Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan
Author : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I
Editor : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I

silabus smt 2 kls 4

Silabus

 

Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam

Satuan Pendidikan      : SDN

Kelas / Semester         : IV/Genap

Tahun Pelajaran         : 2020/2021

Alokasi waktu             : 2 jam x 19 minggu - semester 2

 

A.     Kelas X

Alokasi waktu 2 jam pelajaran/minggu

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Penilaian

1.1    Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.

2.1    Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.

3.1    Memahami Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.

4.1    Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan tartil.

4.2    Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar.

4.3    Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan lancarr

Mari Belajar  Q.S. al-Fil

1.1.1  Membiasakan diri membaca al-Qur’an dengan tartil

2.1.1  Memiliki sikalp kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Falaq dan Q.S al-Fiil.

3.1.1  Menjelaskan Isi Kandungan Q.S. al-Falaq dan al-Fil

3.1.2  Memahami Q.S. al-Falaq dan al-Fil dengan baik dan benar.

3.1.3  Membaca Q.S. al-Falaq dan al-FIl dengan tart³l.

4.1.1  Membaca Q.S. al-Falaq dan al-Fil dengan tartil.

4.1.2  Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan al-Fil dengan benar.

Mengahafal Q.S. al-Falaq dan al-Fil dengan lancar.

·         Religius

·         Mandiri

·         Gotong royong

·         Kejujuran

·         Kerja keras

·         Percaya diri

·         Kerjasama

·      Membaca Q.S. al-Fil dengan memperhatikan  makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.

·      Membaca secara berulang-ulang sampai hafal Q.S. al-Fil dengan memperhatikan makhraj hurufnya.

·      Mendemontrasikan hafalan Q.S. al-Fil dan klasikal, kelompok atau individual.

·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?

·      Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?

·      Diskusi tentang arti Q.S. al-Fil secara kelompok.

·      Diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Fil l secara kelompok.

·      Menulis Q.S. al-Falaq dan dengan benar secara individu.

·      Mencermati arti Q.S. al-Fil.

·      Mencermati isi kandungan Q.S. al-Fil

·      Menyimpulkan kandungan Q.S. al-Fil dan

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan  isi kandungan Q.S. al-Fil secara kelompok.

·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).

·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru.

10 JP

(5P x 2 JP)

·      Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

 

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.4  Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.

2.4  Menunjukkan sikap patuh sebagai implementasi dari pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.

3.4  Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar

4.4  Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.

Iman kepada malaikat-malaikat Allah

1.4.1  Mempercayai keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.

2.4.1  Memiliki sikap patuh sebagai makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

3.4.1  Menganalisis makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

3.4.2  Mengetahui makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

3.4.3  Mengamati diri dan alam sekitar

·       Religius

·       Mandiri

·       Gotong royong

·       Kejujuran

·       Kerja keras

·       Percaya diri

·       Kerjasama

·      Menyimak penjelasan  tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Secara klasikal atau individual.

·      Mengamati gambar diri dan alam sekitar baik secara klasikal atau individual.

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

·      Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

·      Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Baik secara klasikal maupun kelompok.

·      Mengidentifikasi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

·      Menghubungkan kegiatan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Dengan kehidupan sehari-hari.

·      Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok.

·      Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Secara individual atau kelompok

·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).

·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

12 JP

·      Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet, Sumber lain yang relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

Produk

1.12Meyakini bahwa perilaku gemar membaca sebagai cerminan dari iman

2.12Menunjukkan sikap gemar membaca.

3.12Memahami manfaat gemar membaca

4.12Menunjukkan perilaku gemar membaca

Mari Berperilaku Terpuji

1.12.1    Mempercayai bahwa perilaku gemar membaca sebagai cerminan dari iman

2.12.1    Memiliki sikap gemar membaca.

3.12.1    Menganalisis manfaat membaca.

3.12.2    Mengetahui manfaat gamar membaca.

4.12.1    Mempraktikkan perilaku gemar membaca

·       Religius

·       Mandiri

·       Gotong royong

·       Kejujuran

·       Kerja keras

·       Percaya diri

·       Kerjasama

·      Menyimak penjelasan tentang manfaat gemar membaca.

·      Mengamati gambar tentang perilaku gemar membaca.

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang manfaat gemar membaca.

·      Mengajukan pertanyaan tentang manfaat gemar membaca.

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang manfaat gemar membaca.

·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang manfaat gemar membaca.

·      Menguhubungkan pelajaran tentan manfaat gemar membaca dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat gemar membaca.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang manfaat gemar membaca.

Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

12 JP

·      Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet, Sumber lain yang relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.13Meyakini bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman

2.13Menunjukkan sikap pantang menyerah.

3.13Memahami makna sikap pantang menyerah.

4.13Menunjukkan sikap pantang menyerah.

1.13.1    Mempercayai bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman

2.13.1    Memiliki sikap pantang menyerah

3.13.1    Menganalisis contoh sikap pantang menyerah.

3.13.2    Menganalisis makna sikap pantang menyerah

4.13.1    Mempraktikkan sikap pantang menyerah

·      Menyimak penjelasan tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Mengamati gambar tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Mengajukan pertanyaan tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Menguhubungkan pelajaran tentanmakna sikap pantang menyerah dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna sikap pantang menyerah.

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

1.7    Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman.

2.7    Menunjukkan sikap rendah hati.

3.7    Memahami sikap rendah hati

4.7    Mencontohkan sikap rendah hati.

1.7.1  Mempercayai bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman

2.7.1  Memiliki sikap rendah hati.

3.7.1  Menganalisis contoh sikap rendah hati

4.7.1  Menjelaskan sikap rendah hati

·      Menyimak penjelasan tentang sikap rendah hati.

·      Mengamati gambar tentang sikap rendah hati.

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap rendah hati.

·      Mengajukan pertanyaan tentang sikap rendah hati.

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap rendah hati.

·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap rendah hati.

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap rendah hati dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap rendah hati.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap rendah hati.

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

1.8  Meyakini bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman.

2.8  Menunjukkan perilaku hemat.

3.8  Memahami perilaku hemat.

4.8  Mencontohkan perilaku hemat

1.8.1  Mempercayai bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman

2.8.1  Memiliki perilaku hemat.

3.8.1  Menganlisis contoh perilaku hemat

3.8.2  Mengetahui contoh perilaku hemat

4.8.1  Menunjukan perilaku hemat sebagai cerminan dari iman

·      Menyimak penjelasan tentang perilaku hemat.

·      Mengamati gambar tentang perilaku hemat.

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku hemat.

·      Mengajukan pertanyaan tentang perilaku hemat.

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku hemat.

·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hemat.

·      Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku hemat dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hemat.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku hemat.

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

1.15Menjalankan salat dengan tertib.

2.15Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah salat

3.15Memahami makna ibadah salat.

4.15.1    Menunjukkan contoh makna ibadah salat.

4.15.2    Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

Mari Melaksanakan salat

1.15.1    Menjalankan salat dengan tertib dalam kehidupan sehari-hari

2.15.1    Memiliki sikap disiplin

4.15.3    Menganalisis contoh ibadah salat

4.15.4    Menganalisis makna ibadah salatMenjelaskan contoh makna ibadah salat

4.15.1.1                      Menjelaskan contoh makna ibadah salat

4.15.1.2                      Mengungkapkan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

·       Religius

·       Mandiri

·       Gotong royong

·       Kejujuran

·       Kerja keras

·       Percaya diri

Kerjasama

·      Menyimak makna ibadah salat.

·      Mengamati pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna ibadah salat.

·      Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah dalam perilaku sehari-hari.

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

·      Menyampaikan hasil belajar tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

16 JP

·      Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Modul/bahan ajar,

Internet, Sumber lain yang relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

Produk

1.21Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah Swt.

2.21Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo

3.21Memahami kisah keteladanan Wali Songo.

4.21Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo.

Kisah keteladanan Wali Songo

1.21.1    Mempercayai tentang keimanan Wali Songo kepada Allah Swt.

2.21.1    Memiliki perilaku peduli dan rendah hati

3.21.1    Menganalisis kisah keteladanan Wali Songo

3.21.2    Mengetahui kisah keteladanan Wali Songo

4.21.1    Menjelaskan kisah keteladanan Wali Songo

·       Religius

·       Mandiri

·       Gotong royong

·       Kejujuran

·       Kerja keras

·       Percaya diri

Kerjasama

·      Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara klasikal maupun individual.

·      Mengamati gambar contoh keteladanan kisah keteladanan Wali Songo baik secara klasikal atau individual.

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan Wali Songo.

·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan kisah keteladanan Wali Songo.

·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo.

·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan kisah keteladanan Wali Songo baik secara klasikal maupun kelompok.

·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara individual atau kelompok.

·      Menguhubungkan kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara kelompok.

·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).

·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

8 JP

·      Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018

·      Modul/bahan ajar, Internet, Sumber lain yang relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik Produk

 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.