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk,
teko, dan guci.
3. Benda
Bebas
Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya
tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam
lain.
29. Bola yang ditendang akan mengalami perubahan dari diam menjadi
bergerak. Dikarenakan ada gaya(Dorongan dari kaki) yang mengenai bola.
30. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang di berikan pada suatu
benda.
Pengaruh gaya terhadap gerakan benda:
1. Gaya
dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.
2. Gaya
dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
3. Gaya
dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.
4. Gaya
dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.