Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan
Author : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I
Editor : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I

silabus kls 5 smt 1

Silabus

 

Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Satuan Pendidikan      : SDN

Kelas / Semester         : V/Ganjil

Tahun Pelajaran         : 2020/2021

Alokasi waktu             : 4 jam x 19 minggu - semester 1

 

 

A.     Kelas V

Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Nilai Karakter

IPK

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Penilaian

1.1         Terbiasa membaca al-Qur'an dengan tartīl.

2.1         Menunjukkan sikap bekerja sama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn.

3.1         Memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al-   Mā’ūn dengan baik dan tartil.

4.1.1   Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.

4.1.2   Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan benar.

4.1.3   Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan lancar.

Mari Belajar al-Qur'an Surat at-Tin

·   Membaca Surat  at-Tin

·   Menghafal Surat  at-Tin

·   Menulis Surat at-Tin

·   Makna Kandungan Surat at-Tin

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.1.1         Membiasakan diri membaca al-Qur-an dengan tartil

2.1.1         Memiliki sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn

3.1.1         Menganalisis arti dari Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar.

3.1.2         Menganalisis kalimat-kalimat yang terkandung dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar

4.1.1.1   Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.

4.1.1.2   Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan benar.

4.1.1.3   Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan lancar.

·      Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan memperhatikan makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual

·      Membaca secara berulang-ulang sampai hafal Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan memperhatikan makhraj hurufnya

·      Mendemontrasikan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S.al-Ma’un secara klasikal, kelompok atau individual  

·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?, Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?       

·      Diskusi tentang arti Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un secara kelompok

·      Diskusi tentang isi kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un secara kelompok

·      Menulis Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar secara individu

·      Mencermati arti Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un

·      Mencermati isi kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S.al-Ma’un

·      Menyimpulkan kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S.al-Ma’un

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan  isi kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un secara kelompok

·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi(melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah)

·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

16 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.2         Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Maha hidup, Maha Berdiri Sendiri dan Maha Esa.

2.2         Menunjukkan sikap berani, peduli, mandiri dan teguh pendirian sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmā'u al-husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan al-Ahad.

3.2         Memahami makna al-Asmā'u al-husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan al-Ahad.

4.2         Membaca al-Asmā'u al-Husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan al-Ahad dengan jelas dan benar.

Mengenal Nama Allah Swt. dan Kitab-kitab-Nya

· Mari Mengenal Allah Swt.

· Mengenal Kitab-kitab  Allah Swt.

· Kitab Allah Swt. Membawa Ajaran Terpuji

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.2.1         Mempercayai adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Maha Hidup, Maha Berdiri Sendiri dan Maha Esa.

2.2.1        Memiliki sikap berani, peduli, mandiri dan teguh pendirian sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad

3.2.1         Menganalisis arti dari al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad.

3.2.2         Menganalisis makna al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad

4.2.1         Melafalkan al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad

·      Membaca buku teks tentang Asmaul Husna: alMumit,al-Hayy,Al-Qayyum,dan al-Ahad

·      Mengamati tayangan tentang al-Asmau al Husna:al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum,dan alAhad

·      Memotivasi siswa bertanya, berkaitan dengan al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al Qayyum,dan al-Ahad.Misalnya:mengapa Allah Swt. menghidupkan manusia dan Allah Swt.pula yang mematikan?

·      Diskusi tentang al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, dan al-Ahad secara klasikal atau individual

·      Menujukkan bukti al-Asmau al-Husna: alMumit,al-Hayy,al-Qayyum,dan al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari

·      Menganalisis  bukti al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, dan al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari

·      Menyimpulkan bukti al-Asmau al-Husna: alMumit,al-Hayy,al-Qayyum, dan al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti al Asmaual-Husna: al-Mumit,al-Hayy, alQayyum,dan al-Ahad secara kelompok

·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah)

·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru.

12 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang  relevan

 

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.4         Meyakini adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.

2.4         Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya.

3.4         Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.

4.4         Menunjukkan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman.

1.4.1         Mempercayai adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.

2.4.1         Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya

3.4.1        Menganalisis makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.

3.4.2        Mengetahui makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya

4.4.1         Menjelaskan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.

·      Mendengar penjelasan kitab suci dan para nabi yang menerimanya

·      Mencermati makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya secara klasikal atau individual

·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: Mengapa kita berpedoman pada ajaran al-Qur’ān?, Apasaja nilai-nilai yang ada dalam al-Qur’ān?

·      Mendiskusikan tentang kandungan kitab suci

·      yang diberikan kepada para rasul

·      Menganalisis kandungan masing-masing kitab suci Allah Swt

·      Menganalisis nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’ān

·      Menyimpulkan nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’ān

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang  isi kandungan ayat-ayat al-Qur’ān yang dibaca secara kelompok atau individual.

·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah)

·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru.

1.5         Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.

2.5         Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.

3.5         Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

4.5         Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

Cita-citaku Menjadi Anak Salih

· Orang Jujur Disayang Allah Swt.

· Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru

· Indahnya Saling Menghargai

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.5.1          Mempercayai bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman..

2.5.1          Memiliki perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.

3.5.1        Menganalisis makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3.5.2        Mengetahui makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

4.5.1        Mempraktikkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

·      Menyimak penjelasan tentang makna perilaku jujur

·      Mengamati gambar tentang makna perilaku jujur

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna perilaku jujur

·      Mengajukan pertanyaan tentang makna perilaku jujur

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna perilaku jujur

·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna perilaku jujur

·      Menguhubungkan pelajaran tentan makna perilaku jujur dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang makna perilaku jujur

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna perilaku jujur

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

12 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·     Sumber lain yang  relevan

 

 

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.6         Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai  cerminan dari iman.

2.6         Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, dan guru.

3.6         Memahami makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

4.6         Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.                                                                                                                   Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

 

 

 

 

1.6.1          Mempercayai bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman.

2.6.1            Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru.

3.6.1        Menganalisis makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

3.6.2          Mengetahui makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

4.6.1        Mempraktikkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

 

·      Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru secara klasikal atau individual

·      Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru secara klasikal atau individual

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

·      Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah

·      kewajiban kalian kepada orang tuamu?

·      Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

·      Mendiskusikan isi gambar perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

·      Mendiskusikan isi gambar perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru baik secara klasikal maupun kelompok

·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

·      Mengidentifikasi berbagai kegiatan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru secara kelompok

·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru secara individual atau kelompok

·      Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru secara individual maupun kelompok

·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,mengonfirmasi, menyanggah)

·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

1.7         Meyakini bahwa sikap saling menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman.

2.7         Menunjukkan sikap saling menghargai sesama manusia.

3.7         Memahami makna saling menghargai sesama manusia.

4.7         Mencontohkan sikap saling menghargai sesama manusia.

                                                                                                                               Menunjukkan sikap saling menghargai sesama manusia                                                               Memahami makna saling menghargai sesama manusia.                                                                                                                               Mencontohkan sikap saling menghargai sesama manusia.

1.7.1        Mempercayai bahwa sikap saling menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman.

2.7.1           Memiliki sikap saling menghargai sesama manusia.

3.7.1        Menganalisis makna saling menghargai sesama manusia.

3.7.2        Mengetahui makna saling menghargai sesama manusia.

4.7.1        Mempraktikkan sikap saling menghargai sesama manusia.

·      Menyimak penjelasan tentang sikap menghargai

·      Mengamati gambar tentang sikap menghargai

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai

·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap menghargai

·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap menghargai

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap menghargai dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap menghargai

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap menghargai

1.10     Menjalankan kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam.

2.10     Menunjukkan sikap sabar dan mengendalikan diri sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa Ramadan.

3.10     Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.

4.10     Menunjukkan hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.

Bulan Ramadan yang Indah

· Puasa pada Bulan Ramadan

· Memperbanyak Kebaikan pada Bulan Ramadan

· Manfaat Puasa Ramadan

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.10.1    Menunaikan kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam.

2.10.1    Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa Ramadan.

3.10.1    Menganalisis hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia

3.10.2    Mengetahui hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.

4.10.1    Menjelaskan hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.

·      Menyimak penjelasan  hikmah puasa Ramadan

·      Mencermati cerita pengalaman puasa Ramadan di rumah dan sekolah

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  hikmah puasa Ramadan seperti apa yang dialami atau dirasakan ketika melakukan puasa di bulan Ramadan

·      Mengajukan pertanyaan tentang hikmah puasa Ramadan

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan hikmah puasa Ramadan melalui pengamatan dan pengalaman di rumah,  sekolah, dan di tempatlain

·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hikmah ibadah salat

·      Menguhubungkan pengalaman pengamalan ibadah salat dengan kondisi tertentu seperti dirumah, sekolah, atau tempat lain

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah puasa Ramadan      

·      Menyampaikan hasil pengamatan dan pengalaman melakukan puasa Ramadan 

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

12 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.12     Meyakini kebenaran kisah Nabi Daud a.s

2.12     Menunjukkan sikap berani sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Daud a.s.

3.12     Memahami kisah keteladanan Nabi Daud a.s.

4.12     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Daud a.s.

Rasul Allah Swt. Idolaku

· Kisah Teladan Nabi Daud a.s.

· Kisah Teladan Nabi Sulaiman a.s.

· Kisah Teladan Nabi Ilyas a.s.

· Kisah Teladan Nabi Ilyasa a.s.

· Kisah Teladan Nabi Muhammad saw.

·         Peduli

·         Jujur berkarya

·         Tanggung jawab

·         Toleran

·         Kerjasama

·         Proaktif

·         Kreatif

 

1.12.1    Mempercayai kebenaran kisah Nabi Dawud a.s

2.12.1    Memiliki sikap berani sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Dawud a.s.

3.12.1    Menganalisis kisah keteladanan Nabi Dawud a.s..

3.12.2    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

4.12.1    Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

·      Mengamati isi kisah Nabi Dawud a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan)

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Dawud a.s.  

·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Dawuda.s. yang hendak diteladani

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. (mengidentifikasi)

·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. 

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Dawud a.s.   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Dawud a.s. 

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

20 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·     Sumber lain yang  relevan

·      Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Portofolio

·      Unjuk Kerja

·      Proyek

·      Praktik

·      Produk

1.13     Meyakini kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s

2.13     Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Sulaiman a.s

3.13     Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s

4.13     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s

1.13.1    Mempercayai kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s.

2.13.1    Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Sulaiman a.s.

3.13.1    Menganalisis kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

3.13.2    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

4.13.1    Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Sulaimana.s. 

·      Mengamati isi kisah Nabi Sulaiman a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan). 

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Sulaiman a.s.  

·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Sulaimana.s. yang hendak diteladani

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. (mengidentifikasi)

·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Sulaiman a.s.   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari.  

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisahketeladanan Nabi Sulaiman a.s.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Sulaiman a.s. 

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

1.14     Meyakini kebenaran sah nabi Ilyas a.s .

2.14     Menunjukkan sikap  sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas a.s.

3.14     Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

4.14     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

                                                                                                                               Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyas a.                                                                                Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas a.s.

1.14.1    Mempercayai kebenaran kisah Nabi Ilyas a.s.

2.14.1    Memiliki sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas a.s.

3.14.1    Menganalisis kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

3.14.2    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

4.14.1  Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

·      Mengamati isi kisah Nabi Ilyas a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan)

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ilyas a.s.  

·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Ilyasa.s. yang hendak diteladani

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. (mengidentifikasi)

·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. 

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ilyas a.s.   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Ilyas a.s. 

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

1.15     Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyasa’ a.s.

2.15     Menunjukkan sikap kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyasa’ a.s.

3.15     Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

4.15     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.                                      Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyasa’ a.

1.15.1    Mempercayai kebenaran kisah Nabi Ilyasa’ a.s.

2.15.1    Memiliki sikap kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyasa’ a.s.

3.15.1    Menganalisis kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

3.15.2    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

4.15.1    Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

·      Mengamati isi kisah Nabi Ilyasa’ a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan)

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ilyasa’ a.s.  

·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Ilyasa’a.s. yang hendak diteladani

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. (mengidentifikasi)

·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Ilyasa’ a.s. 

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

1.16     Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

2.16     Menunjukkan sikap jujur dan peduli sebagai implementasi daripemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.

3.16     Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

4.16     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.                            Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.                                                   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

1.16.1    Mempercayai kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

2.16.1    Memiliki sikap jujur dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.

3.16.1    Menganalisis kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

3.16.2    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

4.16.1    Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 

·      Mengamati isi kisah Nabi Muhammad saw. yang perlu  diteladani (diimplementasikan). 

·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad saw.  

·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh contoh sikapNabi Muhammad saw.yang hendak diteladani

·      Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.(mengidentifikasi)

·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw. Dengan perilaku warga sekolah sehari-hari.  

·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad saw. 

·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

 

 

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.