Author : Suriyadi,S.Pd
Editor : Suriyadi,S.Pd
silabus kelas 3 tema 4 st 4
SILABUS TEMATIK KELAS III
Tema 4 : KEWAJIBAN DAN HAKKU
Subtema 4 : KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa 2.2 Melaksanakan
kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah 3.2 Mengidentifikasi
kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah 4.2 Menyajikan
hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga
sekolah |
1.2.1 Menerima kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa. 2.2.1 Melakukan kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dan warga sekolah. 3.2.1 Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga berkaitan dengan pakaian dengan tepat. 3.2.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai
anggota keluarga berkaitan dengan pakaian dengan tepat. 4.2.1 Menuliskan pelaksanaan kewajiban dan hak
sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian. 4.2.2 Menceritakan pengalamannya tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai
anggota keluarga berkaitan dengan pakaian dengan percaya diri. |
·
Memahami kewajiban dan
hak sebagai anggota keluarga ·
Memahami kewajiban dan
hak sebagai warga sekolah |
|
Sikap: •
Jujur •
Disiplin •
Tanggung Jawab •
Santun •
Peduli •
Percaya diri •
Kerja Sama
Jurnal: •
Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi
dari orang lain
Penilaian
Diri: •
Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah,
dan di sekolah
Pengetahuan
Tes
tertulis
•
Mengenal masalah dan pemecahannya, pembagian •
Mengenal masalah dan pemecahannya, kewajiban dan hak, jajanan sehat •
Mengenal masalah, mengenal saran pemecahan masalah, pembagian, teknik melipat •
Kewajiban dan hak berkaitan dengan jalan umum, masalah dan saran berkaitan
dengan jalan umum, makanan sehat •
Menulis kewajiban, bercerita, membuat permasalahan matematika •
Mengenal kewajiban dan hak, pembagian, cara menyelesaikan masalah
Keterampilan
Praktik/Kinerja
•
Membaca teks, berdiskusi, menulis saran dan membuat karya dengan teknik
melipat •
Menulis hasil diskusi, wawancara, bercerita •
Menuliskan saran, membuat masalah pembagian, membuat topi dengan teknik
melipat •
Menyampaikan saran, menyampaikan saran dan bercerita • Menulis
kewajiban, bercerita, membuat permasalahan matematika •
Bercerita, membuat permasalahan matematik, menyampaikan saran
|
24 JP |
·
Buku
Guru ·
Buku
Siswa ·
Internet (https://www.kherysuryawan.id) ·
Lingkungan |
Bahasa
Indonesia |
3.10
Mencermati ungkapan atau kalimat
saran, masukan, dan pe-nyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. 4.10
Memeragakan ungkapan atau kalimat
saran, masukan, dan pe-nyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan
diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri |
3.10.1 Memahami ungkapan atau kalimat saran,
masukan, dan pe-nyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis 3.10.2 Mengidentifikasi ungkapan atau kalimat
saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat. 4.10.1 Menyajikan ungkapan atau kalimat saran
dengan tepat. 4.10.2 Menuliskan saran tentang kewajiban yang
seharusnya dilakukan dengan tepat. |
·
Mengungkapkan kalimat saran ·
Mengungkapkan kalimat masukan ·
Mengungkapkan ungkapan atau
kalimat penyelesaian masalah (sederhana) |
|
|||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
3.9 Memahami perlunya memilih makanan bergizi
dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh 4.9 Menceritakan perlunya memilih makanan
bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh |
3.9.1 Mengetahui saran-saran memilih makanan
sehat. 3.9.2 Menjelaskan manfaat memilih makanan bergizi untuk menjaga kesehatan
tubuh dengan tepat. 4.9.1 Menyajikan beberapa manfaat memilih makanan
yang sehat. 4.9.2 Menceritakan manfaat memilih makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan
tubuh dengan percaya diri |
·
Mengidentifikasi
bentuk dan manfaat istirahat ·
Mengidentifikasi
bentuk pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan |
·
Melakukan wawancara
tentang jajanan sehat ·
Menceritakan hasil
wawancara ·
Mengidentifikasi
makanan sehat ·
Menceritakan
pengalaman tentang kemasan makanan |
|||
Matematika |
3.3 Menyatakan suatu bilangan se-bagai jumlah,
selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah 4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat
dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan
cacah |
3.3.1 Mengetahui suatu bilangan sebagai jumlah
bilangan cacah. 3.3.2 Mengidentifikasi dua bilangan yang jumlahnya
sudah diketahui dengan benar. 4.3.1 Menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah
diketahui dengan benar. 4.3.2 Mempraktikkan pembuatan permasalahan
berkaitan dengan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan
sendiri dengan tepat. |
·
Mengoperasikan
bilangan cacah |
|
|||
Seni
Budaya dan Prakarya |
3.4
Mengetahui teknik potong, lipat, dan
sambung. 4.4
Membuat karya dengan teknik potong,
lipat, dan sambung |
3.4.1 Memahami macam- macam tehnik lipat kain. 3.4.2 Mengidentifikasi teknik lipat dalam sebuah
karya dengan tepat. 4.4.1 Menyebutkan macam- macam tehnik melipat
kain. 4.4.2 Mempraktikkan pembuatan karya denga tehnik
lipat. . |
·
Memahami pola irama
sederhana pada lagu ·
Menyanyikan lagu
dengan variasi irama |
|
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………,
............... Guru Kelas 3
……………………………… NIP…………………………. |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait

Strategi Pembelajaran dan Cara Praktis Menerapkannya

Perbedaan Pendidik dan Pengajar yang Patut Semua Orang Ketahui

Mengenang Sejarah Lahirnya Hari Guru dan Hari Pendidikan Nasional

Membangun Generasi Masa Depan yang Kompeten

Meningkatkan Kemampuan Belajar dengan Memperkenalkan Kolaborasi kepada Siswa

PENGHARGAAN SEBAGAI BENTUK HUKUMAN YANG MEMBANGUN

Menjelajah Dunia Ilmu Pengetahuan

Ingin Ikut Program Bakti BCA? Simak Tips-Tips Berikut Supaya Lolos!

Kurikulum 13, Kurikulum Merdeka, dan Kelebihan Kekurangannya

Guru Gatra: Mengupas Peran dan Pentingnya dalam Sastra Jawa
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.