Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan
Author : Suriyadi,S.Pd
Editor : Suriyadi,S.Pd

silabus kelas 3 tema 4 st 4

SILABUS TEMATIK KELAS III

 

Tema 4              : KEWAJIBAN DAN HAKKU

Subtema 4        : KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA

 

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.2   Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.2   Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

3.2   Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

4.2   Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

1.2.1  Menerima kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.2.1  Melakukan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

3.2.1  Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian dengan tepat.

3.2.2  Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian dengan tepat.

4.2.1  Menuliskan pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian.

4.2.2  Menceritakan pengalamannya tentang  pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan pakaian dengan percaya diri.

·         Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga

·         Memahami kewajiban dan hak sebagai warga sekolah

  • Berdiskusi tentang kewajiban dan hak
  • Menuliskan kewajiban dan hak berkaitan dengan jalan umum
  • Menuliskan hak berkaitan dengan agama
  • Menceritakan pengalaman berteman meskipun berbeda agama
  • Bercerita pengalaman berbuat baik untuk negara
  • Menuliskan kewajiban dan hak

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

 

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

 

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

 

Pengetahuan

Tes tertulis

 

• Mengenal masalah dan pemecahannya, pembagian

• Mengenal masalah dan pemecahannya, kewajiban dan hak, jajanan sehat

• Mengenal masalah, mengenal saran pemecahan masalah, pembagian, teknik melipat

• Kewajiban dan hak berkaitan dengan jalan umum, masalah dan saran berkaitan dengan jalan umum, makanan sehat

• Menulis kewajiban, bercerita, membuat permasalahan matematika

• Mengenal kewajiban dan hak, pembagian, cara menyelesaikan masalah

 

Keterampilan

 Praktik/Kinerja

 

• Membaca teks, berdiskusi, menulis saran dan membuat karya dengan teknik melipat

• Menulis hasil diskusi, wawancara, bercerita

• Menuliskan saran, membuat masalah pembagian, membuat topi dengan teknik melipat

• Menyampaikan saran, menyampaikan saran dan bercerita

• Menulis kewajiban, bercerita, membuat permasalahan matematika

• Bercerita, membuat permasalahan matematik, menyampaikan saran

 

24 JP

·      Buku Guru

·      Buku Siswa

·      Internet (https://www.kherysuryawan.id)

·      Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.10     Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan pe-nyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.

4.10     Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan pe-nyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri

3.10.1  Memahami ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan pe-nyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis

3.10.2  Mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

4.10.1  Menyajikan ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

4.10.2  Menuliskan saran tentang kewajiban yang seharusnya dilakukan dengan tepat.

·         Mengungkapkan kalimat saran

·         Mengungkapkan kalimat masukan

·         Mengungkapkan ungkapan atau kalimat penyelesaian masalah (sederhana)

  • Mengidentifikasi masalah pada teks
  • Menuliskan kalimat masalah dan cara mengatasinya
  • Mengamati dan bertanya jawab tentang gambar
  • Menyampaikan pendapat tentang gambar berkaitan dengan saran
  • Menuliskan kalimat saran dan menjelaskan maksudnya
  • Menemukan masalah, menjelaskan cara penyelesaiannya, dan memberi saran

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3.9   Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh

4.9   Menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh

3.9.1  Mengetahui saran-saran memilih makanan sehat.

3.9.2  Menjelaskan manfaat memilih  makanan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh dengan tepat.

4.9.1  Menyajikan beberapa manfaat memilih makanan yang sehat.

4.9.2  Menceritakan manfaat memilih  makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan percaya diri

·         Mengidentifikasi bentuk dan manfaat istirahat

·         Mengidentifikasi bentuk pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan

·         Melakukan wawancara tentang jajanan sehat

·         Menceritakan hasil wawancara

·         Mengidentifikasi makanan sehat

·         Menceritakan pengalaman tentang kemasan makanan

Matematika

3.3   Menyatakan suatu bilangan se-bagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah

4.3   Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah

3.3.1  Mengetahui suatu bilangan sebagai jumlah bilangan cacah.

3.3.2  Mengidentifikasi dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.

4.3.1  Menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.

4.3.2  Mempraktikkan pembuatan permasalahan berkaitan dengan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan tepat.

·         Mengoperasikan bilangan cacah

  • Memahami masalah pembagian
  • Membuat masalah pembagian

Seni Budaya dan Prakarya

3.4   Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

4.4   Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung

3.4.1  Memahami macam- macam tehnik lipat kain.

3.4.2  Mengidentifikasi teknik lipat dalam sebuah karya dengan tepat.

4.4.1  Menyebutkan macam- macam tehnik melipat kain. 

4.4.2  Mempraktikkan pembuatan karya denga tehnik lipat. .

·         Memahami pola irama sederhana pada lagu

·         Menyanyikan lagu dengan variasi irama

  • Berkarya dengan teknik melipat
  • Mengidentifikasi cara membuat karya dengan teknik melipat
  • Berkreasi dengan teknik melipat

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 3 

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.