Author : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I
Editor : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I
silabus smt 2 kls 4
Silabus
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : IV/Genap
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi waktu : 2 jam x 19 minggu - semester 2
A.
Kelas X
Alokasi waktu 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Nilai Karakter |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān
dengan tartil. 2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan
peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S.
al-Fil. 3.1 Memahami Q.S. al-Falaq dan Q.S.
al-Fil dengan baik dan benar. 4.1 Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S.
al-Fil dengan tartil. 4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam
Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar. 4.3 Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan lancarr |
Mari
Belajar Q.S. al-Fil |
1.1.1
Membiasakan
diri membaca al-Qur’an dengan tartil 2.1.1
Memiliki
sikalp kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Falaq
dan Q.S al-Fiil. 3.1.1
Menjelaskan
Isi Kandungan Q.S. al-Falaq dan al-Fil 3.1.2
Memahami
Q.S. al-Falaq dan al-Fil dengan baik dan benar. 3.1.3
Membaca
Q.S. al-Falaq dan al-FIl dengan tart³l. 4.1.1
Membaca
Q.S. al-Falaq dan al-Fil dengan tartil. 4.1.2
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan al-Fil dengan benar. Mengahafal Q.S.
al-Falaq dan al-Fil dengan lancar. |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerjasama |
·
Membaca Q.S. al-Fil
dengan memperhatikan makhraj hurufnya
secara klasikal, kelompok atau individual. ·
Membaca secara berulang-ulang sampai hafal Q.S. al-Fil dengan memperhatikan makhraj hurufnya. ·
Mendemontrasikan hafalan Q.S.
al-Fil dan klasikal, kelompok atau individual. ·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān
harus dengan makhrijul huruf yang benar? ·
Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf? ·
Diskusi tentang arti Q.S.
al-Fil secara kelompok. ·
Diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Fil l secara
kelompok. ·
Menulis Q.S. al-Falaq
dan dengan benar secara individu. ·
Mencermati arti Q.S.
al-Fil. ·
Mencermati isi kandungan Q.S.
al-Fil ·
Menyimpulkan kandungan Q.S.
al-Fil dan ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan isi kandungan Q.S. al-Fil secara kelompok. ·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah). ·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru. |
10 JP (5P x 2 JP) |
·
Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum
2013 Revisi 2018 ·
Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4
Kurikulum 2013 Revisi 2018 ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet, ·
Sumber
lain yang relevan
|
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.4 Meyakini keberadaan
malaikat-malaikat Allah Swt. 2.4 Menunjukkan sikap patuh sebagai
implementasi dari pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah. 3.4 Memahami makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam
sekitar 4.4 Melakukan pengamatan diri dan
alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah. |
Iman kepada malaikat-malaikat Allah |
1.4.1
Mempercayai
keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt. 2.4.1
Memiliki
sikap patuh sebagai makna iman kepada malaikat-malaikat Allah 3.4.1
Menganalisis
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah 3.4.2
Mengetahui
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah 3.4.3
Mengamati
diri dan alam sekitar |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerjasama |
·
Menyimak penjelasan
tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Secara klasikal
atau individual. ·
Mengamati gambar diri dan alam sekitar baik secara klasikal atau
individual. ·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. ·
Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. ·
Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. Baik secara klasikal maupun kelompok. ·
Mengidentifikasi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allah Swt. ·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. ·
Menghubungkan kegiatan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allah Swt. Dengan kehidupan sehari-hari. ·
Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok. ·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. Secara individual atau kelompok ·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah). ·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru. |
12 JP |
·
Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum
2013 Revisi 2018 ·
Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4
Kurikulum 2013 Revisi 2018 ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
Sumber lain yang relevan |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik Produk |
1.12Meyakini bahwa perilaku gemar
membaca sebagai cerminan dari iman 2.12Menunjukkan sikap gemar
membaca. 3.12Memahami manfaat gemar membaca 4.12Menunjukkan perilaku gemar
membaca |
Mari Berperilaku
Terpuji |
1.12.1
Mempercayai
bahwa perilaku gemar membaca sebagai cerminan dari iman 2.12.1
Memiliki
sikap gemar membaca. 3.12.1
Menganalisis
manfaat membaca. 3.12.2
Mengetahui
manfaat gamar membaca. 4.12.1
Mempraktikkan
perilaku gemar membaca |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerjasama |
·
Menyimak penjelasan tentang manfaat gemar membaca. ·
Mengamati gambar tentang perilaku gemar membaca. ·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang manfaat
gemar membaca. ·
Mengajukan pertanyaan tentang manfaat gemar membaca. ·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang manfaat gemar
membaca. ·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang manfaat gemar
membaca. ·
Menguhubungkan pelajaran tentan manfaat gemar membaca dengan
sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari. ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat gemar membaca. ·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang manfaat gemar membaca. Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru. |
12 JP |
·
Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum
2013 Revisi 2018 ·
Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4
Kurikulum 2013 Revisi 2018 ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
Sumber lain yang relevan |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.13Meyakini bahwa sikap pantang
menyerah sebagai cerminan dari iman 2.13Menunjukkan sikap pantang
menyerah. 3.13Memahami makna sikap pantang
menyerah. 4.13Menunjukkan sikap pantang
menyerah. |
1.13.1
Mempercayai
bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman 2.13.1
Memiliki
sikap pantang menyerah 3.13.1
Menganalisis
contoh sikap pantang menyerah. 3.13.2
Menganalisis
makna sikap pantang menyerah 4.13.1
Mempraktikkan
sikap pantang menyerah |
·
Menyimak penjelasan tentang makna sikap pantang menyerah. ·
Mengamati gambar tentang makna sikap pantang menyerah. ·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna
sikap pantang menyerah. ·
Mengajukan pertanyaan tentang makna sikap pantang menyerah. ·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna sikap pantang
menyerah. ·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna sikap
pantang menyerah. ·
Menguhubungkan pelajaran tentanmakna sikap pantang menyerah
dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari. ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang makna sikap pantang menyerah. ·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna sikap pantang
menyerah. ·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru. |
|||||
1.7 Meyakini bahwa sikap rendah
hati sebagai cerminan dari iman. 2.7 Menunjukkan sikap rendah hati. 3.7 Memahami sikap rendah hati 4.7 Mencontohkan sikap rendah hati. |
1.7.1
Mempercayai
bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman 2.7.1
Memiliki
sikap rendah hati. 3.7.1
Menganalisis
contoh sikap rendah hati 4.7.1
Menjelaskan
sikap rendah hati |
·
Menyimak penjelasan tentang sikap rendah hati. ·
Mengamati gambar tentang sikap rendah hati. ·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap
rendah hati. ·
Mengajukan pertanyaan tentang sikap rendah hati. ·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap rendah hati. ·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap rendah
hati. ·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap rendah hati dengan sikap
dan perilaku warga sekolah sehari-hari. ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap rendah hati. ·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap rendah hati. ·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru. |
|||||
1.8 Meyakini bahwa perilaku hemat
sebagai cerminan dari iman. 2.8 Menunjukkan perilaku hemat. 3.8 Memahami perilaku hemat. 4.8 Mencontohkan perilaku hemat |
1.8.1
Mempercayai
bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman 2.8.1
Memiliki
perilaku hemat. 3.8.1
Menganlisis
contoh perilaku hemat 3.8.2
Mengetahui
contoh perilaku hemat 4.8.1
Menunjukan
perilaku hemat sebagai cerminan dari iman |
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku hemat. ·
Mengamati gambar tentang perilaku hemat. ·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
perilaku hemat. ·
Mengajukan pertanyaan tentang perilaku hemat. ·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku hemat. ·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hemat. ·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku hemat dengan sikap dan
perilaku warga sekolah sehari-hari. ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hemat. ·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku hemat. ·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru. |
|||||
1.15Menjalankan salat dengan
tertib. 2.15Menunjukkan sikap disiplin
sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah salat 3.15Memahami makna ibadah salat. 4.15.1 Menunjukkan contoh makna ibadah
salat. 4.15.2 Menceritakan pengalaman
melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah. |
Mari Melaksanakan
salat |
1.15.1
Menjalankan
salat dengan tertib dalam kehidupan sehari-hari 2.15.1
Memiliki
sikap disiplin 4.15.3
Menganalisis
contoh ibadah salat 4.15.4
Menganalisis
makna ibadah salatMenjelaskan contoh makna ibadah salat 4.15.1.1
Menjelaskan
contoh makna ibadah salat 4.15.1.2
Mengungkapkan
pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri Kerjasama |
·
Menyimak makna ibadah salat. ·
Mengamati pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid
lingkungan sekitar rumah. ·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna
ibadah salat. ·
Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman melaksanakan salat di
rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah. ·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna ibadah salat
dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar
rumah. ·
Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna ibadah salat
dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar
rumah. ·
Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi tentang makna ibadah
salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan
sekitar rumah dalam perilaku sehari-hari. ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang tentang makna ibadah salat
dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar
rumah ·
Menyampaikan hasil belajar tentang makna ibadah salat dan
pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah ·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru |
16 JP |
·
Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum
2013 Revisi 2018 ·
Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4
Kurikulum 2013 Revisi 2018 ·
Modul/bahan
ajar, Internet,
Sumber lain yang relevan |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik Produk |
1.21Meyakini keimanan Wali Songo
kepada Allah Swt. 2.21Menunjukkan perilaku peduli dan
rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo 3.21Memahami kisah keteladanan Wali
Songo. 4.21Menceritakan kisah keteladanan
Wali Songo. |
Kisah keteladanan
Wali Songo |
1.21.1
Mempercayai
tentang keimanan Wali Songo kepada Allah Swt. 2.21.1
Memiliki
perilaku peduli dan rendah hati 3.21.1
Menganalisis
kisah keteladanan Wali Songo 3.21.2
Mengetahui
kisah keteladanan Wali Songo 4.21.1
Menjelaskan
kisah keteladanan Wali Songo |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri Kerjasama |
·
Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara
klasikal maupun individual. ·
Mengamati gambar contoh keteladanan kisah keteladanan Wali Songo
baik secara klasikal atau individual. ·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang
ketelaladanan kisah keteladanan Wali Songo. ·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan kisah
keteladanan Wali Songo. ·
Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada
kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo. ·
Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan
kisah keteladanan Wali Songo baik secara klasikal maupun kelompok. ·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan kisah
keteladanan Wali Songo secara individual atau kelompok. ·
Menguhubungkan kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo
dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari. ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah keteladanan
Wali Songo secara kelompok. ·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah). ·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru. |
8 JP |
·
Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 Kurikulum
2013 Revisi 2018 ·
Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4
Kurikulum 2013 Revisi 2018 ·
Modul/bahan
ajar, Internet, Sumber lain yang relevan |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik
Produk |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.