Author : Erlina Megawati Aji,S.Pd
Editor : Erlina Megawati Aji,S.Pd
SOAL PAS 7
NAMA SD |
Nama : |
|
PENILAIAN AKHIR SEMESTER |
||
TAHUN PELAJARAN 2020/2021 |
No.
Absen : |
|
Mata
Pelajaran |
:
Tematik tema 7 |
|
Kelas |
:
IV (Empat) |
Nilai : |
Waktu |
:
90 menit |
|
Tanggal |
:
|
I. Berikan
tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1. keragaman suku bangsa di Indonesia di sebabkan
oleh faktor…
a. Keadan
transportasi |
c. Kondisi negara
kepulauan |
b. Sikap masyarakat
terhadap perubahan |
d. Perbedaan
kondisi alam |
2. Dampak
dari Perbedaan kondisi alam di Indonesia adalah..
a. Keragaman Agama |
c. Keragaman mata
pencaharian |
b. Keragaman sosial
|
d. Keragaman bahasa |
3. Suku Gumau berasal dari Provinsi…
a. Sumatera selatan |
c. Sumatera Utara |
b. Sumatera barat |
d. Lampung |
4. Suku
bangsa yang terdapat di provinsi Bengkulu yaitu…
a.
Abung |
c. Lebang |
b.
Rawas |
d.
Talang mamak |
(Teks
bacaan soal No 5- 6)
Suku
Bangsa di Indonesia
Sejak dahulu kala bangsa Indonesia
hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda
Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku
bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun
berdampingan.
Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat
Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku.
Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang
meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan
dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin,
Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah
Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa
atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua
yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen
dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510
jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.
(Sumber: http://bobo.kidnesia.com. diunduh 1 September
2016)
5. Berdasarkan teks di atas suku terbesar yang ada di
Indonesia adalah..
a. Suku nias |
c. Etnis tionghoa |
b. Suku jawa |
d. Suku papua |
6. Pokok
pikiran daru paragraf pertama adalah..
a. Keragaman bangsa
Indonesia |
c. Keragaman suku
bangsa di Indonesia |
b. Keragaman agama
di Indonesia |
d. Keragaman
adat istiadat di Indonesia |
7. Teks
bacaan “ Suku Bangsa di Indonesia” adalah..
a. Teks fiksi |
c. Dongeng |
b. Teks nonfiksi |
d. Legenda |
8. Berdasarkan teks di atas suku terbesar yang ada di
Indonesia adalah..
a. Suku nias |
c. Suku batak |
b. Suku jawa |
d. Etnis tionghoa |
9. Bahasa
abrab berasal dari provinsi…
a. Sulawesi |
c. Papua |
b. Kalimantan |
d. Maluku |
10. Nama
pakaaian adat yang berasal dari provinsi Riau adalah…
a. Aesan gede |
c. Pakaian
tradisional melayu |
b. Paksian |
d. Teluk belanga |
11. Wilayah
Indonesia berada di antara lintang 6oLU – 11oLS. Posisi ini menyebabkan wilayah
Indonesia beriklim tropis. Wilayah Indonesia mendapatkan banyak sinar matahari
dan curah hujan sepanjang tahun. Berdasarkan kondisi tersebut aktivitas yang
sangat cocok di lakukan adalah..
a. Pertambangan |
c. Peternakan
|
b.
Perikanan
|
d.
Pertanian
|
12. Peternakan
unggas meliputi…
a. Ayam, itik,
Burung, dan angsa |
c. Ayam, itik, Burung, dan Kuda |
b. Ayam, itik,
Burung, dan kelinci |
d. Ayam, itik,
kelinci, dan angsa |
13. Tempo
yang digunakan dalam menyanyikan lagu “ Apuse” yaitu..
a. Largo |
c. Moderato |
b. Andante |
d. Alegro |
14. Largo
artinya..
a. Lambat |
c. Sedang |
b. Cepat |
d. Tinggi |
15. Bentuk
Pola horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat,
dan segi lima merupakan bagian dari bentuk pola…
a.
Bentuk pola garis depan |
c.
Bentuk pola garis lurus |
b.
Bentuk pola garis campuran |
d. Bentuk pola garis lengkung |
16. Dalam
tarian legong aksesoris yang di gunakan adalah..
a. Selendang |
c. Kipas |
b. Topi |
d. Payung |
17. Dorongan
atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk disebut…
a. Medan gaya |
c. Gaya
|
b Gerak
|
d. Arus |
18. Sesuatu
yang mengalir dari kutub negatif menuju kutub positif adalah…
a. Gaya listrik |
c. Arus listrik |
b. Muatan listrik |
d. Medan listrik |
19 Perubahan
dari energi listrik , kecuali..
a. Energi gesek |
c. Energi gerak |
b. Energi panas |
d. Energi cahaya |
19. Apa
yang menyebabkan mobil pada gambar di bawah ini menjadi bergerak…
a. Gaya |
c. Arus |
b. Magnet |
d. Bensin |
II.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
21.
Sebutkan faktor- faktor keragaman
masyarakat di Indonesia!
22. Mengapa
sikap toleransi sangat penting dalam keragaman bangsa Indonesia ? Apa manfaat
dari adanya sikap toleransi?
(Teks bacaan soal No 23-24)
Urang
Kanekes, Si Suku Baduy
Banten merupakan sebuah provinsi di
Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan
pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan
ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa
kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri
mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.
Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua
kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes
Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes
Luar atau Baduy Luar.
Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam
tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat
Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak
menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak
menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat
yang ditenun dandijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda
wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai
pemimpin masyarakat Kanekes.
Kelompok panamping sedikit berbeda dari
masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah
mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern.
Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu
mengenakan ikat kepala berwarna hitam.
(Sumber: http://m.detik.com)
23. Ide
pokok yang terdapat pada paragraph terakhir adalah…
24. Sebutkan
dan jelaskan pembagian masyarakat kanekes yan ada di jawa barat!
25. Sebutkan
macam- macam aktivitas ekonomi di Indonesia!
26. Jelaskan
keragaman mata pencagarian yang di sebabkan dengan kondisi alam pada Masyarakat
pantai dan pegunungan.!
27. Jelaskan
perbedaan dari karya montase dan karya mozaik!
28. Sebutkan
lanngkah- langkah pembuatan montase!
29. Apa
yang dimaksud dengan gaya otot? Sebutkan contoh gaya otot dalam kehidupan
sehari- hari.
30. Apa
yang dimaksud dengan gaya magnet? Sebutkan manfaat dari gaya magnet!
No soal |
Mata pelajaran |
Kompetensi dasar |
Skor nilai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KUNCI JAWABAN
1 |
C |
2 |
C |
3 |
A |
4 |
C |
5 |
B |
6 |
A |
7 |
B |
8 |
A |
9 |
C |
10 |
C |
11 |
D |
12 |
A |
13 |
C |
14 |
A |
15 |
C |
16 |
C |
17 |
C |
18 |
C |
19 |
A |
20 |
A |
21. Letak
Strategis Wilayah Indonesia
Kondisi Negara Kepulauan
Perbedaan Kondisi Alam
Keadaan Transportasi dan Komunikasi
Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan
22. Sikap
toleransi sangat penting karena dapat menjaga keutuhan Negara Republik
Indonesia. Manfaat dari sikap toleransi yaitu:
1. Membentuk
persatuan bangsa.
2. Menciptakan
kerukunan antarwarga masyarakat.
3. Memunculkan rasa
nasionalisme dan bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.
4. Memperkukuh Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
23. Perbedaan
suku baduy dalam dan suku baduy luar.
24. Masyarakat
Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok
tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok
panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.
25. macam-
macam aktivitas ekonomi:
1. Bidang
pertanian
2. Bidang
pertenakan
3. Bidang
perikanan
4. Bidang
kehutanan
5. bidang
pertambangan
6. Bidang
Industri
7. Bidang
perdagangan
8. Bidang
jasa
26. Masyarakat
Masyarakat pantai lebih banyak memanfaatkan laut untuk mempertahan kan hidupnya, yaitu dengan menjadi nelayan.
Sebaliknya, masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan memiliki upaya sendiri
untuk mempertahankan hidupnya. Mereka lebih memilih mata pencaharian yang
berkaitan dengan relief alam pegunungan, misalnya sebagai peternak atau petani
sayur.
27. Montase
adalah sebuah karya yang dibuat dengan
menempelkan gambar-gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar itu dapat diambil dari
majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Kemudian gambar -gambar
tersebut disusun kembali sesuai benuk yang di inginkan. Sedangkan Mozaik adalah
karya yang dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan yang berukuran
kecil . Bahan yang digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau
keramik saja.
28. Cara
membuat karya montase:
a. Tentukan
tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di Indonesia.
b. Buatlah
rancangan karya montase pada selembar kertas.
c. Carilah
gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari buku
bekas, majalah, atau koran bekas.
d. Guntinglah
gambar-gambar yang kamu peroleh.
e. Rekatkan
potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.
f. Jika
perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu warnailah.
29. Gaya
otot adalah Gaya yang dilakukan oleh oto- otot tubuh kita. Contohnya: Menendang
bola, Mendorong meja, Menimba air dan lain- lain.
30. Gaya
magnet adalah gaya yang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling
berinteraksi
Salah satu manfaat gaya magnet yaitu dalam pembuatan kompas.
Kompas adalah alat penunjuk arah utara dan selatan. Pada kompas terpasang
sebuah magnet berbentuk jarum. Jika diletakkan mendatar, jarum kompas akan
selalu menunjuk arah utara dan selatan
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.