Author : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I
Editor : Ahmad Riza Maulana,S.Pd.I
silabus kls 5 smt 1
Silabus
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti
Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester : V/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi waktu : 4 jam x 19 minggu - semester 1
A.
Kelas V
Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi dasar |
Materi Pembelajaran |
Nilai Karakter |
IPK |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
1.1
Terbiasa
membaca al-Qur'an dengan tartīl. 2.1
Menunjukkan
sikap bekerja sama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin
dan Q.S. al-Mā’ūn. 3.1
Memahami
makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al- Mā’ūn
dengan baik dan tartil. 4.1.1 Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S.
al-Mā’ūn dengan tartil. 4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam
Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan benar. 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin
dan Q.S. al-Mā’ūn dengan lancar. |
Mari
Belajar al-Qur'an Surat at-Tin ·
Membaca
Surat at-Tin ·
Menghafal
Surat at-Tin ·
Menulis
Surat at-Tin ·
Makna
Kandungan Surat at-Tin |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif
|
1.1.1
Membiasakan
diri membaca al-Qur-an dengan tartil 2.1.1
Memiliki
sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. at-Tīn
dan Q.S. al-Mā’ūn 3.1.1
Menganalisis
arti dari Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar. 3.1.2
Menganalisis
kalimat-kalimat yang terkandung dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan
benar 4.1.1.1 Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S.
al-Mā’ūn dengan tartil. 4.1.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam
Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn dengan benar. 4.1.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin
dan Q.S. al-Mā’ūn dengan lancar. |
·
Membaca
Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan memperhatikan makhraj hurufnya secara
klasikal, kelompok atau individual ·
Membaca
secara berulang-ulang sampai hafal Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan
memperhatikan makhraj hurufnya ·
Mendemontrasikan
hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S.al-Ma’un secara klasikal, kelompok atau
individual ·
Memotivasi
siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul
huruf yang benar?, Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf? ·
Diskusi
tentang arti Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un secara kelompok ·
Diskusi
tentang isi kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un secara kelompok ·
Menulis
Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar secara individu ·
Mencermati
arti Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un ·
Mencermati
isi kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S.al-Ma’un ·
Menyimpulkan
kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S.al-Ma’un ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang arti dan isi
kandungan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un secara kelompok ·
Menanggapi
hasil presentasi atau diskusi(melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat
resume dibantu dan dibimbing guru |
16 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.2
Meyakini
adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Maha hidup, Maha Berdiri Sendiri dan
Maha Esa. 2.2
Menunjukkan
sikap berani, peduli, mandiri dan teguh pendirian sebagai implementasi dari
pemahaman makna al-Asmā'u al-husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan
al-Ahad. 3.2
Memahami
makna al-Asmā'u al-husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan al-Ahad. 4.2
Membaca
al-Asmā'u al-Husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan al-Ahad dengan jelas
dan benar. |
Mengenal
Nama Allah Swt. dan Kitab-kitab-Nya ·
Mari
Mengenal Allah Swt. ·
Mengenal
Kitab-kitab Allah Swt. ·
Kitab
Allah Swt. Membawa Ajaran Terpuji |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif
|
1.2.1
Mempercayai
adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Maha Hidup, Maha Berdiri Sendiri dan
Maha Esa. 2.2.1
Memiliki
sikap berani, peduli, mandiri dan teguh pendirian sebagai implementasi dari
pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad 3.2.1
Menganalisis
arti dari al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad. 3.2.2
Menganalisis
makna al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad 4.2.1
Melafalkan
al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayyu, al-Qayyum, dan al-Ahad |
·
Membaca
buku teks tentang Asmaul Husna: alMumit,al-Hayy,Al-Qayyum,dan al-Ahad ·
Mengamati
tayangan tentang al-Asmau al Husna:al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum,dan alAhad ·
Memotivasi
siswa bertanya, berkaitan dengan al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al
Qayyum,dan al-Ahad.Misalnya:mengapa Allah Swt. menghidupkan manusia dan Allah
Swt.pula yang mematikan? ·
Diskusi
tentang al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, dan al-Ahad secara
klasikal atau individual ·
Menujukkan
bukti al-Asmau al-Husna: alMumit,al-Hayy,al-Qayyum,dan al-Ahad dalam
kehidupan sehari-hari ·
Menganalisis bukti al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy,
al-Qayyum, dan al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari ·
Menyimpulkan
bukti al-Asmau al-Husna: alMumit,al-Hayy,al-Qayyum, dan al-Ahad dalam
kehidupan sehari-hari ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang arti al Asmaual-Husna: al-Mumit,al-Hayy, alQayyum,dan
al-Ahad secara kelompok ·
Menanggapi
hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat
resume dibantu dan dibimbing guru. |
12 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan
|
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.4
Meyakini
adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun
iman. 2.4
Menunjukkan
sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman makna diturunkannya
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya. 3.4
Memahami
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai
implementasi rukun iman. 4.4
Menunjukkan
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasulNya sebagai
implementasi rukun iman. |
1.4.1
Mempercayai
adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun
iman. 2.4.1
Memiliki
sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman makna diturunkannya
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya 3.4.1
Menganalisis
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai
implementasi rukun iman. 3.4.2
Mengetahui
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya 4.4.1
Menjelaskan
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai
implementasi rukun iman. |
·
Mendengar
penjelasan kitab suci dan para nabi yang menerimanya ·
Mencermati
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya secara klasikal
atau individual ·
Memotivasi
siswa bertanya, misalnya: Mengapa kita berpedoman pada ajaran al-Qur’ān?,
Apasaja nilai-nilai yang ada dalam al-Qur’ān? ·
Mendiskusikan
tentang kandungan kitab suci ·
yang
diberikan kepada para rasul ·
Menganalisis
kandungan masing-masing kitab suci Allah Swt ·
Menganalisis
nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’ān ·
Menyimpulkan
nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’ān ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang isi kandungan
ayat-ayat al-Qur’ān yang dibaca secara kelompok atau individual. ·
Menanggapi
hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat
resume dibantu dan dibimbing guru. |
|||||
1.5
Meyakini
bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman. 2.5
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. 3.5
Memahami
makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 4.5
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
Cita-citaku
Menjadi Anak Salih ·
Orang
Jujur Disayang Allah Swt. ·
Hormat
dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru ·
Indahnya
Saling Menghargai |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif
|
1.5.1
Mempercayai bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari
iman.. 2.5.1
Memiliki
perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. 3.5.1
Menganalisis
makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 3.5.2
Mengetahui
makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 4.5.1
Mempraktikkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
·
Menyimak
penjelasan tentang makna perilaku jujur ·
Mengamati
gambar tentang makna perilaku jujur ·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna perilaku jujur ·
Mengajukan
pertanyaan tentang makna perilaku jujur ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan tentang makna perilaku jujur ·
Membuat
catatan hasil diskusi kelompok tentang makna perilaku jujur ·
Menguhubungkan
pelajaran tentan makna perilaku jujur dengan sikap dan perilaku warga sekolah
sehari-hari ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang makna perilaku jujur ·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang makna perilaku jujur ·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru |
12 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan
|
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.6
Meyakini bahwa hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru sebagai
cerminan dari iman. 2.6
Menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua, dan guru. 3.6
Memahami makna hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru. 4.6
Mencontohkan perilaku hormat
dan patuh kepada orang tua dan guru. Mencontohkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
|
1.6.1
Mempercayai bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru sebagai cerminan dari iman. 2.6.1
Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru. 3.6.1
Menganalisis
makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. 3.6.2
Mengetahui makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. 4.6.1
Mempraktikkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
|
·
Menyimak
penjelasan pentingnya memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan
guru secara klasikal atau individual ·
Mengamati
gambar/tayangan contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
secara klasikal atau individual ·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru ·
Mengajukan
pertanyaan, misalnya apakah ·
kewajiban
kalian kepada orang tuamu? ·
Mendiskusikan
isi gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru ·
Mendiskusikan
isi gambar perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. ·
Mendiskusikan
isi gambar perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru baik secara
klasikal maupun kelompok ·
Membuat
rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru ·
Mengidentifikasi
berbagai kegiatan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
secara kelompok ·
Menyimpulkan
hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan
guru secara individual atau kelompok ·
Mencontohkan
dengan cara bermain peran/simulasi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua
dan guru secara individual maupun kelompok ·
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi,mengonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru |
|||||
1.7
Meyakini bahwa sikap saling
menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman. 2.7
Menunjukkan sikap saling
menghargai sesama manusia. 3.7
Memahami makna saling
menghargai sesama manusia. 4.7
Mencontohkan sikap saling
menghargai sesama manusia. Menunjukkan
sikap saling menghargai sesama manusia Memahami
makna saling menghargai sesama manusia. Mencontohkan
sikap saling menghargai sesama manusia. |
1.7.1
Mempercayai bahwa sikap saling menghargai sesama manusia sebagai
cerminan dari iman. 2.7.1
Memiliki
sikap saling menghargai sesama manusia. 3.7.1
Menganalisis
makna saling menghargai sesama manusia. 3.7.2
Mengetahui
makna saling menghargai sesama manusia. 4.7.1
Mempraktikkan
sikap saling menghargai sesama manusia. |
·
Menyimak
penjelasan tentang sikap menghargai ·
Mengamati
gambar tentang sikap menghargai ·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai ·
Mengajukan
pertanyaan tentang tentang sikap menghargai ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap menghargai ·
Membuat
catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap menghargai ·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap menghargai dengan sikap dan perilaku warga sekolah
sehari-hari ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang sikap menghargai ·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang sikap menghargai |
|||||
1.10 Menjalankan kewajiban puasa
Ramadan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam. 2.10 Menunjukkan sikap sabar dan
mengendalikan diri sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa Ramadan. 3.10 Memahami hikmah puasa Ramadan
yang dapat membentuk akhlak mulia. 4.10 Menunjukkan hikmah puasa
Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. |
Bulan
Ramadan yang Indah ·
Puasa
pada Bulan Ramadan ·
Memperbanyak
Kebaikan pada Bulan Ramadan ·
Manfaat
Puasa Ramadan |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif
|
1.10.1 Menunaikan
kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam. 2.10.1
Memiliki
sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman hikmah
puasa Ramadan. 3.10.1
Menganalisis
hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia 3.10.2
Mengetahui
hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. 4.10.1
Menjelaskan
hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. |
·
Menyimak
penjelasan hikmah puasa Ramadan ·
Mencermati
cerita pengalaman puasa Ramadan di rumah dan sekolah ·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang hikmah puasa Ramadan seperti apa yang
dialami atau dirasakan ketika melakukan puasa di bulan Ramadan ·
Mengajukan
pertanyaan tentang hikmah puasa Ramadan ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan hikmah puasa Ramadan melalui pengamatan dan
pengalaman di rumah, sekolah, dan di
tempatlain ·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang hikmah ibadah salat ·
Menguhubungkan
pengalaman pengamalan ibadah salat dengan kondisi tertentu seperti dirumah,
sekolah, atau tempat lain ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang hikmah puasa Ramadan ·
Menyampaikan
hasil pengamatan dan pengalaman melakukan puasa Ramadan ·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru |
12 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi
Daud a.s 2.12 Menunjukkan sikap berani
sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Daud a.s. 3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi
Daud a.s. 4.12 Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Daud a.s. |
Rasul Allah Swt. Idolaku ·
Kisah
Teladan Nabi Daud a.s. ·
Kisah
Teladan Nabi Sulaiman a.s. ·
Kisah
Teladan Nabi Ilyas a.s. ·
Kisah
Teladan Nabi Ilyasa a.s. ·
Kisah
Teladan Nabi Muhammad saw. |
·
Peduli ·
Jujur
berkarya ·
Tanggung
jawab ·
Toleran ·
Kerjasama ·
Proaktif ·
Kreatif
|
1.12.1 Mempercayai kebenaran kisah
Nabi Dawud a.s 2.12.1 Memiliki sikap berani sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Dawud a.s. 3.12.1 Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s.. 3.12.2 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s. 4.12.1 Menjelaskan kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s. |
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. ·
Mengamati
isi kisah Nabi Dawud a.s. yang perlu
diteladani (diimplementasikan) ·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Dawud a.s. ·
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Dawuda.s. yang hendak diteladani ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
(mengidentifikasi) ·
Membuat
catatan hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. ·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Dawud a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. ·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Dawud
a.s. ·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru |
20 JP |
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pendidikan Agama Islam Kelas
V SD Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Portofolio ·
Unjuk
Kerja ·
Proyek ·
Praktik ·
Produk |
1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi
Sulaiman a.s 2.13 Menunjukkan sikap rendah hati
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Sulaiman a.s 3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi
Sulaiman a.s 4.13 Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s |
1.13.1 Mempercayai kebenaran kisah
Nabi Sulaiman a.s. 2.13.1 Memiliki sikap rendah hati
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Sulaiman a.s. 3.13.1 Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s. 3.13.2 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s. 4.13.1 Menjelaskan kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s. |
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Sulaimana.s. ·
Mengamati
isi kisah Nabi Sulaiman a.s. yang perlu
diteladani (diimplementasikan).
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Sulaiman a.s. ·
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Sulaimana.s. yang hendak
diteladani ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
(mengidentifikasi) ·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. ·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dengan perilaku warga sekolah
sehari-hari. ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang kisahketeladanan Nabi Sulaiman a.s. ·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Sulaiman
a.s. ·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru |
|||||
1.14
Meyakini kebenaran sah nabi
Ilyas a.s . 2.14
Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman
kisah keteladan Nabi Ilyas a.s. 3.14
Memahami kisah keteladanan Nabi
Ilyas a.s. 4.14
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Ilyas a.s. Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ilyas a. Menunjukkan
sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas
a.s. |
1.14.1 Mempercayai kebenaran kisah
Nabi Ilyas a.s. 2.14.1 Memiliki sikap sabar sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas a.s. 3.14.1 Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Ilyas a.s. 3.14.2 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Ilyas a.s. 4.14.1 Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Ilyas
a.s. |
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. ·
Mengamati
isi kisah Nabi Ilyas a.s. yang perlu
diteladani (diimplementasikan) ·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Ilyas a.s. ·
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Ilyasa.s. yang hendak diteladani ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
(mengidentifikasi) ·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. ·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ilyas a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. ·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Ilyas
a.s. ·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru |
|||||
1.15
Meyakini kebenaran kisah Nabi
Ilyasa’ a.s. 2.15
Menunjukkan sikap kerjasama
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyasa’ a.s. 3.15
Memahami kisah keteladanan Nabi
Ilyasa’ a.s. 4.15
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s. Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ilyasa’ a. |
1.15.1 Mempercayai kebenaran kisah
Nabi Ilyasa’ a.s. 2.15.1 Memiliki sikap kerjasama
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyasa’ a.s. 3.15.1 Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s. 3.15.2 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s. 4.15.1 Menjelaskan kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s. |
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. ·
Mengamati
isi kisah Nabi Ilyasa’ a.s. yang perlu
diteladani (diimplementasikan) ·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Ilyasa’ a.s. ·
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh contoh sikap Nabi Ilyasa’a.s. yang hendak
diteladani ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
(mengidentifikasi) ·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. ·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. ·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Ilyasa’
a.s. ·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru |
|||||
1.16
Meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw. 2.16
Menunjukkan sikap jujur dan
peduli sebagai implementasi daripemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw. 3.16
Memahami kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw. 4.16
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. Memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
1.16.1 Mempercayai kebenaran kisah
Nabi Muhammad saw. 2.16.1 Memiliki sikap jujur dan peduli
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw. 3.16.1 Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. 3.16.2 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. 4.16.1 Menjelaskan kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. |
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. ·
Mengamati
isi kisah Nabi Muhammad saw. yang perlu
diteladani (diimplementasikan).
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Muhammad saw. ·
Mengajukan
pertanyaan tentang contoh contoh sikapNabi Muhammad saw.yang hendak
diteladani ·
Secara
kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw.(mengidentifikasi) ·
Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw. ·
Menguhubungkan
pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw. Dengan perilaku warga
sekolah sehari-hari. ·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. ·
Menyampaikan
hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad
saw. ·
Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.